in

Kisah Lucy Agnes, Putri Bos Djarum yang Lebih Memilih Meninggalkan Kemewahan Demi Jadi Biarawati

Wajah damai Suster Lucy Agnes [image source]

Terlahir di keluarga kaya raya kerap membuat beberapa orang terlena. Maklum, mendapat segalanya dengan mudah bikin seseorang jadi enggan berupaya, toh semuanya sudah tersedia. Mungkin di luaran sana, kita sering melihat beberapa anak orang kaya yang memperlakukan uang seperti sampah. Berita-berita di media yang ngebahas soal remaja yang membakar mobil hingga uang emang sukses bikin kita darah tinggi.

Tapi, ternyata nggak melulu anak orang kaya punya kelakuan demikian. Buktinya, masih banyak kok keturunan konglomerat yang hidupnya merakyat. Bahkan, ada yang lebih memilih meninggalkan duniawi. Salah satu kisah inspiratif tersebut berasal dari putri tunggal bos Djarum, Lucy Agnes. Belakangan ini nama tersebut sering diperbincangkan. Sebenarnya kenapa?

Memilih meninggalkan kekayaan demi menjadi Biarawati

Lucy Agnes yang memiliki nama asli Maria Donna Dewiyanti Darmoko boleh jadi terlahir sebagai keturunan orang paling kaya di Indonesia. Bisa dibayangkan sendiri, Djarum merupakan salah satu merk rokok paling terkemuka. Tapi nyatanya, segala kemewahan yang sudah ia nikmati sejak lahir tersebut rupanya nggak bikin lupa diri.

Wajah damai Suster Lucy Agnes [image source]
Saat ini ia lebih memilih meninggalkan kehidupannya yang tajir dan hidup sederhana sebagai pengikut Bunda Teresa dan melayani umat. Belakangan ini, foto-fotonya yang mengenakan pakaian khas biarawati itu juga menyebar di dunia maya dan diperbincangkan banyak netizen. Tak sedikit warganet yang mengaku salut saat melihat kedamaian di wajah Sr Lucy Agnes.

Lulusan S2 di Amerika Serikat yang sanggup hanya memiliki dua set pakaian

Menurut penuturan beberapa temannya, Lucy merupakan lulusan S2 di Amerika Serikat. Memiliki pendidikan tinggi bergengsi, nyatanya wanita ini tetap menjalankan hidup sangat sederhana. Ia juga pernah menjadi sekretaris pimpinan kongregasi Missionaris Claris, di Kalkuta, India, di mana saat itu ia paling ikhlas untuk mendampingi orang-orang orang-orang yang sekarat.

Suster Lucy Agnes [image source]
Bahkan, tanpa ragu Lucy kerap mencabuti belatung-belatung di luka kepala pasien yang membusuk. Hal itu membuat Lucy begitu dipandang luar biasa. Dan hebatnya lagi, wanita tersebut merupakan pengikut Mother Teresa yang dikenal sanggup hanya memiliki dua set pakaian.

Mendapat pencerahan saat berlibur ke Hongkong

Lucy mengaku jika pertama kali mendapat pencerahan adalah saat ia dan keluarganya berlibur ke luar negeri, tepatnya ke Hongkong. Saat itu, takdir mempertemukan Lucy dengan beberapa orang tunawisma dengan penampilan kotor, meringkuk dan dalam kondisi sakit. Sebagai orang yang terbiasa dengan kemewahan, insting Lucy mendorongnya untuk langsung melarikan diri.

Biarawati Lucy [image source]
Lucy bahkan hampir muntah saat melihat orang-orang tersebut. Namun, setelah ia meninggalkan orang-orang kurang beruntung tersebut, ada sesuatu yang membuat gerak kakinya melambat. Suatu dorongan yang seolah-olah memintanya kembali untuk melakukan sesuatu untuk orang-orang kurang beruntung itu.

Memutuskan bekerja dalam keheningan tanpa publisitas

Pada akhirnya, Maria Donna memutuskan untuk Kongregasi Misionaris Cinta Kasih dengan nama Suster Lucy Agnes. Saat itu orangtuanya jelas sangat menentang pilihan tersebut. Namun bukan berarti Suster Lucy tidak melanjutkan pilihan hatinya.

Suster Lucy Agnes berhati mulia [image source]
Bahkan, ia saat ini berada di Timor Leste untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung di sana terutama masalah kesehatan serta kemiskinan. Suster Lucy sangat bersungguh-sungguh dengan apa yang ia lakukan. Tak peduli itu akan disorot atau tidak yang penting ia bisa membantu sesamanya.

Itulah kisah inspiratif Suster Lucy Agnes, seorang tuan putri yang terlahir di salah satu keluarga paling tajir di Indonesia. Pengabdiannya yang begitu besar tersebut tentu nggak bisa dilakukan banyak orang. Dari kisah tersebut, semoga bisa menginspirasi untuk lebih peduli pada sesama terlepas dari seberapa kaya orangtua kita.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

5 Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Sukses Bikin Bule-Bule Ketagihan

Ini Nih 5 Produk yang Dulunya Hits Banget tapi Sekarang Begitu Susah Ditemui