Inilah 6 Hal yang Ada di Benak Para Bule Ketika Berbicara Mengenai Orang Indonesia

Kata mereka, “orang Indonesia mengagumkan, tapi juga kurang ajar untuk beberapa hal.”

oleh Arief Dian
18:30 PM on Mar 25, 2017

Setiap kali kamu menanyakan tentang orang Indonesia kepada para bule yang datang kemari, rata-rata mereka pasti akan menjawab kalau masyarakat kita sangat baik dan ramah. Kita bisa saja bilang itu hanya sok-sok’an manisnya para bule saja, tapi faktanya memang begitu. Bule tak hanya suka fisik Indonesia, tapi juga orang-orangnya. Bukti yang paling kelihatan tentu para bule yang meminang orang-orang lokal.

Secara umum para bule akan menganggap kita baik dan ramah. Tapi, ada beberapa bagian di mana orang Indonesia juga mendapat cap buruk dari mereka. Tapi, ‘it’s not a big deal’ kalau kata mereka, toh buktinya para bule ini betah banget di Indonesia. Lalu, apa saja sih yang ada di benak para orang asing itu ketika membahas tentang orang Indonesia? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Orang Indonesia suka buang sampah sembarangan

Buang sampah sembarangan [image source]
Dari banyaknya kebiasaan buruk orang Indonesia yang diketahui bule, buang sampah pada tempatnya adalah nomor satu. Kalau tak percaya coba tanya sendiri dan kamu bakal terkejut dengan jawaban mereka. Mengenai ini, sepertinya kita tak perlu tersinggung karena pada kenyataannya memang demikian. Sampah bisa ditemui di mana pun bahkan untuk tempat yang sangat terjaga, macam masjid atau tempat ibadah lainnya. Maka maklum saja kalau kemudian para bule menganggap kita bodoh untuk urusan buang sampah.

Orang Indonesia = jam karet

jam karet [image source]
Orang bule menganggap masyarakat Indonesia itu kurang ajar kalau bikin janji. Janjian jam 5 datangnya bisa jam 6 setengah 7. Harus diakui masalah ketepatan waktu, orang Indonesia memang cukup payah. Di luar negeri sendiri sangat jarang hal ini terjadi karena orang-orangnya menghargai waktu. Kalau sampai ada yang sengaja melakukannya, itu sama saja dengan menghina. Entah, mungkin karena kebiasaan orang Indonesia yang suka meremehkan sehingga janjian pun akhirnya molor. Untuk yang semacam ini kita memang harus berguru kepada para bule.

Pandai Menawar

Pintar menawar [image source]
Pada dasarnya orang bule juga suka nawar. Tapi kalau harus diadu dengan orang kita, mereka jelas akan langsung mengibarkan bendera putih. Menurut bule, masyarakat Indonesia itu jago banget nawar. Mungkin tidak terungkapkan, tapi mereka sering takjub mendapati fenomena orang-orang kita yang bisa menawar barang dengan harga super jatuh tapi kemudian bisa dibawa pulang. Sungguh luar biasa.

Tidak mudah Marah

Tidak mudah marah [image source]
Tak hanya jago nawar, hal baik lainnya soal orang Indonesia menurut mereka adalah masyarakat kita yang terkenal sabar. Misalnya ketika ada bule yang tak sengaja berbuat salah, orang-orang lokal pasti hanya bilang begini, “ndak papa mister”. Sikap seperti ini sungguh bikin mereka takjub. Pasalnya kalau di Barat, kesenggol sedikit masalahnya bisa panjang. Habit di sana memang to the point sehingga rawan percekcokan. Meskipun sabar, orang Indonesia bisa ngamuk juga kalau para bule cari gara-gara. Masih ingat kasus bule ngamuk di Bali? Nah, itu salah satu buktinya.

Ramah dan Baik Hati

indonesia ramah [image source]
Bule awalnya menganggap orang Indonesia itu sok kenal sok dekat gara-gara kebiasaan kepo-nya. Tapi, lama kelamaan hal tersebut dianggap para orang asing sebagai sikap yang baik. Ya, hal tersebut tak lain adalah salah satu bentuk dari keramahan orang Indonesia. Misalnya saja ketika orang-orang bule disapa dan ditanya mau ke mana, itu jadi bukti kalau orang kita care. Kalau di luar negeri mah bisa dianggap mengganggu karena di sana terbiasa dengan sikap individual yang tinggi. Nampaknya julukan negerinya orang ramah memang bukan cuma sekedar slogan saja.

Masyarakat Indonesia itu pekerja keras

Pernikahan [image source]
Anggapan orang Indonesia adalah pekerja keras sebenarnya muncul lantaran wujud kulit kita yang sawo matang ini. Ya, banyak orang sana beranggapan kita bisa cokelat begini karena bekerja keras. Ini bisa dibilang fakta tapi juga bukan pasalnya dari lahir ya bentukan kita sudah begini. Tapi, apa pun itu, kulit eksotis kita ternyata membuat para bule terpesona. Bahkan beberapa rela ganti kewarganegaraan untuk bisa bersama orang Indonesia pilihannya.

Kamu mungkin masih belum percaya dengan ulasan ini, namun faktanya memang seperti inilah yang ada di benak bule tentang orang Indonesia. Tak semuanya baik tentu saja karena tak ada manusia yang 100 persen baik semua. Hal yang bisa kita lakukan berkaitan dengan ulasan ini tentu saja adalah mengubah sikap. Beberapa kebiasaan seperti membuang sampah dan suka telat sepertinya harus mulai kita tinggalkan. Jangan sampai ini jadi identitas kita di mata dunia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA