in

7 Budak Perempuan yang Membawa Perubahan Dunia

4. Santa Batildis

Baltidis merupakan seorang Santa yang dicatat sejarah pernah menjadi seorang ratu di Negara Perancis. Dulunya Batildis adalah seorang budak Inggris yang dijual kepada tentara Kerajaan Perancis yang berpangkat mayor. Setelah pindah ke Perancis, nasib tak kunjung membawanya kepada keberuntungan karena ia masih tetap saja menjadi budak bagi Erchinoald, kepala istana Neustria.

Santa Batildis [ Image Source ]
Santa Batildis [ Image Source ]

Di sinilah kelak jalan hidupnya akan berubah karena dengan kecantikannya, ia kemudian menjadi permaisuri bagi Raja Clovis II di Perancis. Dari pernikahan itu, ia dengan Raja Clovis II dikaruniai tiga orang pangeran yang kelak meneruskan titah raja Perancis. Menginjak masa tua, ia memilih hidup menjadi biarawati sampai ajal menjemputnya di biara tempatnya bekerja.

5. Chica da Silva

Chica da Silva, atau yang bernama asli Francisca da Silva de Oliveira, merupakan seorang tokoh wanita yang mencuat namanya berkat perjuangan terhadap sejarah perbudakan dunia. Dia sendiri awalnya juga sempat menjalani kehidupan perbudakan sampai akhirnya ia menikah dengan Joao Fernandes da Oliveira yang merupakan pengusaha kulit putih yang memiliki bisnis tambang berlian tempat ia bekerja.

Chica da Silva [ Image Source ]
Chica da Silva [ Image Source ]

Terangkat strata sosialnya, tak membuat Chica da Silva lupa akan kehidupan masa lalunya. Ia kemudian menjadi jembatan sosial antara kaum kulit hitam dan kulit putih. Ia juga berusaha menghapuskan perbudakan kulit hitam dan meminta kesetaraan gender agar orang kulit hitam bisa terangkat kesejahteraannya. Atas jasanya, profil Chica hingga saat ini dikenal sebagai tokoh besar perempuan yang berhasil merubah sejarah perbudakan dunia.

Written by Anas Anas

Leave a Reply

Berpacu dengan Waktu, Meski Nyawa Taruhannya [ Image Source ]

Menguak Kurir Sepeda, Pengiriman Cepat di Tengah Hiruk Pikuk Jalanan Metropolitan

Inilah 4 Suku Gaib Paling Misterius di Indonesia, Ada yang Bisa Terbang!