in

5 Berita Palsu yang Sempat Menggegerkan Dunia (Dan Mungkin Masih Dipercayai Sampai Hari Ini)

5. Pohon Spageti

Pada 1 April 1957, BBC Inggris memutuskan untuk ikut meramaikan April Mob. Tentu Anda sudah tahu kebiasaan di hari April Mob, di mana segala jenis tipu daya dan trik dianggap hal yang lucu dan tidak ada orang yang boleh marah karenanya. Dalam acara khusus April Mob tersebut, BBC menayangkan sebuah foto perkebunan di spageti Switzerland.

Pohon Spageti
Pohon Spageti [ImageSource]
Dalam laporannya, BBC menyiarkan bahwa di Switzerland terdapat sebuah perkebunan yang ditumbuhi oleh pohon spageti. Spageti itu tumbuh dengan sangat subur sehingga hasilnya bisa diekspor hingga Inggris. Meski berita itu disiarkan di hari April Mob, banyak sekali orang yang menganggap hal itu adalah serius dan beramai-ramai pergi ke Switzerland untuk melihat pohon spageti. Mereka merasa BBC bukanlah media yang suka bercanda. Dan akhirnya mereka harus kecewa karena pohon spageti tersebut memang hanyalah sebuah hoax.

Di era informatika seperti sekarang, info apapun bisa tersebar ke seluruh dunia dalam hitungan menit. Jika kita tidak berhati-hati dalam men-share atau membagi sesuatu di jagad maya, maka kita akan turun menjadi bagian dari sebuah kebohongan massal. Maka dari itu, hendaknya kita berhati-hati dalam menerima informasi.

Baca Juga : 4 Seleb Hollywood Dengan Kecantikan Palsu!

Selalu cek ulang info apapun yang Anda dapat. Jangan share berita atau info apapun sebelum Anda mendapatkan sumber yang valid. Ingat, info sepele yang Anda bagikan bisa menjadi bahaya bagi orang lain jika ternyata info tersebut hanyalah hoax belaka.

Written by Centralismo

Leave a Reply

5 Jajanan Serba Aci Khas Bandung yang Ngetrend Sepanjang Masa

Serem! Kaki Wanita ini Nyaris Meledak Setelah Berjalan 10 Kilometer!