Inilah 7 Ledakan Bom Bunuh Diri Terparah Sepanjang 2016

oleh Adi Nugroho
15:29 PM on Mar 28, 2016

Semua orang selalu berharap setiap tahun baru. Ada yang ingin sukses dalam pekerjaannya. Ada yang ingin segera menikah. Ada pula yang menginginkan perdamaian datang dengan segera. Tak ada lagi perang, tak ada kematian, dan tak ada lagi ledakan yang dilakukan oleh para teroris yang sangat mengenaskan. Sayangnya, hampir setiap tahun, bencana yang bernama teror itu selalu datang.

Percaya tidak, jika sejak awal Januari hingga akhir Maret 2016 sudah ada 224 insiden terorisme di seluruh dunia. Artinya dalam satu hari ada lebih dari 8 ledakan yang menyebabkan kerusuhan di berbagai negara. Dan inilah 7 ledakan bom bunuh diri terparah yang dilakukan teroris selama 2016.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Lahore, Pakistan – 69 Korban Jiwa

Pada tanggal 27 Maret 2016 kemarin, sebuah ledakan mengerikan terjadi di Taman Gulshan-e-Iqbal, Lahore Pakistan. Seorang yang membawa bom meledakkan dirinya di pintu masuk utama dan membuat 69 orang meninggal dunia serta 300 lainnya mengalami luka parah hingga harus dilarikan di rumah sakit.

Lahore, Pakistan [image source]
Lahore, Pakistan [image source]
Ledakan ini dilakukan oleh kaum Taliban dan menargetkan para jemaah gereja yang sedang merayakan paskah. Korban yang meninggal sebagian besar anak-anak dan orang tua yang bersiap-siap akan ke gereja. Kasus ledakan ini menjadi kasus terorisme terparah di Lahore selama puluhan tahun.

2. Hillah, Irak – 61 Korban Jiwa

Irak adalah wilayah paling tidak aman di dunia hingga sekarang. Konflik yang terjadi di negeri ini seperti tidak ada habisnya. Seperti yang terjadi di Hillah, Irak pada 6 Maret 2016 lalu. Sebuah ledakan dari tangki bahan bakar membuat 61 orang meninggal dunia termasuk sopir yang menyebabkan tragedi ini.

Hillah, Irak [image source]
Hillah, Irak [image source]
Kelompok teroris yang bertanggung jawab dalam kejadian ini adalah ISIS. Mereka sengaja meledakkan bom di pusat provinsi Babylon yang dikenal padat penduduk. Akibat aksi ini, wilayah Hillah menjadi mencekam dan banyak warga menjadi trauma

3. Dikwa, Nigeria – 60 Korban Jiwa

Nigeria adalah negara di Afrika yang dikuasai oleh Boko Haram, teroris mengerikan yang memiliki hubungan dengan ISIS. Mereka suka sekali menyuruh wanita yang diculik untuk melakukan aksi bunuh diri hingga membuat banyak orang meninggal dunia. Kejadian itu terjadi pada 10 Februari 2016 lalu.

Dikwa, Nigeria [image source]
Dikwa, Nigeria [image source]
Dua wanita yang disuruh itu datang ke kamp pengungsian lalu meledakkan dirinya. Dari kejadian ini ada 60 korban jiwa meninggal dan 78 lainnya mengalami luka-luka. Ledakan ini membuat Nigeria semakin dan seluruh penduduknya hidup di dalam teror.

4. Muqdadiya, Irak – 40 Korban Jiwa

Pada akhir Februari 2016, Irak lagi-lagi mendapatkan serangan bom bunuh diri yang sangat mengerikan. Bom ini menyebabkan 40 orang meninggal dunia dan 58 lainnya mengalami luka yang cukup parah. Ledakan ini terjadi di rumah duka dari milisi Syiah yang akhirnya menyelesaikan tugasnya di bumi ini.

Muqdadiya, Irak [image source]
Muqdadiya, Irak [image source]
Ledakan ini membuat kekacauan yang teramat parah. Rumah duka yang harusnya digunakan untuk tempat memberikan penghormatan, justru diledakkan dengan cara yang mengerikan. Kasus ledakan di Irak ini menjadi bukti jika negara itu tak akan pernah aman lagi.

5. Homs, Suriah – 29 Korban Jiwa

Suriah sudah seperti negara yang tidak memiliki perlindungan keamanan bagi warga negaranya. Ledakan dan tembakan yang mengerikan terjadi hampir setiap hari. Salah satu ledakan paling parah terjadi pada 26 Januari 2016 lalu. Ledakan pertama terjadi akibat mobil, sedangkan ledakan kedua disebabkan oleh bom bunuh diri.

Homs, Suriah [image source]
Homs, Suriah [image source]
Setidaknya 29 orang meninggal dunia akibat kasus ini sementara itu korban luka dipastikan ada puluhan hingga ratusan orang. Ledakan ini menargetkan orang-orang pro pemerintah. Mereka dianggap mengganggu rencana perebutan Suriah hingga harus segara dimusnahkan. Sayangnya, aksi ini justru memakan banyak korban jiwa. ISIS adalah dalang dibalik bom bunuh diri ini.

6. Bodo, Kamerun – 28 Korban Jiwa

Setidaknya ada empat orang yang diperkirakan melakukan aksi bom bunuh diri di Kamerun. Mereka masuk ke kerumunan pasar di Bodo, Kamerun. Selanjutnya bom yang ada pada tubuhnya diledakkan dan membuat 28 orang yang ada di sekitarnya meninggal dunia.

Bodo, Kamerun [image source]
Bodo, Kamerun [image source]
Aksi yang terjadi pada 25 Januari 2016 ini juga menyebabkan 65 orang mengalami luka parah hingga memerlukan perawatan serius. Boko Haram dicurigai menjadi dalang aksi ini. Pasalnya mereka suka sekali menculik orang lalu menjadikannya eksekutor bom yang mengerikan.

7. Ankara, Turki – 28 Korban Jiwa

Pada tanggal 13 Maret 2016, Kota Ankara di turki pernah mengalami pengeboman mobil dan penembakan dengan korban 37 meninggal dan 125 luka parah. Sebelum aksi mengerikan ini terjadi, pada 17 Februari 2016 pernah terjadi pengeboman bunuh diri yang menyebabkan 28 meninggal dan 61 lainnya meninggal dunia.

Ankara, Turki
Ankara, Turki [image source]
Target ledakan bunuh diri ini adalah bus-bus militer milik Turki. Kelompok Pembebasan Kurdis disinyalir melakukan aksi mengerikan ini. Mereka ingin membuat Turki mengakui keberadaan mereka dan bisa segara diberi kebebasan.

Inilah tujuh ledakan bunuh diri paling parah selama tahun 2016 saja. Dari contoh kasus di atas saja, kita sudah bisa paham seperti kelakuan manusia di dunia. Mereka kerap melakukan hal-hal mengerikan dan membuat banyak orang meninggal dengan cara yang mengerikan. Yuk, share biar semakin banyak orang tahu jika dunia ini butuh perdamaian.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA