in

Awas, Beras Plastik Mulai Masuk Indonesia

Makanan palsu memang bukan lagi sebuah kabar angin belaka, hal ini memang benar-benar terjadi bahkan di Indonesia. Baru-baru ini ditemukan sebuah beras yang memiliki kualitas yang tidak seperti biasanya. Diduga beras ini dibuat dengan menggunakan bahan sintetis, karena memang dari segi bentuk hingga rasanya memang lebih seperti plastik.

Faktanya makanan palsu sendiri memiliki banyak jenis, mulai dari beras hingga telur palsu yang sebelumnya marak ditemukan di China. Sebuah fakta yang mengkhawatirkan karena produk-produk ini mulai masuk ke Indonesia. Penasaran dengan fenomena beras plastik ini? Berikut ini informasi selengkapnya agar beras plastik tidak ikutan masuk ke perut Anda.

1. Asal-Usul Beras Plastik

Praktek penipuan dengan memproduksi barang palsu sudah sangat meresahkan saja. Bukan hanya produk Industri yang dipalsukan, tapi sekarang bahan makanan seperti beras juga dipalsukan. Beras dari bahan plastik tersebut saat ini banyak ditemukan di beberapa pasar daerah Bekasi, Jawa Barat.

Asal usul beras palsu
Asal usul beras palsu [imagesource]
Sebelumnya kasus pembuatan beras palsu ini terungkap di Pecinan Taiyuan, Provinsi Shaanxi, China, tahun 2011 silam. Diduga beras palsu yang beredar di Indonesia juga berasal dari negara ini.

2. Pengakuan Dewi Setiani

Media sosial baru-baru ini telah dihebohkan dengan pengakuan Dewi Setiani di akun Instagramnya. Wanita yang kesehariannya berprofesi sebagai pedagang nasi uduk ini mengungkapkan rasa kekesalannya, karena telah membeli beras plastik dari sebuah pasar di Bekasi.

Pengakuan Dewi Setiani
Pengakuan Dewi Setiani [imagesource]
Kecurigaannya bermula saat ia memasak beras tersebut. Tapi ternyata, setalah matang rasanya berbeda dari biasanya. Bahkan Dewi memasaknya sampai dua kali untuk memastikannya, tapi rasanya tetap aneh dan terasa seperti plastik.

3. Tanggapan Media Sosial Terkait Kasus Ini

Kejadian menggegerkan karena beras palsu ini tak hanya terlihat dari pengakuan Dewi Setiani saja, tapi juga dari sebuah video tentang cara pembuatan beras palsu yang beredar luas di media sosial.

Komentar Para Netizen
Komentar Para Netizen [imagesource]
Tak ayal para netizenpun dibuat heboh dengan berita ini, mereka mengungkapakan rasa kekhawatirannya. Karena memang beras sentetis yang terbuat dari ari kentang dan getah resin sintetis ini, telah beredar di berbagai tempat bahkan kini telah memasuki pasar lokal.

Bagi negara Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya mengonsumsi beras, tentunya hal ini menjadi momok yang menakutkan. Bayangkan bila beras ini tertelan oleh manusia, bisa-bisa menjadi penyakit yang membahayakan nyawa.

4. YLKI Angkat bicara

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), tak tinggal diam dengan beredarnya kabar meresahkan tentang beras palsu ini. Pihaknya menjelaskan bahwa belum ada pengaduan resmi terkait ditemukannya beras yang membahayakan kesehatan ini.

YLKI angkat bicara
YLKI angkat bicara [imagesource]
Tapi walaupun begitu, di harapkan semua pihak dapat lebih berhati-hati, karena beras plastik mulai menjamahi pasar lokal di Indonesia. Jangan sampai masuk juga ke perut kita.

Jumlah penduduk Indonesia yang banyak menyebabkan negeri ini harus mengimpor bahan makanan dari negara lain seperti China, karena memang produksi dalam negeri belum cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tapi sayang, hal itu justru dijadikan kesempatan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal yang merugikan konsumen dengan cara menjual beras palsu.

Jika sudah demikan, maka konsumen sendirilah yang harus lebih berhati-dan waspada dengan produk palsu seperti ini. Jangan sampai kita membahayakan kesehatan dengan mengkonsumsinya.

Written by Febri

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Pahlawan Kebangkitan Nasional Yang Hampir Terlupakan

Jenis-Jenis Cewek Yang Bikin Kamu Jatuh Miskin Jika Menikahinya