7 Hal Sepele Tapi Bikin Hidup Lebih Sehat dan Panjang Umur

oleh Adi Nugroho
11:55 AM on Jul 11, 2015

Kematian adalah sesuatu hal pasti dialami oleh semua makhluk, tak terkecuali manusia. Kematian datang tidak mengenal waktu. Bisa jadi kita meninggal karena sakit, atau karena terkena musibah. Namun ada beberapa orang yang bisa hidup lebih lama, bahkan lebih dari seratus tahun. Mereka menerapkan pola hidup sehat dan hal-hal sederhana yang seblumnya kita abaikan.

Hal-hal kecil nan sederhana dan terkesan remeh itu akan memberikan sumbangan besar untuk tubuh kita. Ingin tahu apa hal-hal kecil itu? Yuk, kita simak bersama-sama. Bersiaplah membuat perubahan besar.

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

1. Berolahraga Rutin Setiap Hari (Umur + 5 Tahun)

Jangan pernah remehkan olahraga. Jangan pernah menganggap olahraga menjadi sesuatu yang merepotkan dan kita jadi malas melakukannya. Karena dengan berolahraga rutin selama seminggu, tubuh akan mendapatkan manfaat yang tidak bisa dihargai dengan uang. Paling tidak selama seminggu kita berolahraga selama 150 menit, atau 5 kali seminggu dengan durasi 30 menitan. Tidak perlu olaharaga berat, cukup yang ringan sesuai kemampuan tubuh. Yang penting adalah teratur.

Olahraga [image source]
Olahraga [image source]
Olahraga akan meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindarkan tubuh dari penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit-penyakit itu antara lain adalah serangan jantung, dan diabetes. Selain itu olahraga juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mental hingga kita tidak akan terkena stres dan membuat produktivitas menurun. Ingin panjang umur dan awet muda? Berolahragalah mulai hari ini.

2. Menghindari Daging Olahan dan Makanan Olahan Lainnya (Umur + 4 Tahun)

Daging-daging olahan seperti ham, bacon, sosis, dan kornet ternyata memiliki andil besar dalam kesehatan kita. Menurut studi yang dilakukan MBC pada tahun 2013 ditemukan sebuah data. Jika seseorang mengkonsumsi sekitar 20 gram daging olahan maka orang itu akan memiliki peluang 3% mati lebih cepat. Atau dalam bahasa ilmiah disebut premature death. Selain itu orang yang mengkonsumsi daging olahan juga memiliki peluang sebesar 72% terkena serangan jantung dan 11% terkena kanker.

Olahan Daging [image source]
Olahan Daging [image source]
Makanan olahan banyak sekali mengandung bahan pengawet yang akan mengganggu fungsi tubuh secara pelahan-lahan. Hal ini terjadi juga untuk makanan olahan lainnya seperti sayur dan buah kalengan. Jika menginginkan tubuh menambah 4 tahun masa hidupnya olah daging dari irisan yang segar. Gunakan buah dan sayur segar. Repot sedikit tidak masalah untuk investasi jangka panjang.

3. Mendapatkan Kalsium Yang Cukup (Umur +0,5 Tahun)

Kalsium adalah komponen mikronutrien yang sangat penting bagi tubuh setiap manusia. Namun terkadang kita enggan memerhatikannya dan menganggap kalsium adalah masalah orang lanjut usia. Benar, kalsium memang masalah orang lanjut usia, namun kita nantinya juga akan menjadi orang lanjut usia. Lalu jika kepadatan tulang menurun sering bertambahnya umur, kita bisa mengalami osteoporosis.

Sumber Kalsium [image source]
Sumber Kalsium [image source]
Kalsium bisa kita dapatan dari mengkonsumsi sayuran hijau. Hampir separuh dari wanita di dunia ini mengalami gangguan tubuh akibat kalsium, bahkan memiliki kemungkinan tulang akan retak. Konsumsilah sayuran hijau dan beberapa sumber kalsium alami untuk kesehatan dan kekuatan tulang lebih lama.

4. Menggosok Gigi Secara Rutin Setiap Hari (Umur +1 Tahun)

Siapa di antara kita yang males menggosok gigi setiap malam hari sebelum tidur? Mulai malam ini selalulah menggosok gigi sebelum tidur. Karena hal ini dapat meningkatkan kemungkinan hidup kita hingga satu tahun. Padahal hal ini sangat sederhana. Bahkan kita sering melupakannya.

Menggosok Gigi [image source]
Menggosok Gigi [image source]
Banyak hal yang terjadi pada gigi kita jika kita tidak rutin menggosoknya. Mulai dari gigi bengkak, keropos, karang gigi, hingga gigi berlubang. Gigi yang tidak sehat akan meningkatkan risiko penyakit turunan seperti penyakit Kidney, bahkan diabetes. Menyeramkan!

5. Rutin Memeriksakan Kesehatan ke Dokter (Umur +0,5 Tahun)

Untuk menambah kesempatan hidup, kita disarankan untuk memeriksakan diri secara rutin ke dokter. Paling tidak setahun sekali dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit baru yang mulai menginfeksi tubuh kita. Dengan memeriksakan tubuh secara rutin kita dapat melakukan tindakan pencegahan atau penyembuhan sejak dini.

Pemeriksaan Kesehatan [image source]
Pemeriksaan Kesehatan [image source]
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard University tahun 2014, diperoleh data jika ada sekitar 320 orang meninggal akibat kurangnya kesadaran akan kesehatan. Padahal kesehatan adalah hal yang sangat penting. Tidak boleh diabaikan begitu saja.

6. Mengurangi Tubuh Terkena Sinar UV Secara Langsung (Umur +0,5 Tahun)

Mulai sekarang, jika keluar rumah di saat siang hari yang terik, pakailah jaket. Bila perlu gunakan payung untuk mencegah sinar UV menyengat kulit anda. Ternyata, berdasarkan penelitian CDC, sinar UV akan menyebabkan banyak sekali penyakit yang dialami oleh tubuh. Dengan menghindari sinar UV, maka tubuh kita akan memiliki kesempatan untuk hidup jauh lebih lama. Yaitu sekitar 0,5 tahun.

Pakai Jaket [image source]
Pakai Jaket [image source]
Bumi bukan lagi bumi yang dulu. Saat ini lapisan ozon dari bumi sudah banyak yang bocor. Banyak sekali sinar UV yang dipancarkan oleh matahari langsung mengenai kulit kita. Dampaknya, tubuh akan terbakar. Jika sampai parah, maka tubuh bisa mengalami kanker kulit.

7. Habiskan Banyak Waktu Luang Dengan Keluarga dan Teman (Umur +0,5 Tahun)

Jangan remehkan sebuah hubungan sosial antara anda dengan keluarga, atau antara anda dengan teman. Hubungan yang baik di antara anda dan mereka mampu membuat kesempatan hidup anda bertambah hingga setengah tahun. Hal ini dapat terjadi karena anda akan merasa jauh lebih senang, jika ada masalah anda bisa membaginya kepada mereka. Kita tidak akan merasa hidup sendirian di muka bumi ini.

Friendship [image source]
Friendship [image source]
Berdasarkan studi yang dilakukan PLOS Medicine pada tahun 2010. Orang yang memiliki hubungan yang kuat dengan orang lain memiliki kesempatan sebesar 50% untuk dapat bertahan hidup. Hal ini tidak terjadi pada seseorang yang memiliki ikatan buruk atau lemah dengan orang lain.

So, bersiapkah anda untuk berubah lebih baik? Lakukan hal-hal kecil di atas agar bisa hidup lebih lama. Lalu mendapatkan kesempatan untuk hidup bahagia dengan orang yang anda sayang jauh lebih lama.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA