Siapa Bilang Tinggal di Desa Membosankan? 4 Hal Ini Bisa Bikin Kalian Betah di Sana Kok!

oleh Happy
09:35 AM on Nov 12, 2015

Di jaman modern seperti saat ini, hidup di perkotaan seolah menjadi mimpi setiap orang. Selain karena kehidupan yang maju dan dekat dengan segala fasilitas mewah, kota juga dinilai sebagai tempat yang mudah untuk mencari penghasilan. Namun tak selamanya hidup di kota itu lebih baik dari desa lho!

Meskipun pemikiran banyak orang hidup di desa cukup membosankan, tapi hal itu tak selamanya benar. Ada masanya ketika kalian berpikir hidup jauh dari hingar bingar kota,  tidak lebih baik dari tinggal di desa. Tanya kenapa? 5 alasan inilah yang akan membuatmu bisa betah kalau hidup di desa!

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Pemandangan Keren Setiap Pagi

Setiap orang pasti berharap untuk bangun di pagi hari dengan keadaan tenang dan damai. Sayangnya hal semacam itu cukup sulit untuk dilakukan di kota. Dengan padatnya jumlah penduduk dan sarana perkotaan seperti gedung bertingkat, terminal hingga mall-mall besar pun menggusur keindahan alam yang awalnya berada di sana. Alhasil pemandangan indah alam terganti dengan view gedung-gedung bertingkat dan jalanan yang ramai dengan kendaraan bermotor ini. Bahkan saat kalian akan jalan pagi untuk menghirup udara segar, hanya ada polusi yang mengisi udara di lingkungan kota.

Pemandangan Keren Setiap Pagi [koleksi pribadi]
Pemandangan Keren Setiap Pagi
Sangat berbeda jika kalian tinggal di desa. Udara segar jadi suguhan gratis yang bisa kalian dapatkan setiap harinya. Pemandangan indah pematang sawah hingga pohon-pohon hijau yang menari disapu sinar matahari pun memanjakan mata kalian di pagi hari. Dijamin pemandangan indah pedesaan ini lebih bisa jadi mood booster kalian ketimbang di kota deh!

2. Ritual Pagi Penduduk lokal yang bikin ayem

Satu lagi alasan yang bisa membuat kalian betah tinggal di desa. Salah satunya dengan ritual pagi para penduduk lokal yang selalu bikin ayem! Mulai dari kegiatan para petani yang berangkat ke sawah, para peternak yang mulai mencari pakan ternak hingga para lansia yang menikmati kopi di depan teras mereka. Rasa pagi hari di desa memang lebih nikmat ketimbang di kota.

Ritual Pagi Penduduk lokal Yang bikin ayem
Ritual Pagi Penduduk lokal Yang bikin ayem [imagesource]
Lingkungan yang masih hijau serta kerukunan antar tetangga yang masih tinggi membuat pagi hari terasa lebih akrab dan hidup. Ibu-ibu yang membersihkan lingkungan rumahnya pun kerap beradu sapa dengan para tetangga dan membuat kehidupan terasa lebih menyenangkan tak individual.

3. Harga Sandang Pangan Papan Murah

Tentu saja! Jika dibandingkan dengan di kota, harga kebutuhan sehari-hari yang dijual di pedesaan jauh lebih murah. Terlebih untuk produk hasil bumi yang memang banyak ditanam di pedesaan. Seperti sayur, buah hingga lauk pauk pun terbilang cukup terjangkau ketimbang di kota. Bahkan di musim panen yang melimpah, kalian bisa mendapatkan produk sayuran dengan cuma-cuma.

Harga Sandang Pangan Papan Murah
Harga Sandang Pangan Papan Murah [imagesource]
Tak hanya pangan, harga pakaian dan tanah pun jauh lebih murah ketimbang di kota! Harga tanah bisa lebih murah karena tingkat permintaan dan peluang bisnis yang jauh lebih kecil ketimbang di kota. Karena di kota tanah bisa dipakai sebagai kantor atau gedung pertokoan, sedangkan di desa prospek untuk hal semacam itu masih belum terlalu besar.

4. Banyak Hal yang Bisa Kalian Dapatkan Secara Gratis

Yup! Itu benar! Memilih tinggal di desa maka kalian akan tersentuh dengan keramahan para penduduk yang senang berbagi. Meski tidak semuanya, namun mayoritas penduduk senang jika rumahnya dikunjungi oleh tetangga untuk sekedar bersilaturahmi. Dari sana kalian akan mendapat jamuan besar, dan bisa dipastikan pulang dengan perut kenyang!

Banyak Hal yang Bisa Kalian Dapatkan Secara Gratis
Banyak Hal yang Bisa Kalian Dapatkan Secara Gratis [imagesource]
Tak hanya soal makanan, rasa gotong royong yang masih kental dijunjung pun menjadi nilai positif yang masih ada di kehidupan desa. Salah satunya saat seseorang membangun rumah! Meski kalian telah menyewa tukang bangunan namun sebagai bentuk solidaritas akan banyak tetangga yang ikut membantu tanpa meminta imbalan uang.

Well, hidup di daerah pedesaan memang tak terlalu buruk bukan? Meski fasilitas di desa tak selengkap di kota, namun banyak nilai lebih yang membuat kehidupan desa lebih baik dari kota. Bagaimana menurutmu?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA