Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Sedih! Kemarin dilecehkan negara tetangga, sekarang dilecehkan pemuda dari bangsa Indonesia sendiri

oleh Nikmatus Solikha
12:06 PM on Aug 22, 2017

Insiden bendera terbalik dalam buku SEA Games 2017 yang dihelat di Malaysia memang sukses menyakiti hati jutaan masyarakat Indonesia. Akibatnya, Negeri Jiran harus terima amukan netizen Indonesia yang ramai-ramai menyerang dengan tagar #ShameOnYouMalaysia. Tak hanya itu, bahkan sudah ratusan website Malaysia yang dibantai oleh para hacker Indonesia yang merasa dilecehkan. Hampir semua masyarakat menunjukkan kekesalannya.

Namun ada juga yang menanggapi persoalan bendera terbalik tersebut dengan cara tak biasa. Sebut saja netizen bernama akun @zay_sabilu**in19. Bisa dibilang, apa yang dilakukan Zay dan teman-temannya terlampau ngawur. Pasalnya, mereka membentangkan bendera negeri sendiri dengan posisi terbalik, lantas memposting foto tersebut di instagram. Kelakuan demikian tentu membuat seisi Indonesia merasa disakiti anak bangsa sendiri.

Baca Juga
Mengenal Djonie Liem, Veteran Indonesia yang Bisa Menembakkan Jarum dari Mulutnya
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!

Diserbu amukan netizen Indonesia

Kemarin netizen Indonesia telah berbondong-bondong melancarkan protes pada negeri tetangga. Bagaimana tidak? Kelakuan Malaysia yang cari gara-gara memang bukan kali ini saja. Terlampau sering. Menpora Malaysia sendiri sudah melakukan konferensi pers atas kekhilafan mereka dalam pembuatan buku panduan SEA Games. Namun hal itu belum membuat emosi masyarakat Indonesia mereda.

Foto heboh bendera dibalik [image source]
Parahnya, belum selesai urusan bendera terbalik dengan Negeri Jiran, Indonesia kembali digegerkan dengan sekumpulan remaja yang membentangkan bendera Indonesia dengan posisi terbalik. Tak sampai di sana, mereka juga menguploadnya ke Instagram lengkap dengan caption “Terbalik kayak seagames malaysia”. Postingan tersebut mendadak viral, setelah posting ulang oleh akun gosip @thenewbikingeregetan. Walhasil, bisa dibayangkan bagaimana hasilnya. Akun @zay_sabilu**in19 dibantai dengan kecaman warganet yang tak terima lambang negaranya dilecehkan. Sebagian besar mengatakan jika mereka sangat sedih melihat foto tersebut.

Sukses cari sensasi

Remaja zaman sekarang memang punya hobi cari sensasi. Tiap hari, ada saja unggahan netizen yang jadi viral karena kelakuan nggak wajar. Mulai dari remaja cowok yang pamer linangan airmata karena putus cinta, sampai cewek yang rela menunjukkan foto ukiran nadi yang disilet. Kelakuan tersebut mungkin membuat mereka mendadak terkenal, meski lebih banyak yang menertawakan kelakuan bodohnya.

Postingan foto Zay [image source]
Namun kali ini, apa yang dilakukan Zay dan kawan-kawan memang sudah di luar batas. Nyaris semua netizen mengindikasi jika tindakan tersebut dilakukan demi mencari sensasi atau mendapatkan banyak follower. Apapun itu, tapi bukankah fatal namanya kalau sampai melibatkan lambang negara?

Ketakutan dan buru-buru minta maaf

Mungkin kita sudah kerap melihat kasus, di mana pelecehan atau penghinaan terhadap seorang tokoh penting Indonesia bisa berakhir dengan cidukan polisi. Lebih-lebih, kasus kali ini bukan hanya figur, melainkan lambang negara. Setelah mendapat bantaian warganet, tampaknya mereka menyadari apa yang telah dilakukan memang sangat berbahaya. Kabar terbarunya, Zay langsung ambil tindakan dengan menghapus semua postingan foto termasuk bentangan bendera terbalik. Sebagai gantinya, mereka membuat dua video berisikan permintaan maaf yang ditujukan untuk semua masyarakat Indonesia.

Video pertama yang diunggah khusus dari pemilik akun @zay_sabilu**in19, ia mengaku sangat menyesal dengan kelakuannya yang telah mencemarkan nama baik sekolah, orangtua dan negara sendiri. Sementara video kedua, ia buat bersama teman-temannya mengaku tidak bermaksud untuk menjelek-jelekkan lambang negara sendiri. Mereka juga mengatakan jika netizen Indonesia salah menangkap maksud dari foto tersebut. Namun karena terlajur membuat seluruh Indonesia tidak berkenan, Zay tetap mengucapkan maafnya yang sebesar-besarnya. Mereka juga menutup kolom komentar di akun mereka untuk menghindari hujatan warganet yang masih uring-uringan.

Kalau nggak bisa bikin bangga, harusnya jangan bikin malu negara!

Permintaan maaf yang diungkapkan Zay dan kawan-kawan nyatanya tak serta merta memebuat emosi netizen surut. Dari video yang direpost oleh thenewbikin geregetan, para netizen bisa menumpahkan uneg-unegnya. Hampir semua masih memaki-maki atas kelakuan pemuda bangsa yang justru menunjukkan kebodohannya dengan mengolok bendera sendiri.

Bahkan ada yang khawatir jika foto tersebut sampai dilihat oleh negeri tetangga, sungguh kelakuan yang memalukan. Hingga saat ini, video permintaan maaf tersebut sudah disaksikan lebih dari 50 ribu kali. Bahkan, seorang warganet bernama Hardy secara khusus menuliskan kekecewaannya dalam website. Dalam postingan tersebut, Hardy berharap pada setiap pemuda Indonesia, jika masih belum bisa bikin bangsa bangga, janganlah membuat negara Indonesia malu.

Kasus satu ini bukan lagi menciderai perasaan masyarakat Indonesia, namun juga memalukan bangsa. Mungkin remaja zaman sekarang butuh belajar pada Thailand, bagaimana negara tersebut begitu menghargai lambang negara mereka.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit!
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA