7 Binatang Monster yang Hingga Kini Masih “Bergentayangan” di Muka Bumi

oleh Alfry
07:05 AM on May 23, 2015

Era binatang monster telah berakhir setelah dinosaurus dinyatakan punah jutaan tahun lalu. Akan tetapi di zaman modern ini masih ada beberapa hewan raksasa yang ditemukan baik di pedalaman hutan atau bahkan disekitar Anda.

Berikut ini penampakan binatang monster yang sangat mengesankan. Beberapa dari mereka berukuran sangat besar seolah-olah mereka berasal dari planet lain. Spesies-spesies baik serangga, reptil ataupun mamalia ini terlihat sangat menakutkan dengan ukuran jumbo mereka. Kami sarankan agar Anda tidak terlalu dekat jika bertemu dengan salah satu binatang-binatang monster berikut ini.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Kepiting Kelapa Mampu Tumbuh Hingga Satu Meter

Bernama ilmiah Birgus latro atau Ketam Kenari namun lebih dikenal dengan nama Kepiting Kelapa adalah artropoda terbesar di dunia. Sebutannya memang kepiting atau ketam namun sesungguhnya hewan ini bukanlah kedua jenis binatang tersebut. Secara ilmiah Kepiting Kelapa ini merupakan jenis umang-umang yang telah berovolusi.

Di Indonesia Kepiting Kelapa ini banyak di temukan di Maluku dari sanalah sebutan Ketam Kenari berasal. Namun disebut Kepiting Kelapa sebab hewan ini mampu mengupas kelapa dengan sangat cepat menggunakan capitnya yang kuat. Ketam ini termasuk hewan monster karena pernah ditemukan dalam ukuran 1 meter seperti dalam video diatas. Ngeri bukan!

2. Babi Berbobot 900 Kilogram di China

Museum Pertanian Provinsi Liaoning di China pada tahun 2009 menarik perhatian dari Guinness Book of Records. Tim pencatat rekor dunia tersebut datang ke museum untuk menambahkan rekor baru ukuran binatang babi ke dalam buku catatan rekornya. Sebab saat itu di Museum Pertanian Liaoning terdapat seekor babi monster berukuran hampir satu ton.

Babi Berbobot 900 Kilogram di China [imagesource]
Babi Berbobot 900 Kilogram di China [imagesource]
Babi tersebut memiliki ukuran panjang 2,5 meter dengan lingkar pinggang 2,23 meter serta memiliki taring sepanjang 14,4 sentimeter. Ukuran bobot si babi lebih mencengangkan lagi sebab babi ini ternyata memiliki berat 900 kg. Dengan ukuran segitu siapa yang berani mendekati babi ini?. Namun sayang babi tersebut mati pada 5 Februari 2009 saat umurnya baru 5 tahun.

3. Katak Raksasa Ukurannya Bisa Setengah Tubuh Orang Dewasa

Anda pasti sudah sering melihat katak di sekitar rumah Anda. Namun pernahkah Anda melihat katak seukuran orang dewasa? Katak monster ini bernama Goliath Frog atau Katak Goliath. Katak ini bisa tumbuh hingga mencapai ukuran tubuh 33 cm belum dari moncong hingga ekor namun jika kakinya direntangkan maka panjang katak ini hampir sama dengan tinggi orang dewasa.

Habitat asli katak Goliath adalah di Sungai Benito, Kamerun, Afrika Barat. Anak-anak di sana sudah tidak asing lagi melihat katak seukuran kucing disekitar rumahnya. Namun jika katak ini muncul di sekitar Anda tentu akan sangat mengagetkan bukan? Hewan ini terancam punah karena perburuan untuk diekspor ke luar negeri. Bahkan katak monster ini digunakan sebagai hiasan oleh masyarakat setempat atau alat tukar menukan hewan peliharaan.

4. Kelelawar Monster Bikin Orang Jadi Gemeter

Flying Fox atau bernama ilmiah Pteropus vampyrus merupakan salah satu spesies terbesar dari kelelawar. Jika di Indonesia hewan monster ini dikenal dengan nama Kalong atau Codot. Kelelawar raksasa pemakan buah ini banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara. Di katakan kelelawar terbesar di dunia sebab hewan ini bisa memiliki boot hingga satu kilo lebih dengan bentangan sayap hingga 1,7 meter.

Kelelawar Monster [imagesource]
Kelelawar Monster [imagesource]
Kelelawar raksasa ini memiliki rtupa yang mengerikan. Wajahnya mirip dengan rubah atau serigala. Hewan ini tidak memiliki ekor dan biasanya tingga di dalam hutan yang penuh dengan buah-buahan. Hutan-hutan di Kalimantan dan Malaysia telah menjadi rumah utama kelelawar raksasa tersebut.

5. Kepiting Laba-Laba Raksasa yang Luar Biasa

Jika sebelumnya ada kepiting Kelapa yang super besar di Maluku berikutnya ada kepiting monster dari Jepang. Spesies ini bernama Kepiting Laba-Laba Raksasa atau Giant Spider Crab. Rentang kaki kepiting ini bisa mencapai 3,8 meter menjadikannya arthropoda dengan rentang kaki terpanjang di dunia.

Kepiting Laba-Laba Raksasa [imagesource]
Kepiting Laba-Laba Raksasa [imagesource]
Tidak sampai di situ saja, menilik pada ukuran tubuhnya kepiting laba-laba raksasa mampu tumbuh sebesar 40 cm dengan berat 19 kilogram. Kepiting jenis ini hanya bisa ditemukan di Kepulauan Okinawa, Jepang bagian selatan. Bayangkan jika satu ekor kepiting laba-laba dihidangkan dalam menu seafood Anda.

6. Ubur-Ubur Nomura, Ubur-Ubur Raksasa di Perairan Timur Asia

Semua orang tentu familiar dengan hewan laut ubur-ubur. Hewan imur berbentuk tudung bertentakel ini terlihat sangat lembut namun beberapa spesies memiliki racun penyengat yang bisa menyebabkan kematian. Dari sekian banyak jenis ubur-ubur, terdapat satu spesies yang menyita perhatian dunia yaitu Ubur-Ubur Nomura yang hanya ditemukan di lepas pantai Asia Timur termasuk China, Korea dan Jepang.

Ubur-Ubur Nomura [imagesource]
Ubur-Ubur Nomura [imagesource]
Ubur-ubur ini bisa tumbuh ke dalam ukuran monster dengan diameter 2 meter dan berat 200 kg. Pemberian nama Nomura sendiri diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada Direktur Jenderal Stasiun Eksperimen Perikanan Prefektur Fukui yang mengirimkan spesimen ubur-ubur ini untuk diteliti oleh seorang peneliti bernama Kamakichi Kishinouye pada tahun 1921. Ubur-Ubur Nomura diklaim sebagai yang terbesar di dunia. Ubur-ubur lain yang juga memiliki ukuran raksasa antara lain ubur-ubur rambut singa dan ubur-ubur laut dalam.

7. Monster Bintang Laut

Umumnya bintang laut ditemuakan dalam ukuran yang kecil namun di Antartika ditemukan spesies bintang laut monster berukuran hampir satu meter. Meski dalam bahasa inggris hewan ini bernama Starfish namun hewan ini tidak memiliki hubungan dengan ikan. Bintang laut merupakan hewan invertebrata yang memiliki lima lengan atau lebih menyerupai bintang.

Monster Bintang Laut [imagesource]
Monster Bintang Laut [imagesource]
Adalah Macroptychaster starfish, spesies bintang laut raksasa yang ditemukan para peneliti di Antartika pada tahun 2008 silam. Pada penelitian yang dilakukan di perairan Antartika para ilmuan dikejutkan dengan penangkapan beberapa spesies hewan laut yang berukuran jumbo. Selain bintang laut berukuran 60 sentimeter ini mereka juga menangkap ubur-ubur laut sepanjang 4 meter.

Itulah hewan-hewan monster yang hingga kini masih bergentayangan di muka bumi.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA