7 Foto Bukti Jepang Tetap Perkasa Meski Sering Dihantam Bencana

oleh Tetalogi
07:00 AM on May 3, 2016

Gempa bumi yang disusul dengan tsunami pada 11 Maret 2011 lalu termasuk bencana terbesar Jepang sejak Perang Dunia ke-2. Bencana tersebut tidak hanya memakan korban jiwa setidaknya mencapai 19 ribu orang, tapi juga menimbulkan krisis besar akibat bocornya radiasi nuklir dari PLTN Fukushima.

Bencana tersebut menyisakan kerusakan parah yang akan membutuhkan waktu lama untuk memperbaiki dan mengembalikannya ke kondisi semula. Tapi, deretan foto ini membuktikan bahwa Jepang tetaplah negara yang perkasa meski sering dihantam bencana.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Jalan Raya yang Selesai Diperbaiki Hanya Dalam Waktu 6 Hari

Hanya butuh 6 hari [Image Source]
Hanya butuh 6 hari [Image Source]
Gempa bumi yang mengguncang Jepang Maret 2011 lalu sangatlah besar sampai-sampai jalan raya sobek dan rusak parah dibuatnya. Namun hanya dalam waktu 6 hari jalanan sudah diperbaiki seperti semula dan bisa digunakan lagi. Jalan raya termasuk aspek terpenting karena bisa mempermudah pengiriman bantuan atau melakukan usaha perbaikan lainnya.

2. Rumah-rumah Penduduk Telah Dibangun Kembali dan Rapi Seperti Semula

Pemukiman penduduk sudah dibangun seperti semula [Image Source]
Pemukiman penduduk sudah dibangun seperti semula [Image Source]
Ribuan orang kehilangan rumah mereka yang hancur tersapu tsunami saat bencana terjadi. Namun kini rumah-rumah telah dibangun kembali sehingga para korban sudah bisa menempati rumah baru mereka. Banyak diantaranya dibangun di dataran yang lebih tinggi di luar jangkauan tsunami. Namun, beberapa wilayah yang lebih rendah kini dinaikkan hingga 10 meter untuk melindungi penduduk dari tsunami lain yang mungkin terjadi suatu saat nanti.

3. Pelabuhan yang Telah Diperbaiki

Kota Miyako setelah tsunami dan setelah pembersihan pasca tsunami
Kota Miyako setelah tsunami dan setelah pembersihan pasca tsunami

Di Miyako, pelabuhan pemancingan kini juga sudah diperbaiki setelah sebelumnya sempat mengalami kelumpuhan akibat tsunami. Perahu-perahu yang sebelumnya hanyut hingga ke kota sudah berada di tempat yang seharusnya lagi. Kini pelabuhan tersebut sudah bisa dioperasikan kembali dan bahkan juga lebih sibuk dari sebelumnya.

4. Daratan Ditinggikan Agar Jika Tsunami Terjadi Lagi, Kota Tetap Terlindungi

Tanah-tanah yang ditinggikan
Tanah-tanah yang ditinggikan [Image Source]
Di Kesennuma, dilakukan proyek besar untuk meninggikan dataran hingga beberapa meter. Pekerjaan konstruksi juga terlihat terus dilakukan untuk membangun kembali kota yang lumpuh karena tersapu ombak tinggi ini. Gundukan tanah yang semakin meninggi terlihat jelas di sekeliling daerah.

5. Pembersihan Berlangsung dengan Cepat

Setelah tsunami dan setelah pembersihan [Image Source]
Setelah tsunami dan setelah pembersihan [Image Source]
Tsunami pada Maret 2011 lalu menghancurkan kota-kota yang dilewatinya. Puing-puing rumah, mobil, bahkan kapal ikut terbawa arus hingga ke tengah kota. Gambar di atas menunjukkan sebagian wilayah Kesennuma yang penuh dengan puing-puing dan reruntuhan. Namun pembersihan dengan cepat dilakukan dan kota telah bersih kembali. Maka langkah selanjutnya adalah membangun kembali infrastruktur.

6. Pabrik yang Kembali Bangkit dan Beroperasi Kembali Setelah Sempat Hancur

Perusahaan Saus Kedelai yang Kembali Bangkit [Image Source]
Perusahaan Saus Kedelai yang Kembali Bangkit [Image Source]
Ketika tsunami setinggi 18 meter menghancurkan pabrik saus kedelai miliknya, Michihiro Kono merasa putus asa. Ia tidak bingung bagaimana nasib masa depan perusahaan yang telah dibangun keluarganya sejak dua abad lalu tersebut. Tapi 3 tahun setelah bencana tsunami, pabriknya sudah berdiri lagi dan mampu bangkit. Bahkan penjualan sudah kembali normal dan mencapai 70 persen dari yang sebelumnya.

7. Di Fukushima, Tanah Dikumpulkan dalam Tas Karena Terkena Radiasi

Limbah tanah radioaktif [Image Source]
Limbah tanah radioaktif [Image Source]
Di Fukushima, gempa bumi menimbulkan bocornya radiasi nuklir dari PLTN Fukushima. Warga yang tinggal dalam wilayah terkena radiasi segera dievakuasi untuk meninggalkan lokasi tersebut. Sementara itu lapisan tanah-tanahnya juga digali dan dikumpulkan dalam tas untuk dibuang.

Foto-foto di atas hanya menunjukkan sebagian kecil usaha Jepang dalam penanggulangan bencana. Mereka mampu dan mau bergerak cepat untuk memperbaiki masalah yang ada. Tidak perlu berlama-lama meratapi kesedihan akibat bencana, karena yang terpenting adalah kembali bergerak dan melangkah maju. Hal ini membuktikan bahwa Jepang ternyata tetaplah negara yang perkasa berkat keuletannya meski sering diterjang bencana.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA