5 Binatang dengan Bisa Paling Mematikan

oleh Tetalogi
12:00 PM on Sep 30, 2015

Binatang memiliki berbagai cara untuk bertahan hidup atau menangkap mangsanya. Salah satunya adalah dengan bisa yang mampu melumpuhkan mangsa atau musuhnya. Meski begitu, ada juga beberapa binatang yang memiliki bisa yang sangat kuat dan bahkan mampu melumpuhkan bahkan mematikan bagi manusia.

Nah, kali ini kami akan mengajakmu membahas beberapa binatang yang memiliki bisa yang cukup mematikan bagi manusia. Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Ikan Fugu

Ikan Fugu atau di Indonesia biasa juga disebut dengan ikan buntal termasuk binatang paling berbisa. Pasalnya, ikan ini memang memiliki racun tetradotoxin yang bisa mematikan bagi manusia. Racun ini bekerja dengan menghalangi aliran sodium dalam tubuh. Jika seseorang terkena racun ini, maka otot korban akan lumpuh sementara saat ia berada dalam kondisi sadar. Setelah itu korban tidak akan bisa bernapas dan akhirnya meninggal karena otak kekurangan oksigen. Racun ini terletak pada hati, ovarium dan kulit ikan.

Ikan Fugu [Image Source]
Ikan Fugu [Image Source]
Meskipun ikan Fugu terkenal beracun dan berbahaya, ternyata ikan Fugu masih populer dan dikonsumsi di Jepang. Hanya saja, ada peraturan ketat tentang bagaimana cara menyajikan makanan berbahaya ini. Yang bisa menyajikan ikan ini hanyalah koki berkualifikasi dan telah mengikuti pelatihan khusus. Jadi, tidak sembarang orang yang bisa menyajikan menu ini.

Penduduk Jepang telah memakan ikan fugu sejak era Jomon, lebih dari 2.300 tahun yang lalu. Meski begitu, kekaisaran Tokugawa (1603-1868) melarang konsumsi ikan Fugu di Edo. Setelah pengaruh kekaisaran melemah, orang-orang mulai memakan ikan Fugu lagi. Lalu saat era Meiji (1867-1912), ikan Fugu kembali dilarang dan menjadi satu-satunya makanan yang dilarang bagi Kaisar Jepang untuk keselamatannya. Sekarang ini, ikan Fugu telah menjadi masakan favorit di Cina dan Jepang.

2. Laba-laba Black Widow

Tidak seperti di film Spiderman, kamu tidak akan berubah menjadi spiderman jika digigit oleh laba-laba, apalagi laba-laba Black Widow. Laba-laba jenis ini beracun dan cukup membahayakan bagi manusia, bahkan laba-laba betinanya memiliki racun yang mematikan.

Black widow spider [Image Source]
Black widow spider [Image Source]
Gigitan laba-laba black widow mengandung latrotoxin. Racun ini mengakibatkan rasa sakit yang parah pada otot, kram perut, berkeringat berlebihan, detak jantung meningkat, dan kejang otot. Gejala ini bisa bertahan antara 3 hingga 7 hari tapi juga terkadang bisa bertahan selama beberapa minggu.

Meski begitu, kebanyakan orang yang digigit laba-laba ini bisa sembuh dalam waktu 24 jam setelah dilakukan perawatan. Beberapa orang yang digigit juga jarang menunjukkan gejala karena laba-laba tersebut kemungkinan tidak mengeluarkan racunnya. Binatang ini juga bukan termasuk laba-laba yang agresif dan jarang menggigit manusia kecuali ia terkejut atau merasa terancam.

3. Kalajengking

Sengatan kalajengking memang terasa sangat menyakitkan, tapi biasanya tidak terlalu membahayakan. Untuk orang dewasa yang terkena sengatan, mereka biasanya tidak memerlukan perawatan khusus, tapi orang tua dan anak-anak akan membutuhkan pengobatan jika mereka terkena sengatan. Meski begitu, ada juga beberapa jenis kalajengking yang berbahaya dengan bisa yang bersifat mematikan.

Kalajengking Deathstalker [Image Source]
Kalajengking Deathstalker [Image Source]
Setiap spesies kalajengking umumnya memiliki racun untuk membunuh atau melumpuhkan mangsanya. Di antara 1000 lebih spesies kalajengking, ada 25 spesies yang memiliki racun mematikan bagi manusia. Beberapa diantaranya seperti laba-laba deathstalker, hottentotta, bark scorpion, dan fattail scorpion.

Meski beracun beberapa jenis kalajengking juga dimanfaatkan untuk membuat obat-obatan. Terutama racun dari kalajengking Uroplectes lineatus bermanfaat untuk bidang dermatologi atau kesehatan kulit.

4. Ubur-ubur Kotak

Ubur-ubur kotak terkenal dengan bisa yang sangat kuat yang ia hasilkan. Sengatannya tidak hanya menyakitkan, tapi juga bisa sangat fatal bagi manusia. Saking berbahayanya, korban yang terkena sengatan bisa mengalami Sindrom Irukandji. Sindrom ini membuat korbannya terkena serangan jantung dan mati hanya dalam waktu 20 menit.

ubur-ubur kotak [Image Source]
ubur-ubur kotak [Image Source]
Di Australia, racun ubur-ubur Chironex fleckeri menyebabkan sel menjadi berpori sehingga memungkinkannya terjadinya kebocoran kalium sehingga mengakibatkan terjadinya gagal kardiovaskular dan menyebabkan kematian dalam waktu 2 sampai 5 menit.

Setelah ubur-ubur menyengat kulit, korban akan mengalami rasa sakit yang sangat menyengat dan menyiksa. Beberapa orang percaya bahwa menyiram sengatan ubur-ubur dengan cuka bisa menetralkan tentakel penyengat, tapi ternyata mampu memperkuat efek sengatan.

5. Ular Kobra

Ular kobra atau di Indonesia sering kali disebut sebagai ular sendok adalah termasuk binatang yang memiliki bisa mematikan. Bisa ular sendok adalah yang paling kuat dari jenisnya dan bahkan mampu membunuh manusia. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan ular ini untuk menyerang mangsanya. Bisa dengan cara menyuntikkan racun neurotoxin melalui taring saat menggigit, atau juga dengan menyemprotkan bisa ke matanya. Bisa ular kobra ini mampu melumpuhkan syaraf dan otot si korban hanya dalam waktu beberapa menit.

Ular cobra [Image Source]
Ular cobra [Image Source]
Biasanya, ular menggigit untuk memperingatkan atau mengusir manusia sehingga hanya sedikit yag menyuntikkan racun. Tapi jika ada yang terkena racunnya, maka biasanya korban secara perlahan akan merasa mengantuk, kesulitan bernafas dan kemudian detak jantung terganggu beberapa jam kemudian.

Gigitan ular ini juga bisa merusak jaringan di sekitar luka gigitan sehingga terjadi lebam dan rasa sakit yang sangat dalam menit-menit pertama setelah tergigit. Ketika terjadi pembengkakan, rasa sakit juga menjalar hingga ke persendian, lebam berubah menghitam, dan pembekuan darah juga turun.

Nah, itulah tadi beberapa binatang yang memiliki bisa cukup kuat yang bisa membahayakan manusia. Jika kamu terkena bisa salah satu binatang ini, usahakan untuk tidak panik dan tetap tenang, kemudian segera cari pertolongan ahli medis.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA