5 Alasan Boyband Lawas Lebih Greget Ketimbang Dedek-dedek KPOP

oleh Sastranagari
16:48 PM on Jan 10, 2017

Kawula muda masa kini pasti kenal banyak atau paling nggak bisa nyebutin satu nama boyband dari Korea Selatan. Ya, KPOP saat ini memang sedang hits di kalangan anak muda kekinian, terutama cewek. Banyak sebab yang membuat mereka tergila-gila sama dedek-dedek ganteng asal Korea Selatan ini.

Alasannya apalagi kalau bukan mereka bertampang ganteng, ngegemesin dan pinter joget. Pokoknya mereka ini bikin klepek-klepek deh. Namun kalau boleh berpendapat, boyband KPOP masih belum bisa disejajarkan dengan boyband lawas seperti Westlife dan kawan-kawan. Banyak faktor yang menjadi sebab mengapa boyband lawas masih lebih abadi ketimbang penampilan gemes dedek-dedek KPOP ini.

Salah satunya dari segi musikalitas. Memang sih, jaman dulu yang namanya EDM dan efek musik semacamnya belum sepopuler sekarang, tapi dengan hal yang simple musik boyband lawas lebih nyaman di telinga. Selain itu, faktor-faktor ini juga yang bikin boyband lawas jadi lebih evergreen.

1. Lirik Boyband Lawas Lebih Mudah Dipahami

Berbicara masalah lirik, boyband lawas bisa disebut sebagai jawaranya. Lirik boyband lawas yang berbahasa Inggris lebih mudah dipahami ketimbang KPOP. Nggak perlu ribet-ribet menerjemahkan bahasa internasional tersebut, kamu pasti ngerti kan Bahasa Inggris? Meskipun sedikit-sedikit, kamu pasti bisa dong memahami maksud yang ingin disampaikan oleh mereka.

Lirik boyband lawas vs Korea

Lain lagi dengan lirik KPOP yang mayoritas menggunakan bahasa Korea. Di dunia ini masih sedikit banget penutur bahasa Korea, cuma sekitar 80 juta. Belum lagi kalau ingin membaca liriknya kamu harus tahu cara bacanya Hangeul. Aduh! Memang ada sih versi Romanized-nya, tapi tetap aja bikin belibet dan banyak yang nggak ngerti artinya.

2. Penampilan Boyband Lawas Lebih Simple Tapi Greget

Penampilan boyband KPOP bisa dibilang trendi dan update. Dari segi fashion, mereka memang lebih ‘berani’ mengekspresikan diri. Pakai baju warna-warni, sneakers bermerk yang kece, dan aksesoris lainnya yang ‘ajaib-ajaib’ deh pokoknya. Namun, kadang mereka terlalu liar dalam berkespresi. Nggak jarang ada boyband KPOP yang berani tampil dengan make up cewek, seperti mengenakan lip gloss, eye shadow, dan lain-lain.

Gaya boyband lawas vs Korea

Beda lagi dengan boyband lawas. Mereka tampil dengan lebih sederhana, tapi sesuai dengan porsinya. Baju yang mereka kenakan simple dan nggak bikin mikir gimana cara makainya. Untuk riasan wajah pun mereka nggak dandan heboh-heboh banget. Kalau mau dandan ala mereka masih bisa deh. Nggak ribet dan nggak kayak mau show beneran. Beberapa dari mereka ada yang brewokan pula. Laki banget!

3. Musik Boyband Lawas Lebih Easy Listening

Pada era 90-an musik dari para boyband ini lebih mudah didengarkan atau easy listening. Kenapa? Saat itu musik tekno dan EDM masih belum sepopuler sekarang. Jadi, mereka lebih bereksplorasi di aliran ballad dan masih banyak yang berirama slow. Musik boyband lawas pas banget buat nemenin kamu galau-galauan di musim hujan kayak gini.

Boyband lawas lebih slow, Korea banyak tarian

Lain lagi dengan boyband KPOP. Memang sih beberapa lagu memiliki irama slow, tapi karena gempuran EDM, musik mereka cenderung rancak dan kompleks. Karena itu, kebanyakan musik KPOP leih enak didendangkan saat kita berolahraga. .

 4. Anggota Boyband Lawas Lebih Sedikit Jadi Gampang Diinget

Boyband lawas memilik personil yang nggak begitu banyak. Satu boyband biasanya berisi antara 3 sampai 5 orang saja. Jumlah personil yang sedikit tersebut bikin lebih gampang mengingat nama-nama dan wajah mereka. Jadi kedekatan seseorang pada boyband lawas lebih intim, karena hanya perlu mengingat sedikit orang saja.

Boyband EXO [image source]
Berbeda lagi dengan boyband KPOP. Dalam satu grup, biasanya beranggotakan antara 5 sampai 10 orang. Bahkan mungkin ada yang lebih. Bikin susah membedakannya kan? Ditambah lagi, tipikal wajah Asia yang hampir mirip satu dengan yang lainnya. Apalagi kalau pas mereka beraksi menari-nari di panggung, mesti nyari dengan jeli mana yang jadi idola kita. Belum lagi kalau mereka punya sub-sub grup. Jadi bingung mau pilih yang mana.

5. Boyband Lawas Lebih ‘Jual Mahal’ Tapi Malah Bikin Penasaran

Saat ini wajah-wajah anggota boyband KPOP bisa dengan mudah kita lihat. Management mereka memang nggak cuma berfokus pada band saja, tapi mereka juga membuat reality show untuk boyband yang baru saja debut atau yang memiliki penggemar banyak. Jadi kita bisa dengan mudah mengikuti kegiatan sehari-hari mereka.

Westlife [image source]
Lain halnya dengan boyband lawas. Berhubung jaman dulu belum ada social media seperti instagram dan You Tube, jadi jarang banget bisa melihat wajah sang idola. Untuk melihat penampilan idola, kita mesti nunggu video klip terbaru muncul. Untung-untung kalau tiba-tiba televisi lokal menayangkan konser mereka, pasti bakalan jingkrak-jingkrak kesenengen deh. Karena itulah kita selalu dibikin penasaran sama penampilan mereka selanjutnya. Percik-percik kemisteriusan boyband lawas lebih kuat dibanding dedek-dedek gemes KPOP.

Selera masing-masing orang berbeda, bukah berarti boyband KPOP jelek banget. Boyband lawas dan KPOP masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, nggak ada yang perfect. Dari KPOP kita juga bisa belajar tentang hal positif, seperti kerja keras mereka meraih popularitas sampai ke level internasional. Kamu sendiri suka mana?

  Next

Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA