Liburan Melihat Aurora dan Beruang Kutub di Bumi Bagian Utara

oleh Rahma Muliani
09:39 AM on Jan 18, 2015

Berlibur ke kutub utara. Jika kamu mendengar hal ini, mungkin kamu akan terheran-heran. Apa bisa berlibur di daerah penuh salju dan mempunyai suhu yang sangat dingin itu? Apa yang bisa kita lakukan didaerah dengan keterbatasan cuaca itu?

Namun ternyata, ada banyak hal yang menarik di daerah kutub utara ini. Hal-hal ini tidak bisa kita dapatkan di negara-negara lainnya. Apa sajakah itu? Kita simak yang dibawah ini yuk

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

1. Masjid Nurd Kamal

Masjid ini berada di kota Norilsk, kota paling utara di Siberia. Kota ini berada di lingkaran kutub utara dan suhunya bisa mencapai minus 50 derajat celcius.

Penampakan Masjid Di Tengah-tengah Salju - (c)blitarvaganza.com
Penampakan Masjid Di Tengah-tengah Salju – (c)blitarvaganza.com

Masjid ini dibangun pertama kali oleh Mukhtad Mekmeyev pada tahun 1998. Dinding dan atap (kubah) masjid ini ditutupi salju. Pastinya sangat dingin berada di area masjid ini. Melihat sebuah masjid ditengah-tengah tumpukan salju memang sangat menakjubkan.

2. Menginap Di Hotel Es

Setelah letih berkeliling saat berwisata, memang lebih nikmat jika kita beristirahat. Namun tempat beristirahat kali ini bukanlah sebuah hotel dengan kasur yang empuk dan ruangan yang ber-AC. Kamar dalam hotel ini dibangun dari susunan balok es dengan suhu minus 5 Derajat Celcius. Kamar ini dilengkapi dengan kasur yang terbuat dari bulu hewan. Dijamin kita tidak akan kedinginan saat tidur dikamar tersebut.

Suasana Hotel Di Kutub Utara - (c)raybooks.com
Suasana Hotel Di Kutub Utara – (c)raybooks.com

Ada juga hotel yang berbentuk rumah Eskimo, atau rumah-rumah untuk orang yang tinggal didaerah kutub utara ini. Hampir sama dengan hotel es, kamar dalam rumah Eskimo ini dilengkapi kasur dari bulu hewan dan juga terdapat penghangat ruangan. Jika melihat keluar jendela, kita bisa menikmati pemandangan tumpukan es dimana-mana.

3. Tour Dengan Kereta Kutub Utara

Ada sebuah agen jasa perjalanan bernama Tur Northern Lights. Agen ini menawarkan sebuah perjalanan mengelilingi Lingakaran Kutub Utara dengan sebuah kereta api. Perjalanan ini memakan waktu sebanyak 7 hari.

Kereta Di Kutub Utara - (c)voaindonesiacom
Kereta Di Kutub Utara – (c)voaindonesiacom

Tidak hanya itu, kita akan menginap di Kepulauan Lofoten selama dua malam. Lalu kita akan naik kapal pesiar ke Tromso. Perjalanan ini membutuhkan biaya kurang lebih Rp. 24 juta per orang, sudah termasuk tiket kereta api, kapal pesiar, penginapan serta sarapan.

4. Aurora Borealis

Aurora adalah sebuah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet. Aurora terjadi karena adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki oleh sebuah planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari.

Aurora Borealis - (c)wikipedia.org
Aurora Borealis – (c)wikipedia.org

Aurora yang terkenal di daerah kutub utara bernama Aurora Borealis. Aurora Borealis terjadi antara bulan September sampai bulan Oktober dan antara bulan Maret dan April. Jika muncul, Aurora yang juga disebut Northern Lights ini terlihat berwarna kemerah-merahan.

5. Hewan-Hewan Kutub Utara

Walau daerah ini sangat dingin, banyak juga hewan yang tumbuh dan berkembang biak di daratan yang dipenuhi salju ini. Tapi jika kamu berharap akan bertemu dengan pinguin di kutub utara ini mungkin kamu akan kecewa, karna pinguin tidak tinggal di kutub utara melainkan di kutub selatan.

Hewan-Hewan Di Kutub Utara
Hewan-Hewan Di Kutub Utara

Tapi tidak usah bersedih, kamu tetap akan bertemu dengan hewan-hewan berbulu tebal seperti Wolverine (sejenis musang), Lynx Kanada (sejenis kucing besar), Angsa Tundram, Kelinci Ala Arktik, Rubah Merah, Paus Beluga, Beruang Kutub, Caribou (sejenis rusa), Narwhal, Burung Hantu Salju, Rubah Arktik, dan Atlantic Puffin. Hewan-hewan ini tidak kalah menarik dibanding dengan pinguin yang hidup di kutub selatan.

6. Main Ski

Tidak lengkap rasanya jika menikmati suasana es tanpa melakukan olah raga yang satu ini. Olahraga ski adalah sebuah olahraga menyusuri salju menggunakan papan ski yang dipasang di kaki. Saat bermain ski kita juga menggunakan dua buah tongkat yang nantinya kita gunakan untuk menjaga keseimbangan kita saat kita meluncur disalju nanti.

Orang Sedang Bermain Ski - (c)goodwp.com
Orang Sedang Bermain Ski – (c)goodwp.com

Selain untuk wahana rekreasi, olahraga ini sering kali diadakan perlombaan. Perlombaan ini diadakan untuk para pemain-pemain ski profesional. Salah stu contoh perlombaan ini adalah “Olimpiade Musim Dingin”.

Itu tadi hal-hal menarik yang bisa kita temui di kutub utara. Walaupun membutuhkan dana yang besar, namun sepertinya menghabiskan liburan kedaerah seperti ini patut untuk dicoba. Siapa yang mau?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA