5 Negara ini Adalah Pemilik Bendera Nasional Paling Keren di Dunia

oleh Rizal
08:48 AM on Mar 12, 2016

Eksistensi bendera nasional bagi sebuah negara adalah hal yang penting. Tak hanya sebagai identitas, tapi juga mengandung falsafah yang dikaitkan dengan negara pemiliknya. Misalnya bendara merah putih kita, ini adalah lambang dari sikap bangsa Indonesia yang berani, namun juga berhati bersih. Negara-negara lain pun sama. Di benderanya tersemat ideologi, falsafah, dan hal-hal lainnya.

Fakta tentang bendera negara, sangat jarang kita menemui desain yang sama. Mungkin hanya Indonesia dan Monaco yang identik. Selebihnya, hampir tidak ada negara yang benderanya serupa dengan yang lain. Selain itu, uniknya bendera-bendera ini tidak melulu kombinasi bentuk dan warna saja, tapi juga ada lambang-lambang khusus yang keren.

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

Nah, beberapa waktu lalu situs Ranker membuat sebuah vote tentang bendera paling keren di dunia, dan hasilnya sangat mencengangkan. Apakah Indonesia masuk dalam daftar ini? Cari tahu sendiri lewat ulasan berikut.

1. Albania, Gagahnya Bendera Sang Elang Hitam

Ketika mayoritas negara di dunia membuat bendera mereka dengan bentuk yang sederhana. Albania berani tampil beda dengan menyematkan bentuk yang bisa dibilang sangat berani dan tidak umum. Tengok sendiri bagaimana mereka menyematkan elang hitam berkepala dua di sebuah latar berwarna merah. Hasilnya sangat keren.

Bendera Albania [Image Source]
Bendera Albania [Image Source]
Bendera ini konon sudah dipakai Albania sejak beberapa abad lalu, namun baru benar-benar diresmikan pada tanggal 7 April 1992. Alasan kenapa Albania memakai bendera yang seperti ini, konon diilhami dari panji perang yang dipakai pejuang kemerdekaan mereka yang bernama Kastriot Skanderbeg.

2. Nepal, Benderanya Benar-Benar Anti Mainstream

Seunik-uniknya bendera di dunia, mereka takkan pernah seberani Nepal soal desain. Ya, ketika semua bendera di dunia berbentuk persegi, Nepal malah pakai bentuk segitiga sama kaki yang ditumpuk. Benar-benar anti mainstream.

Bendera Nepal [Image Source]
Bendera Nepal [Image Source]
Tak hanya bentuknya yang unik, kombinasi warnanya juga sangat keren. Warna dasar merah dengan outline biru yang cantik. Menurut filosofinya, bendera ini melambangkan perdamaian. Kalau dilihat dari sejarahnya, bendera ini merupakan peninggalan dari Dinasti Rana, kerajaan penguasa Nepal di masa lalu.

3. Bendera Britania, Paling Terkenal di Dunia

Tidak ada bendera di dunia yang lebih populer dari bendera Britania atau Union Jack. Ya, bendera ini kerap dipakai sebagai ornamen-ornamen banyak benda, mulai dari gitar, desain baju, sampai celana. Memang, bentuknya yang keren membuatnya pantas untuk dijadikan pemanis tampilan.

Bendera Britania [Image Source]
Bendera Britania [Image Source]
Kalau dilihat dari sejarahnya, bendera ini dipakai pertama kali dalam peristiwa bersatunya Irlandia dan Britania Utara di tahun 1800an. Tidak banyak yang tahu apa maksud sebenarnya dari desain bendera ini. Namun, yang jelas, bendera ini mengandung unsur cross alias salib (salib merah di atas salib putih), lalu dikombinasi dengan bagian ujung-ujungnya yang sama. Latar belakang bendera ini bukanlah putih, melainkan biru.

4. Bendera Brasil, Unik dan Sangat Keren

Meskipun terlihat simple, namun bendera Brasil sebenarnya menyimpan suatu kesukaran yang tidak biasa. Latarnya hijau, dipadu dengan bentuk jajar genjang kuning di bagian tengah, lalu ditambah dengan lingkaran plus tulisan lengkung di bagian 3/4-nya. Tak cukup sampai situ, ada juga bintang-bintang yang peletakannya bertaburan tapi tidak ngawur. Terlihat gampang, tapi susah.

Bendera Brazil [Image Source]
Bendera Brazil [Image Source]
Tak sekedar rumit, bendera Brazil juga menyimpan filosofinya sendiri. Di bagian tengah lingkarannya terdapat tulisan, “Ordem e Progresso” yang artinya Keteraturan dan Kemajuan. Tentang sejarahnya, bendera ini sudah dipakai sejak tahun 1889 dan didesain oleh tokoh terkenal Brasil bernama Raimundo Teixeira Mendes.

5. Bhutan, Bendera Paling Nyentrik tapi Sangar

Albania boleh jumawa dengan bendera elang hitamnya. Tapi, kalau soal hewan ganas yang nampak di bendera, maka tak ada yang lebih hebat dari Bhutan. Ya, negara ini memajang naga, atau lebih tepatnya naga halilintar di benderanya. Ditambah latar warna kuning dan merah yang disusun diagonal, membuat bendera Bhutan makin keren luar biasa.

Bendera Bhutan [Image Source]
Bendera Bhutan [Image Source]
Bhutan tentu saja tidak asal-asalan dalam membuat bendera sangar ini. Semuanya ada maknanya. Gambar naga petir menggambarkan wilayah bergunung-gunung Nepal yang sering diterpa petir. Lalu permata di empat kaki naga menggambarkan tentang kesempurnaan. Warna merah adalah simbol kerajaan di mana Bhutan sampai sekarang adalah negara berbentuk kerajaan. Kemudian warna kuning melambangkan Buddha.

Inilah desain bendera paling nyentrik namun keren luar biasa. Terlepas dari desain-desainnya yang unik, tetap saja bendera Merah Putih adalah yang terbaik. Jangan permasalahkan desainnya yang simple, tapi lihat perjuangan berdarah para pendahulu kita yang membuat bendera ini bisa berkibar hingga sekarang.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA