in

5 Binatang Ini Ternyata Makhluk Purba yang Sukses Bertahan Hingga Sekarang

3. Sandhill Crane – 10 Juta Tahun

Scandhill Crane adalah sejenis burung purba yang secara mengejutkan berhasil bertahan selama jutaan tahun. Awalnya peneliti menemukan fossil mirip Crane di Florida yang diduga berusia 2,5 juta tahun. Lalu beberapa waktu kemudian ditemukan pula sebuah fosil di Nebraska yang diindikasi usianya mencapai 10 juta tahun. Hal ini membuat burung yang menghabiskan sebagian waktunya di darat ini jadi spesies burung paling tua di dunia.

Berbekal bentuk tubuhnya yang gesit hewan ini mampu bertahan setelah sekian lama [Image Source]
Berbekal bentuk tubuhnya yang gesit hewan ini mampu bertahan setelah sekian lama [Image Source]
Burung ini biasa bermigrasi dalam jumlah besar dan jarak tempat yang sangat jauh. Hingga kini diperkirakan jumlahnya lebih dari 500 ribu ekor. Populasinya tidak terlalu terhambat meskipun hewan ini hanya punya satu pasangan saja seumur hidupnya.

Alasan spesifik kenapa hewan ini sukses bertahan adalah kemampuannya yang kompleks. Sandhill Crane tak hanya jago terbang, tapi mereka juga menghabiskan waktu yang cukup lama di daratan. Struktur kakinya yang jenjang membuat burung ini bisa dengan sigap menghindari bahaya termasuk pula digunakan untuk menendang predator yang mengincarnya dan anak-anaknya. Meskipun dikatakan masih banyak populasinya, namun di beberapa tempat misalnya Cuba dan Mississippi, Crane dianggap langka.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Apakah Kita Telah Menjadi Generasi Paranoid? Atau Generasi Terlalu PeDe?

Hal-hal yang Dilakukan Orang yang Bisa Beragam Bahasa Asing