5 Berita Hoax tentang Islam yang Sering Dishare (Dan Banyak yang Percaya)

oleh Norman Duarte
10:00 AM on Jun 21, 2015

Tahu kan apa artinya Hoax? Hoax berarti berita bohong yang sengaja dibuat untuk menutupi berita sebenarnya, atau cuma buat seru-seruan, bahkan buat kepentingan tertentu. Yang menarik, berita hoax ini selalu mencantumkan sumber, foto, komentar ahli dan lain-lain. Kalau orang nggak jeli dan teliti, maka bisa jadi percaya banget. Trus ngeshare dengan penuh semangat, kadang-kadang pake kata “subhanallah”, atau “Alhamdulillah”, atau apa aja lah.

Yang lucu, ketika ia didebat bahwa berita itu cuma bohong, ia malah balik menuduh juga. Malah kadang berapi-api, mungkin karena membela diri kali ya, soalnya udah ketahuan salah. Tapi sudahlah, mengenai hal itu kita bahas lain waktu. Kali ini redaksi Boombastis akan membahas tentang berita-berita hoax yang paling sering dishare muslim

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Pastinya muslim ngeshare ini karena senang, bahagia dan bangga atas kebenaran agamanya. Tapi lupa untuk cek dan ricek, seperti yang diajarkan oleh Al-Quran “Wahai orang yang beriman! Jika datang kepada kamu orang fasik membawa suatu berita, maka selidikilah, agar kamu tidak menimpakan (musibah) kepada suatu kaum tanpa mengetahui, maka jadilah kamu menyesal atas perbuatan kamu itu.” (QS Al-Hujurat 49:6).

1. Hoax Tentang Orang Terkenal yang Masuk Islam

Banyak banget kan berita kayak gini? Paris Hilton masuk Islam, Angelina Jolie masuk Islam, Jacky Chan masuk Islam, dll. Emang sih ada beberapa artis yang jadi mualaf, tapi ya gak semua yang diberitakan itu benar.

Hoax Tentang Orang Terkenal yang Masuk Islam
Hoax Tentang Orang Terkenal yang Masuk Islam [ImageSource]
Cuma karena Paris Hilton dan Angelina Jolie pake kerudung terus ada berita dia masuk Islam, trus kita dengan semangat membara pantang mundur ngeshare beritanya sambil bertasbih dan bertahmid, tanpa ngecek dulu beritanya. Setelah ketahuan berita bo’ongan, trus kita hapus secara diam-diam, hihihi. Berita kayak gini banyak loh. Ada yang bilang Wong Fei Hung itu muslim, alien itu muslim, Napoleon itu muslim dan sebagainya.

2. Hoax Tentang Science

Ada lagi berita-berita hoax tentang science (ilmu pengetahuan) yang dibuat seolah-olah sesuai dengan apa yang tercantum di dalam Islam. Tercatat ada beberapa berita hoax “islami” yang sering dishare orang.

Hoax Tentang Science
Hoax Tentang Science [ImageSource]
Antara lain tentang alam semesta yang berbentuk terompet, Mekah yang terlihat dari bulan sehingga membuat astronotnya masuk Islam, bekas belahan bulan, dan masih banyak lagi. Jika dilihat sekilas, berita-berita ini seolah-olah benar. Tetapi kalo diselidiki lebih jauh, berita kayak gini ketauan bo’ongnya. Gimana cara ngeceknya? Gampang, pake Google aja.

3. Hoax Tentang Bahan Makanan

Muslim sangat memperhatikan halal dan haramnya sebuah makanan. Karena itu, kalo ada indikasi sebuah makanan haram, pasti udah dijauhi. Hal kayak gini rupanya berdampak juga pada persaingan bisnis. Banyak orang yang bikin fitnah terhadap suatu produk makanan atau minuman.

Hoax Tentang Bahan Makanann

Di jaman dulu, banyak fitnah bahwa penjual bakso A menggunakan kain kafan mayat buat pelaris. Atau tukang soto B nyelupin celana kolor biar masakannya lebih enak. Berita kayak gini gak jelas asal muasalnya, jarang ada bukti dan tujuannya untuk menjatuhkan pesaing bisnis.

Naaah, hal kayak gini juga terjadi di produk-produk modern, kayak makanan instan atau minuman instant. Bahwa produk A menggunakan pemanis buatan yang mengandung babi lah, mengandung ini lah, itu lah. Semua disembunyikan dengan kode-kode khusus bahan makanan kayak E100, E200, bla bla bla.

Jika mau sedikit pintar dan ngeklik sana sini, kita akan tahu kalo kode-kode itu gak pasti mengandung babi. Memang harus diakui ada pula yang mengandung babi, atau mengandung bahan yang diharamkan. Tapi tidak semua. Be clever aja deh. Cari tau bener-bener.

4. Hoax Tentang Pembantaian Umat Islam

Kata Rasulallah SAW, umat Islam itu satu tubuh, jika yang satu sakit yang lain ikut merasakan, sebuah hadits yang indah tentang persaudaran sesama muslim. Tapi keindahan ini sering disalahgunakan untuk menyebar fitnah dan mengadu domba.

Hoax Tentang Pembantaian Umat Islam
Hoax Tentang Pembantaian Umat Islam [ImageSource]
Banyak foto editan yang menggambarkan kebiadaban non muslim terhadap muslim. Disertai tulisan-tulisan mengharu biru. Bahkan ada pula yang mengajak muslim bersatu padu menyerang non muslim. Baru-baru ini kasus foto editan Rohingya sempat ramai. Malah ada pula yang bikin status ngajak muslim nyerang Borobudur. Duh, ada ada saja.

5. Hoax Fenomena Alam

Penemuan-penemuan artifak tentang kapal nabi nuh, tentang tengkorak raksasa ada caption ayat-ayat Al-Quran atau hadits, trus kita percaya, kemudian kita share. Trus kita diketawain orang karena ternyata itu foto editan. Atau itu gambar gak ada hubungannya sama sekali dengan berita yang dibuat. Ih malu….

Hoax Fenomena Alam
Hoax Fenomena Alam [ImageSource]
Nah, itulah macam-macam berita hoax yang sering dishare oleh kita, umat Islam. Mungkin karena senang, karena kagum, karena suka. Tapi karena kita kurang hati-hati eh malah menanggung malu, atau menanggung dosa.

Sebenarnya apa sih tujuan berita hoax semacam ini? Banyak. Ada yang cuma pengen dapat pembaca yang banyak di blog atau situsnya. Ada yang dibuat demi persaingan bisnis. Ada pula yang dibuat hanya untuk menyebarkan berita bohong. Semakin banyak berita bohong akan membuat kita tak bisa membedakan lagi mana yang benar dan mana yang salah. Ada juga yang sengaja dibuat untuk mengadu umat Islam dan non-islam. Dan yang terakhir, ada berita yang dibuat oleh muslim sendiri. Untuk apa? Entahlah. Di Al-Quran juga ada membahas tentang hal ini:

“Sesungguhnya orang-orang yang membawa kabar bohong adalah dari golongan KAMU juga. Janganlah kamu kira berita bohong itu buruk bagi kamu, bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya, dan barangsiapa diantara mereka yang mengambil bagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu, baginya adzab yang besar”. [An Nur : 11].

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA