Berat Badan Naik Saat Puasa? Mungkin Kamu Kurang Memperhatikan Beberapa Hal Ini

oleh Rahma Muliani
03:00 AM on Jun 26, 2015

Selama kita berpuasa, waktu kita makan menjadi berkurang. Biasanya kita makan tiga kali sehari, saat bulan Ramadan kita hanya makan sebanyak dua kali sehari, yakni saat sahur dan berbuka puasa. Seharusnya, dengan begitu berat badan kita bisa menjadi turun bukan?

Akan tetapi yang sering terjadi, justru adalah kebalikannya. Berat badan meningkat begitu drastis saat berpuasa, terlebih saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Jika hal ini terjadi padamu, mungkin kamu kurang memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Saat Sahur

Sahur adalah modal kita agar bisa bertahan puasa hingga waktu Maghrib tiba. Maka dari itu, menu yang kita pilih haruslah yang mengandung karbohidrat tinggi. Seperti yang kita tahu, karbohidrat adalah sumber tenaga. Jadi saat berpuasa nanti, tubuh kita tidak lemas.

Makan Sahur Dengan Benar
Makan Sahur Dengan Benar [ImageSource]
Selain itu, kita juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti daging ayam, telur ataupun ikan. Makanan yang kaya akan vitamin dan serat juga diperlukan oleh tubuh. Tambahkan dengan mengkonsumsi multivitamin kalau perlu.

2. Saat Siang Hari

Tidur saat berpuasa memang sebuah ibadah. Tapi jangan terlalu banyak tidur, karena bukan pahala yang akan kita dapat tapi justru puasa kita akan batal. Saat puasa memang tubuh kita akan terasa lemas, jadi kita akan malas untuk melakukan aktifitas seperti biasa.

Jangan Tidur Sepanjang Hari
Jangan Tidur Sepanjang Hari [ImageSource]
Kurangnya bergerak bisa menurunkan kebutuhan energi dalam tubuh kita. Maka dari itu, lakukanlah aktifitas seperti biasanya . Jika kamu memperhatikan porsi makan sahurmu dengan benar, tidak usah khawatir akan kelelahan saat melakukan aktifitas. Tapi jangan melakukan aktifitas yang terlalu berat juga yaa.

3. Saat Berbuka

Saat berbuka tiba, jangan jadikan saat itu sebagai moment pembalasan. Kita tentu akan lapar mata saat melihat berbagai macam makanan ada di meja makan. Tetaplah kontrol porsi makanmu saat berbuka. Dahulukan dengan segelas air putih kemudian dilanjutkan dengan makanan manis, seperti takjil contohnya.

Jangan Lapar Mata
Jangan Lapar Mata [ImageSource]
Beri jeda perutmu setelah menyantap takjil dan sebelum kamu menyantap makan besar. Mungkin kamu bisa melaksanakan ibadah Shalat Maghrib terlebih dahulu, barulah kemudian menyantap makanan besar. Jadi lambungmu tidak bekerja terlalu keras.

4. Kurang Olahraga

Meski sulit dilakukan, namun kenyataannya berolahraga dalam keadaan berpuasa juga mempunyai banyak manfaat. Berolahraga saat perut kosong bisa membantu mempercepat pembakaran lemak, mempercepat pembentukan otot, dan meningkatkan kepadatan tulang.

Tetap Berolahraga
Tetap Berolahraga [ImageSource]
Tapi jangan melakukannya terlalu sering. Jika biasanya kita berolahraga seminggu 5 kali, saat berpuasa bisa dilakukan seminggu sebanyak 2-3 kali. Usahakan jangan berolahraga terlalu lama, 1 jam sudah cukup. Untuk waktunya, dua atau satu jam sebelum adzan Mahgrib bisa menjadi pilihan yang tepat.

Itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu tidak ingin berat badanmu naik saat berpuasa. Pada intinya, kita harus menjaga porsi makan kita. Jangan tergoda dengan penampilan-penampilan makanan yang  menggugah selera dan jangan lupa untuk tetap bergerak. Jangan malas yaa, walau sedang berpuasa. Semangat…

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA