Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh

Bukan hal yang aneh kalau banyak bendera yang sering pakai corak merah putih

oleh Arief Dian
14:00 PM on Aug 22, 2017

Sadar atau tidak, kalau dilihat-lihat ada kemiripan mengenai bendera Indonesia dengan beberapa negara di dunia. Misalnya saja pada Singapura ataupun beberapa organisasi politik di Malaysia yang juga menggunakan warna merah putih sebagai lambangnya. Entah itu sebuah kebetulan atau memang ada sejarahnya, tidak ada yang tahu pasti.

Masih soal lambang negara, rupanya ada teori yang mengatakan kalau beberapa negara di Asia tenggara memang sengaja mengadopsinya dari Majapahit. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak keserupaan pada lambang negaranya. Lalu bagaimana hal itu bisa terjadi? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Mengenal Djonie Liem, Veteran Indonesia yang Bisa Menembakkan Jarum dari Mulutnya
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!

Dimulai dari panji-panji asal Majapahit

Percaya atau tidak, rupanya beberapa negara di Asia bahkan di Eropa ternyata terinspirasi oleh umbul-umbul yang selalu dikibarkan oleh kerajaan Majapahit dulu. Ya, dilansir dari travelwithlulu, beberapa ahli dan penulis pun ternyata juga menyepakati teori tersebut.

Majapahit dan Umbul-umbulnya

Itu bukan hal yang aneh pasalnya memang pada masa sebelum penjajahan, Majapahit adalah satu-satunya kerajaan yang mempunyai ekspansi paling luas di daratan Asia. Jadi wajar saja kalau bendera dengan corak merah putih jadi identik dengan negara tetangga terutama di Asia tenggara. Bisa dibilang kalau kerajaan Majapahit memberikan sumbangsih besar dalam penciptaan lambang negara terutama Indonesia.

Menginspirasi para kompeni yang datang ke Nusantara

Ternyata keberadaan Majapahit juga mempengaruhi lambang para kompeni yang datang ke nusantara. Buktinya percampuran antara bendera inggris “Union Jack” dengan umbul-umbul asli Majapahit.Alhasil terciptalah bendera Hindia Timur Inggris yang sebagai simbol satu-satunya kongsi dagang yang ada di Asia waktu itu.

Kongsi dagang Hindia timur Inggris

Namun demikian, sepertinya ada kemeripan dalam bendera ini dengan milik Amerika dan Malaysia. Entah sebuah kebetulan atau terinspirasi dari sana, namun kedua negara itu hanya mengganti inti biru yang ada pada pojok bendera kompeni inggris dengan lambang negara mereka. Tetapi kalau dilihat dari tahun pertama di buat sih, memang duluan bendera kompeni Inggris Hindia Timur.

Beberapa negara Asia Tenggara juga memiliki kemiripan

Tidak hanya pihak kompeni Hindia Timur Inggris, bahkan beberapa negara lain di Asia Tenggara juga memilikinya. Kita pasti tahu mengenai lambang negara Singapura yang sangat mirip dengan Indonesia. Ya, rupanya lambang merah putih dari beberapa negara tersebut juga terinspirasi dari umbul-umbul yang ada di Majapahit.

Singapura dan benderanya

Tidak hanya itu, beberapa organisasi politik yang ada di Malaysia pun juga menggunakan merah putih yang identik sebagai lambang Majapahit pada masanya. Ini bukti kalau simbol merah dan putih sebagai identitas negara rupanya memang sudah sangat akrab bagi orang yang ada di Asia.

Digunakan oleh Indonesia

Dan terakhir kita, tidak lain dan tidak bukan, lambang merah putih ini digunakan oleh rakyat Indonesia. Ya setelah masa kerajaan berakhir, lambang merah putih rupanya menjadi terkenal lagi saat pangeran Diponegoro menggunakan panji-panji serupa untuk melawan Belanda. Akhir sejak saat itu, bendera tersebut juga menjadi simbol para pejuang di era selanjutnya dalam merebut kemerdekaan.

Pangeran Diponegoro Merah Putih

Namun ada pula yang mengatakan keberadaan merah putih ini juga dipengaruhi oleh Belanda. Ya, pada masa penjajahan, banyak pejuang yang merobek warna biru pada bendera Belanda, karena bagi mereka itu adalah simbol dari kaum-kaum bangsawan kaya penjajah, seperti saat di hotel Yamato. Akhirnya semua dikembalikan pada pembaca mau lebih condong pada teori yang mana, namun yang pasti merah putih adalah simbol sakral bagi Indonesia.

Ya, sekali lagi itu semua hanya sebuah teori yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Mengenai keakuratannya tidak bisa dipastikan seratus persen.Ya, masalahnya kita tidak hidup langsung pada zaman tersebut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit!
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA