Oppidum, Bunker Ultra Mewah Anti-Hari Akhir Khusus Orang-Orang Tajir

Monggo, kalau mau selamat, kumpulin duit dari sekarang. Seribu sehari cukup, kok.

oleh Faisal Bosnia Ahmad
11:00 AM on Apr 22, 2017

Pernahkah kamu berpikir, seandainya terjadi perang nuklir atau dunia benar-benar terjangkit oleh sebuah virus misterius yang mengubah semua orang menjadi zombie, di manakah kamu akan berlindung? Berlindung di kosan atau mungkin rumah mertua kamu jelas bukan pilihan bijak, bung.

Pemerintah mungkin akan menggerakan tenaga militer untuk menggiring masyarakat ke sebuah tempat perlindungan khusus atau bunker demi menyelamatkan jiwa warga sebanyak-banyaknya. Masalah baru kemudian timbul tatkala bunker yang telah dipersiapkan tak sesuai dengan selera sebagian masyarkat, terutama mereka yang bergelimang harta.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Orang-orang super kaya tentu telah memikirkan hal “sepele” seperti ini jauh-jauh hari. Mereka pasti tak mau jika keluarganya harus menderita di bunker sempit, kotor, dan sesak oleh manusia lainnya yang mencari tempat perlindungan. Namun, mereka bisa bernapas lega karena di sebuah negara kecil di Eropa Tengah sana ada sebuah bungker khusus yang ditujukan bagi para miliuner (dalam dolar tentunya).

Bunker anti-hari akhir khusus orang-orang tajir

Bunker mewah bernama Oppidum ini terletak di sebuah bukit tersembunyi di Republik Ceko dan berbatasan langsung dengan wilayah perkampungan yang indah. Bangunan ini dikelilingi oleh tembok yang tinggi. Dari udara, yang terlihat hanyalah sebuah komplek perumahan biasa. Namun, jauh di bawah tanah, di sanalah bunker ini berada.

Ini bunker apa hotel ya?Mewah amat. [Image Source].
Bangunan yang punya luas nyaris 70 ribu meter persegi ini lebih dari sekadar bunker anti-kiamat. Oppidum adalah real-estate dengan tingkat kemanan paling tinggi di mana para pengunjung yang ada di sana tetap dapat bermewah-mewahan meski dunia tengah dilanda bahaya mengerikan.

Bunker ini diciptakan oleh Jakub Zamrazil, pengusaha asli Ceko dengan rekam jejak yang mentereng, terutama dalam bisnis real-estate, penjualan, dan pemasaran. Nama Oppidum diambil dari bahasa latin, Op-pedum, yang berarti benteng yang dibangun di Eropa pada awal zaman besi.

Tingkat keamanan level dewa melindungi penghuninya dari segala bentuk ancaman

Para calon penghuni dapat memasuki bunker perlindungan ini dengan cara melewati sebuah pintu berlapis baja yang sangat tebal. Wilayah bunker ini dilindungi oleh berbagai sistem keamanan tingkat dewa (mulai dari tembok yang tinggi, sensor pendeteksi, hingga teknologi pertahanan otonom) serta fasilitas komunikasi super canggih yang dapat dengan mudah menjangkau dunia luar.

Ruang konferensi. [Image Source].
Begitu masuk ke level bawah bunker ini, sang pemilik mengklaim bahwa para penghuni dipastikan dapat terisolasi dan terlindungi dari ancaman perang, penyakit, bencana alam, hingga ancaman lain seperti teroris, nuklir, bahkan ancaman lain yang terinspirasi dari cerita fiksi, seperti zombie.

Fasilitas ultra mewah

Ada alasan mengapa hanya orang super kaya yang mampu tinggal di tempat ini. Itu karena tempat ini punya fasilitas ultra mewah yang disediakan khusus untuk memanjakan para penghuni di dalamnya.

Mau renang? tingal nyemplung. [Image Source].
Ada spa, kolam renang, ruang konferensi, sinar mentari buatan, perpustakaan, bioskop, hingga segudang fasilitas melenakan lainnya. Kabarnya, mereka juga bakal merancang sebuah kubah privat yang akan dijadikan tempat untuk menyimpan karaya seni, barang antik, hingga benda berharga lainnya. Fasilitas yang kelewat mewah untuk sebuah bunker, kan?

Sebagai bentuk antisipasi dari petaka yang lebih kecil, seperti bencana yang disebabkan oleh manusia atau matinya sumber listrik dalam waktu yang sangat lama, bunker ini juga bakal menyediakan akomodasi jangka panjang bagi para penghuninya hingga 10 tahun ke depan. Pihak Oppidum juga telah menyediakan stok makanan dalam jumlah luar biasa banyak, air minum, lengkap dengan alat penjernih air, perlengkapan medis, ruang operasi, serta jaringan komunikasi eksklusif ke luar bunker.

Dibangun ketika tensi perang dingin mencapai titik didih

Bunker Oppidum dibangun di Republik Ceko lantaran negara ini berada di Eropa Tengah dan dikelilingi oleh pegunungan yang membuatnya aman sekaligus tersembunyi. Wilayah ini juga jarang menjadi target agresi oleh negara lain maupun teroris. Diprediksi, semua polemik dunia yang tengah bergolak tak bakal melibatkan negara ini, atau setidaknya menjangkau area bunker ini.

Waw, di Oppidum bahkan ada tempat penyimpanan wine. [Image Source].
Tak mengejutkan ketika fakta mengatakan bahwa konstruksi Oppidum telah dimulai sejak tahun 1984 hingga tahun 1994, atau ketika perang dingin tengah mencapai titik didih. Bunker ini dibangun atas kesepakatan dan hasil patungan antara negara ini yang dulunya bernama Cekoslowakia dengan Uni Soviet. Pada saat itu, keamanan global memang sedang tidak stabil, dan penggunaan senjata pemusnah massal sudah santer digaungkan, sama halnya seperti sekarang ini.

Itulah salah satu rekomendasi bunker ultra-mewah yang mungkin bakal jadi pilihan seandainya kamu jadi orang super tajir di masa depan. Namun, kita semua tahu bahwa apabila hari akhir benar-benar datang, bunker dengan keamanan paling canggih dan paling hebat sepanjang masa pun tak akan mampu melindungi manusia dari ajal yang menjemput.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA