5 Alasan Berkebun di Rumah Bisa Menyelamatkan Bumi dan Hidupmu

oleh Tetalogi
07:00 AM on Oct 4, 2015

Sebenarnya kita semua tahu apa manfaat tanaman bagi kehidupan manusia. Mulai dari sebagai sumber oksigen, atau memanfaatkan kayunya sebagai bahan membuat rumah atau barang-barang lainnya. Tapi terkadang kita tidak bisa melihat lingkup lebih kecil atau detail dari manfaat tanaman sehingga beberapa orang merasa menanam pohon di rumah cukup merepotkan dan membiarkan urusan penghijauan pada pemerintah.

Baca Juga : 5 Ikan Peninggalan Zaman Dinosaurus yang Masih Ada Sampai Sekarang

Baca Juga
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun

Nah, agar tidak merasa kerepotan untuk menanam pohon, kita perlu tahu manfaat khusus tanaman bagi kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa alasan mengapa kita perlu menanam tanaman sendiri di rumah.

1. Udara Jadi Lebih Bersih

Tidak hanya menghasilkan oksigen, pohon juga mampu membuat udara jadi lebih bersih. Dedaunan pohon mampu menyaring udara kotor dan polusi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, pabrik, dan lain-lain. Itulah mengapa di kota sering dibuat lahan terbuka hijau. Selain untuk sarana rekreasi, sekaligus juga bisa menjadi usaha untuk mengurangi kadar polusi.

udara bersih [Image Source]
Udara bersih membuat kita lebih lega saat bernafas [Image Source]
Belakangan ini, banyak hutan kota yang mulai langka karena dipergunakan untuk bangunan lain. Tidak hanya itu saja, banyak juga kasus tentang penebangan liar atau kebakaran hutan. Hal ini tidak saja membuat pepohonan semakin sedikit, tapi dengan jumlah pohon yang semakin berkurang ini, maka udara yang kita hirup juga semakin tidak sehat. Saudara kita yang ada di Sumatera sekarang ini harus menderita karena musibah kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan di Riau yang bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Nah, daripada menunggu pemerintah menanam pohon atau bergantung pada lahan terbuka hijau yang terletak jauh dari rumah, bukankah lebih baik jika punya pohon sendiri di halaman rumah? Dengan demikian, kita juga bisa menikmati udara yang lebih bersih dan nyaman di rumah.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA