10 Buku Panduan Wisata Paling Nyeleneh di Dunia

oleh Alfry
09:08 AM on Apr 16, 2015

Apa yang dicari seseorang saat membaca buku panduan wisata? Deskripsi lokasi, transportasi, penginapan dan tempat makan adalah beberapa diantaranya yang paling banyak di cari. Tapi buku-buku panduan wisata berikut ini berisi mulai dari wisata ke kuburan hingga melihat binatang mati terlindas mobil di jalanan. Aneh!

Berbagai buku tentang pariwisata telah banyak di terbitkan di dunia. Meski isinya aneh namun tidak mengurangi minat pembaca untuk membelinya. Kadang judul yang aneh malah membuat orang penasaran untuk membacanya. Berikut 10 buku panduan wisata paling aneh di dunia.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Flattened Fauna – Panduan Melihat Bangkai Hewan yang Mati Terlindas Kendaraan di Jalan Raya

Pada dasarnya buku panduan wisata berisi nama-nama tempat wisata yang disertai dengan deskripsi lokasi, cara menuju ke sana, transportasi umum yang bisa dipakai hingga akomodasi di lokasi wisata. Namun apa yang disajikan buku panduan wisata ini cukup membuat traveler di mana saja keheranan.

Foto via Listverse
Foto via Listverse

Buku yang berjudul “Flattened Fauna” ini menyajikan berbagai informasi seputar hewan yang mati terlindas kendaraan di jalan raya. Buku ini menunjukkan secara detil di mana traveler bisa menemukan bangkai hewan tertentu yang telah mati di tengah jalan khususnya jalan-jalan di Amerika Utara. Cukup aneh bukan?

2. Other People’s Business – Petunjuk Jalan-jalan Gratis Ke Pabrik-pabrik di Ohio

Other People’s Business, sebuah buku panduan wisata setebal 192 halaman yang diklaim sebagai salah satu buku panduan wisata paling nyeleneh di dunia. Di dalam buku ini diceritakan berbagai cara traveling ke pabrik-pabrik di Ohio.

Foto via Listverse
Foto via Listverse

Ada lebih dari 100 tur ke pabrik di Ohio yang diceritakan di dalam buku ini dan semuanya itu gratis. Memang sesekali tur ke pabrik adalah hal yang menarik namun jika dalam satu buku panduan wisata hanya berisi tentang tur ke pabrik sudah tentu sangat membosankan. Anehnya buku ini malah populer di situ jual beli online ternama seperti Amazon.

3. The Complete Medical Tourist – Panduan Mencari Tempat Operasi Plastik Termurah di Dunia

Trend operasi plastik memang sedang populer khususnya bagi para wanita. Mungkin inilah yang menjadi inspirasi penulis buku panduan wisata berjudul “The Complete Medical Tourist” ini. Ia melihat peluang besar dari sebuah trend operasi plastik yang sedang berkembang di dunia sehingga menulis buku yang berhubungan dengan fenomena ini.

Foto via Listverse
Foto via Listverse

Maka terbitlah sebuah buku yang isinya informasi lengkap tentang lokasi operasi plastik termurah di seluruh dunia. Jadi Anda tidak perlu lagi membayar mahal dokter bedah plastik di daerahmu, cukup baca buku ini dan cari negara mana yang memiliki layanan operasi plastik termurah. Ada-ada saja!

4. Mini-Trips for Maxi-Fun – Kemana pun Travelingnya, Makannya di McDonalds

Dalam sebuah buku pasti selalu terdapat pesan tertentu yang ingin di sampaikan oleh penulisnya. Terkadang diselipkan pula trik promosi atas barang dan jasa tertentu seperti yang dilakukan penulis buku Mini-Trips for Maxi-Fun.

Foto via Listverse
Foto via Listverse

Sepintas buku ini berisi tentang panduan wisata seru bersama keluarga. Namun jika membacanya sampai akhir akan nampak sebuah kejanggalan. Ya, setiap perjalanan yang diceritakan di dalam buku selalu berakhir di restoran McDonalds sebagai saran rumah makannya. Ternyata si penulis adalah seorang staff perusahaan McDonalds.

5. Round Ireland with a Fridge – Berkeliling Irlandia dengan Membawa Kulkas

Tidak ada yang lebih aneh dari sebuah buku yang menceritakan kisah traveling seseorang yang mengelilingi Irlandia dengan membawa lemari es bersamanya. Buku ini benar-benar ada dan anehnya lagi malah menjadi salah satu buku terlaris di dunia.

Foto via Listverse
Foto via Listverse

Tony Hawks selaku penulis sekaligus pelaku dalam buku yang berjudul “Round Ireland with a Fridge” melakukan perjalanan sebulan penuh berkeliling Irlandia. Ia melintasi Dublin ke Donegal, dari Sligo melalui Mayo, Galway, Clare, Kerry, Cork, Wexford, Wicklow dan kembali lagi ke Dublin. Itu semua dia lewati dengan membawa kulkas di sebelahnya.

6. Travel by Cargo Ship – Panduan Wisata Murah yang Aneh

Saat ini sedang marak buku-buku panduan wisata buat para backpacker yang tentu isinya beragam tips dantrik untuk bisa pergi jalan-jalan semurah mungkin. Namun kebanyakan buku tersebut hanya membahas secara umum saja bagaimana cara berhemat di lokasi wisata seperti cari penginapan murah, jangan makan di restoran dan lain-lain.

Foto via Listverse
Foto via Listverse

Buku yang satu ini memberikan gambaran yang rinci tentang cara traveling murah meriah via kapal kargo. Penulis menguraikan 120 perjalanan dari berbagai jenis kapal kargo yang bisa ditumpangi lengkap dengan cara memesan, deskripsi harga hingga fasilitasnya. Namun penulis tidak menjamin keselamatan Anda jika kapal kargo di bajak perompak.

7. Biking to the Arctic Circle – Bersepeda ke Kutub Utara

Pernahkah Anda berniat suatu hari bersepeda ke Kutub Utara? Membayangkan saja tidak pernah apalagi bercita-cita ke sana yang notabene tempatnya puluhan kali lebih dingin dari kulkas.

Foto via Listverse
Foto via Listverse

Namun percayakah Anda jika seorang traveler pernah menulis buku tentang kisah perjalanannya bersepeda ke lingkar Artik. Buku berjudul “Biking to the Arctic Circle” ini menceritakan secara detil pengalaman Allen L. Jihnson saat bersepeda di kutub utara plus tips-tips buat traveler lain yang hendak menirunya.

8. Laid to Rest in California – Wisata ke Kuburan Artis

Buku panduan wisata yang berikut ini cukup bikin geleng-geleng kepala. Bukannya tempat wisata keren yang diceritakan namun malah berisi informasi kuburan para artis. Jika Anda berencana melakukan perjalanan ke California untuk liburan dan sudah bosan dengan tur ke istana megah para selebritis maka tak ada salahnya Anda mencari alternatif lain seperti mengunjungi kuburan para artis.

Foto via Listverse
Foto via Listverse

Buku ini mendeskripsikan secara lengkap tentang cara menikmati liburan di California yang lain dari pada biasanya. Buku ini akan membawa Anda pada sebuah tur ke kuburan para artis dan menebak kuburan siapa yang Anda datangi tersebut.

9. Up shit Creek – Buku yang Menceritakan Berbagai Kesialan saat Traveling

Selama ini buku traveling selalu bercerita keindahan lokasi wisata dan jarang sekali menceritakan berbagai kesulitan atau kesialan yang bisa dialami traveler saat berada di lokasi. Nah, buku berjudul “Up shit Creek” ini menceritakan berbagai kesialan selama traveling.

Foto via Listverse
Foto via Listverse

Buku tersebut ditulis oleh Joe Lindsay, seorang pemandu arung jeram. Isinya berbagai cerita tentang kesialan yang berkaitan dengan toilet, kotoran dan arung jeram. Dikupas secara ringan dan menggelitik sehingga tidak membuat pembaca menjadi takut untuk pergi traveling.

10. The Space Tourists Handbook – Panduan Menjelajahi Angkasa Luar

Jika ada buku panduan wisata murah tentu ada buku lain yang menceritakan perjalanan mewah. Inilah yang coba dihadirkan oleh buku yang berjudul “The Space Tourists Handbook.” Buku perjalanan ini ada hanya untuk mereka yang mampu membayar miliaran rupiah untuk sekali perjalanan ke luar angkasa.

Foto via Listverse
Foto via Listverse

Buku ini lengkap mengajarkan seluk-beluk perjalanan ke luar angkasa, apa yang akan terjadi, bagaimana mempersiapkannya dan masih banyak lagi. Yang pasti buku ini wajib dimiliki oleh para miliader yang mampu membayar mahal untuk liburan mereka.

Itulah buku-buku wisata yang paling aneh di dunia. Apakah Anda pernah menemukan buku serupa?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA