Bocah Duduk di Dekat McDonalds, Demi Dapat Penerangan dan Bisa Mengerjakan PR

oleh Ayu
11:41 AM on Jul 10, 2015

Masih ingat nggak saat kecil dulu, bagaimana sikap kita kalau dapat PR? Ada yang semangat, ada yang agak malas dan ada juga yang kerjanya ditunda-tunda. Padahal, mungkin kita punya semua fasilitas yang memudahkan kita belajar dan mengerjakan PR.

Foto berikut ini menjelaskan cerita sebaliknya. Ini adalah foto Daniel Cabrera. Umurnya masih 9 tahun dan dia duduk di bangku SD di Kota Mandaue, Filipina. Yang memotret bocah ini adalah seorang mahasiswi kedokteran, Joyce Torrefranca.

Baca Juga
Inilah Fakta Di Balik Banyaknya Nama ‘Nguyen’ yang Melekat Pada Pemain Timnas Vietnam
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota

Foto bocah mengerjakan PR di dekat Mc Donalds [Image Source]
Foto bocah mengerjakan PR di dekat Mc Donalds [Image Source]

Ia meihat bocah tersebut duduk beralaskan tanah sambil mengerjakan PR di sebuah bangku kecil. Ia ada di restoran Mc Donalds, tapi bukan untuk makan. Kenapa dia mengerjakan di situ? Kenapa tidak di rumah?

Jangankan punya rumah, Daniel bahkan tidak punya lampu. Dan ia mengerjakan PR di tempat tersebut demi mendapatkan lampu penerangan. Dengan demikian, dia bisa mengerjakan PR dengan lancar.

Menurut informasi yang ada, Daniel punya pensil (walau itu satu-satunya. Pensilnya yang lain dicuri oleh temannya), ia juga punya buku tulis dan semangat belajar. Hanya lampu yang tidak ia miliki, dan ia berusaha sampai seperti ini demi mendapatkan penerangan tersebut.

Menelisik kisah hidupnya, Daniel tinggal bersama seorang ibu dan adik laki-lakinya. Mereka tinggal di sebuah warung makan tak berdinding yang kecil dan sangat tidak terlindungi. Ayahnya meninggal di penjara, dan rumah mereka sudah lama terbakar.

Meski kondisinya serba sulit, Daniel punya niat dan semangat yang tinggi untuk belajar. Saat teman-temannya sibuk main bola, anak ini sering kelihatan belajar sendiri di sudut-sudut tak terperhatikan di restoran. Ia masih punya harapan dan cita-cita untuk menjadi dokter atau polisi bila sudah besar nanti.

Foto Joyce tentang Daniel menjadi viral dan membuatnya terharu [Image Source]
Foto Joyce tentang Daniel menjadi viral dan membuatnya terharu [Image Source]

Joyce mengaku sangat tergerak hatinya dan terinspirasi oleh bocah yang jauh lebih muda darinya ini. Jelaslah foto itu menjadiviral ketika diunggah di media sosial. Tidak hanya Joyce, netizen lain pun membanjiri foto tersebut dengan respon positif dan saling membagikannya di akun Facebook mereka.

Seorang pengguna Facebook, Giomen Probert Ladra Alayon, menulis di timelinenya, “Kalayu anak ini bisa melakukannya, kenapa kita tidak? Kenapa kita harus pergi ke coffe shop, pusat belajar dan lainnya untuk membayar mahal pendidikan, bila yang kita perlukan untuk belajaradalah kekuatan dari diri kita sendiri?

“Daniel begitu tekun karena ia tahu rasanya tak memiliki apa-apa. Kita perlu belajar darinya. Pelajaran hidup terbesar tidak datang dari orang terkenal, tapi dari orang-orang yang sederhana. Buka mata dan pikiran kita. Kita perlu belajar darinya. Dan dengan disiplin serta fokus, aku yakin ia akan menjadi SESEORANG suatu hari nanti. Tuhan berkati. Good day,” tulisnya lagi.

Seringnya, keterbatasan memang menekan kita. Bukan untuk putus asa, tapi untuk menyadari bahwa kalau kita sungguh-sungguh, kita punya kemampuan yang mampu melebihi batas. Nah, bagi kita yang memiliki fasilitas dan potensi, apalagi yang kita keluhkan?

Kadang kita melihat hidup orang lain lebih enak. Padahal sebenarnya hidup mereka juga mungkin lebih rumit dari kita. Hanya saja mereka.. tidak mengeluh. Salut dengan keteguhan dan semangat Daniel.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA