DPR Menyetujui Budi Gunawan Menjadi Kapolri

oleh Alfry
10:32 AM on Jan 16, 2015

Setelah melalui lobi internal fraksi selama 10 menit, sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui Komisaris Jenderal Budi Gunawan menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Sutarman. Keputusan ini dibacakan oleh pimpinan DPR yang memimpin rapat Paripurna, Taufik Kurniawan, Kamis (15/1).

“Setelah melalui proses lobi, sidang paripurna memutuskan menyetujui keputusan Komisi III mengangkat Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri,” kata Taufik di Kompleks Parlemen.

Baca Juga
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia
Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

DPR Menyetujui Budi Gunawan Menjadi Kapolri
DPR Menyetujui Budi Gunawan Menjadi Kapolri

Sebelum diputuskan di sidang paripurna, para pemimpin sidang yang diketuai oleh Taufik meminta waktu untuk melakukan forum lobi dengan fraksi-fraksi di DPR. Menurut Taufik, dalam forum lobi itu semua setuju Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri, kecuali Fraksi Partai Demokrat yang meminta DPR menunda menyetujui mantan ajudan mantan Presiden Megawati Soekarno Putri sebagai Kapolri dan Fraksi Partai Amanat Nasional yang meminta pimpinan DPR melakukan konsultasi dengan presiden.

Taufik juga mengatakan bahwa forum lobi ketika paripurna merupakan inisiatif pemimpin DPR untuk merumuskan keputusan yang tepat setelah Fraksi Partai Demokrat dan PAN meminta DPR menunda memberi persetujuan. Meskipun demikian, Sidang Paripurna DPR akhirnya menyetujui pengangkatan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri menggantikan jenderal Sutarman yang akan memasuki masa pensiun.

Taufik menyatakan lembaganya akan segera membuatkan surat persetujuan diterimanya Komjen Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian Indonesia. Surat tersebut akan dikirimkan kepada Presiden Joko Widodo.

“Dengan menimbangkan dari hasil rapat kerja atau dari hasil uji kelayakan dan kepatutan komisi III DPR, rapat paripurna menyetujui laporan komisi III untuk mengangkat saudara Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri kecuali Fraksi Partai Demokrat yang meminta DPR untuk melakukan penundaan dan Fraksi PAN memberikan catatan agar pimpinan DPR melakukan rapat konsultasi dengan presiden,” katanya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA