Blok Tjipetir Mungkin Telah Hanyut Dan Mengelilingi Bumi Sebanyak Tiga Kali

oleh didi
08:38 AM on Dec 5, 2014

Fakta dan analisis tentang lempengan benda mirip karet bertuliskan ‘Tjipetir’ yang banyak ditemukan di perairan Benua Eropa terus bermunculan. Ahli kelautan Curtis Ebbesmeyer menyebut blok tersebut mungkin telah hanyut dan mengelilingi bumi sebanyak tiga kali.

Ebbesmeyer yang memiliki keahlian khusus dalam pelacakan benda-benda hanyut di laut mengatakan bahwa blok Tjipetir bisa hanyut terbawa arus laut dan terdampar di sejumlah pantai di belahan bumi ini selama berabad-abad.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Blok Tjipetir Mungkin Telah Hanyut Dan Mengelilingi Bumi Sebanyak Tiga Kali
Blok Tjipetir Mungkin Telah Hanyut Dan Mengelilingi Bumi Sebanyak Tiga Kali

“Berdasarkan pada temuan sejauh ini, mereka jelas-jelas terbawa sirkulasi laut pada belahan bumi. Hanya dibutuhkan waktu selama 25 tahun bagi benda hanyut seperti ini untuk mengelilingi dunia, dan mungkin benda-benda ini sudah cukup lama untuk mengelilingi bumi sebanyak tiga kali,” terang Ebbesmeyer, Senin (1/12).

Blok Tjipetir itu kemudian diketahui dibuat dari getah pohon perca dan diproduksi di sebuah pabrik pengolahan getah perca di Cipetir, Sukabumi, Jawa Barat. Getah perca itu sangat terkenal untuk bahan industri abad 19. Pengguna utama getah perca adalah Amerika, Eropa dan Jepang. Popularitasnya sekarang menyusut seiring dengan penemuan karet sintetis.

Menurut administrasi perkebunan, benda berbentuk persegi empat yang banyak ditemukan di perairan Benua Eropa memang benar berasal dari pabrik ini. Berdasarkan penelusuran data, pabrik Cipetir berdiri pada tahun 1885 dan memang memproduksi bahan yang terbuat dari karet merah.

Namun, pabrik Cipetir kini tidak sejaya seperti dulu. Pabrik yang memproduksi getah perca dari pohon karet ini kini semakin merana. Produksinya terus menurun karena penurunan permintaan. Semoga penemuan lempengan blok Tjipetir di beragam tempat di Benua Eropa mampu membangkitkan semangat pabrik itu untuk kembali mengekspor hasil buminya. Lalu bagaimana lempengan dari Indonesia yang diperkirakan berusia 100 tahun lebih itu bisa ditemukan di perairan Eropa?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA