5 Hal Mengerikan ini Akan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 22, 2015

Rotasi Bumi mungkin satu dari sekian banyak hal yang masih belum kita ketahui asal usul dan penyebabnya. Kita bisa bilang ini adalah sebuah sistem yang terjadi secara alamiah yang mungkin saja sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pernah kita sadari. Rotasi bumi selama ini berguna untuk membuat kita tetap hidup nyaman dan aman.

Fakta tentang rotasi Bumi, aktivitas ini memungkinkan Bumi berputar hingga sekitar 965 kilometer per jam. Ya, lantaran gravitasi kita tidak merasakan betapa cepat bumi ini berputar. Karena rotasi adalah sebuah sistem tak diketahui, maka pertanyaannya apakah bisa suatu ketika Bumi berhenti berputar? Bisa iya namun bisa juga tidak. Namun ketika ini benar terjadi maka bersiaplah dengan segala kemungkinan terburuknya.

Baca Juga
Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!
Merasakan Sensasi Jaringan 4G Ngebut Ala Smartfren Lewat Serunya Acara #Amazingfren

Nah, berikut adalah beberapa hal mengerikan yang akan terjadi ketika Bumi tercinta kita ini tiba-tiba saja berhenti berputar.

1. Kita Bakal Terbang Dengan Sangat Cepat

Bayangkan kita berada di atas Bumi yang berputar dengan cepat kemudian berhenti begitu saja. Ya, tentu saja obyek-obyek yang tidak terikat akan langsung seperti dihempaskan begitu saja. Bahkan ilmuwan mengatakan jika benda-benda akan berterbangan hingga kecepatan 965 kilometer per jam, sesuai dengan kecepatan rotasi Bumi sendiri. Mengerikan, bukan?

Obyek yang tidak terikat atau bergantung pada sesuatu akan terbang hingga kecepatan 965 kilometer per jam [Image Source]
Obyek yang tidak terikat atau bergantung pada sesuatu akan terbang hingga kecepatan 965 kilometer per jam [Image Source]
Kita kemudian akan bertabrakan satu sama lain dengan kecepatan setinggi ini. Bahkan dengan gedung-gedung, mobil dan lain sebagainya. Termasuk angin dan atmosfir, semua akan menjadi sangat cepat hingga seperti bom atomik ketika bertabrakan satu sama lain.

2. Tsunami Massal Hanya Dalam 1 Menit Saja

Ketika Bumi berhenti berputar, maka kejadian buruk yang terjadi kemudian adalah munculnya Tsunami-Tsunami besar di berbagai tempat. Bahkan menurut peneliti, munculnya gelombang raksasa berbahaya itu hanya butuh waktu semenit saja.

Tak lama kemudian, Tsunami besar akan muncul di mana-mana [Image Source]
Tak lama kemudian, Tsunami besar akan muncul di mana-mana [Image Source]
Dampak dari Tsunami massal ini tentu saja kehancuran total dari peradaban manusia. Bahkan mungkin semua daratan akan disapu dengan gelombang yang tingginya belasan kilometer yang sangat mustahil untuk dihindari. Termasuk ketika kita menaiki sebuah pesawat sekalipun.

3. Setengah Tahun Panas, Setengah Tahun Dingin

Bayangkan Bumi berhenti berputar namun ia masih berevolusi atau mengitari matahari. Ya, di momen seperti ini kita akan merasakan penderitaan luar biasa. Pasalnya, tanpa rotasi kita tak mungkin bisa merasakan pergantian siang dan malam. Parahnya lagi keadaan ini akan berlangsung berbulan-bulan.

Kita akan mengalami musim dingin dan panas enam bulan sekali [Image Source]
Kita akan mengalami musim dingin dan panas enam bulan sekali [Image Source]
Di satu sisi, Bumi akan terpapar matahari sampai 6 bulan lamanya. Artinya dalam waktu tersebut takkan ada yang namanya malam atau gelap. Sedangkan di sisi yang lain takkan pernah ada siang hingga 6 bulan ke depan. Makin mengerikan ketika tumbuh-tumbuhan mati karena kekeringan dan juga tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup sehingga umat manusia dipastikan mati pula.

4. Magnet Bumi Mati

Rotasi ternyata berpengaruh pada kerja magnet Bumi kita. Selama ini magnet tersebut bekerja untuk menangkal semua radiasi berbahaya dari luar. Nah, ketika Bumi berhenti berputar maka magnet Bumi tersebut akan melemah dan kemudian mati.

Magnet Bumi tak lagi bisa melindungi kita [Image Source]
Magnet Bumi tak lagi bisa melindungi kita [Image Source]
Akibatnya, Bumi tak lagi aman untuk ditinggali karena radiasinya yang menggila. Alhasil, tinggal tunggu waktu saja sampai semua yang ada di atasnya mati mengenaskan dengan semua dampak radiasi yang dihasilkan.

5. Apa Pun yang Bernyawa Pasti Mati

Mungkin kita bisa selamat dari momentum Bumi berputar yang akan mampu menerbangkan obyek hingga kecepatan 965 kilometer tadi. Namun kita tak mungkin bertahan hidup 6 bulan panas dan 6 bulan dingin. Bahkan Tsunami massal pasti sudah membuat kita tewas berbarengan.

Pada akhirnya, semua yang bernyawa pasti mati [Image Source]
Pada akhirnya, semua yang bernyawa pasti mati [Image Source]
Radiasi kosmik yang akan kita terima gara-gara medan magnet Bumi mati lantaran tak berotasi, juga akan membunuh kita dengan mudah. Tak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga mengalami nasib yang sama. Pada akhirnya, bisa disimpulkan jika kematian total lah yang akan terjadi jika Bumi berhenti berputar.

Sangat mengerikan bukan apa yang bisa terjadi jika Bumi tak berputar? Oleh karenanya kita patut bersyukur karena Bumi masih diperkenankan Tuhan untuk berpusing dengan cepat sehingga kita bisa hidup dengan aman dan nyaman sekarang. Tidak pernah ada yang tahu kapan Bumi akan terus berputar seperti sekarang. Namun ketika terjadi, maka sudah pasti kematian yang akan menyambut kita.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA