7 Benda Biasa yang Mahalnya Minta Ampun, Bikin Kita Geleng Kepala

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Aug 9, 2015

Coba bandingkan harga nasi goreng yang dijual di pinggir jalan dan yang dijual di pusat perbelanjaan besar. Katakan dengan 10.000 Rupiah kita bisa mendapat nasi goreng plus teh manis di pinggiran jalan, di pusat perbelanjaan harga itu bisa meningkat 3-4 kali lipat. Kita sering menyebutnya nasi goreng versi mahal.

Di dunia ini ternyata banyak sekali bermunculan benda versi mahal dari hal yang sebenarnya bisa kita miliki dengan mudah. Misal toilet, topi, hingga tempat tidur. Langsung saja, inilah tujuh benda versi super mahal yang bisa bikin kita geleng kepala!

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Kasur yang Bisa Melayang ($ 1,6 Juta)

Kasur adalah hal yang paling kita rindukan usai bekerja dari pagi hingga malam. Kasur adalah tempat kita melepas lelah hingga mimpi indah. Itulah mengapa kasur menjadi hal wajib yang harus ada di setiap rumah. Mau jenis kasur kapas, kasur springbed, hingga kasur gulung tak masalah. Lalu bagaimana dengan kasur seharga 1,6 juta Dollar? What?

Kasur yang Bisa Melayang ($ 1,6 Juta) [image source]
Kasur yang Bisa Melayang ($ 1,6 Juta) [image source]
Ya, anda tidak salah dengar. Seorang arsitek bernama Janjaap Ruissenaars membuat kasur super mahal ini dengan desain yang sangat futuristik. Kasur ini melayang di atas lantai setinggi 40 cm. Di setiap pinggiran kasur terdapat plat besi yang terpancang di pojokan ruangan. Kasur ini mampu menahan beban mencapai 1 ton. Artinya bisa dinaiki sekitar 10-15 orang. Hmm, hanya orang kelebihan uang yang akan beli kasur mahal ini!

2. Penyangga iPod Tertinggi di Dunia ($ 560 ribu)

Jika anda memiliki iPod atau perangkat musik lain, barangkali penyangga (dock) sangat dibutuhkan. Dengan begitu anda bisa mendengarkan musik dengan kualitas yang lebih baik. Terlebih jika dock milik anda memiliki speaker yang hebat. Seperti dock yang akan membuat anda harus mencari tangga untuk meletakkan perangkat musik itu di atas. Dock itu bernama AeroDream.

Penyangga iPod Tertinggi di Dunia ($ 560 ribu) [image source]
Penyangga iPod Tertinggi di Dunia ($ 560 ribu) [image source]
Dock dengan desain sangat mewah ini memiliki tinggi mencapai 3,5 meter. Pertama kali diperkenalkan tahun 2011, alat ini telah menyita banyak perhatian. Orang berduit tebal rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan kualitas suara menggelegar dan memenuhi ruangan rumahnya. Anda tertarik membelinya?

3. Topi Pria yang Dikerjakan Manual Selama Tiga Bulan ($ 25 ribu)

Bagi beberapa pria, penampilan adalah hal penting yang mampu menunjang hidupnya. Mereka rela menyisihkan beberapa uang untuk membeli topi yang memiliki desain bagus. Hal inilah yang dilirik sebuah perusahaan bernama Panama Hat. Perusahaan ini rela menyewa seniman untuk membuat sebuah topi manual dari benang dan merangkainya secara perlahan selama tiga bulan.

Topi Pria yang Dikerjakan Manual Selama Tiga Bulan ($ 25 ribu) [image source]
Topi Pria yang Dikerjakan Manual Selama Tiga Bulan ($ 25 ribu) [image source]
Akhirnya topi ini harus rela dibanderol dengan harga mencapai 25 ribu Dollar atau setara 330 juta rupiah. Sebuah topi yang bisa kita gunakan untuk membeli 2-3 mobil. Bagi orang kaya mungkin hal semacam itu biasa, tapi bagi kita hal semacam ini seperti sebuah ironi. Dengan harga semahal itu kita bisa membeli apa saja, bahkan rumah yang bisa melindungi kita dari sengatan panas dan hujan.

4. Toilet Neorest 700H ($ 6.500)

Apa yang ada di pikiran anda jika benda seharga 85 juta rupiah justru kita duduki di toilet. Benda dengan harga fantastis justru kita gunakan sebagai tempat membuang kotoran. Miris! Dengan uang sebanyak itu kita bisa membeli banyak hal, bahkan mencicil rumah. Bahkan lengkap dengan toiletnya, bila perlu langsung dipasang 3 toilet sekaligus.

Toilet Neorest 700H ($ 6.500) [image source]
Toilet Neorest 700H ($ 6.500) [image source]
Toilet Neorest 700H hadir bagi mereka yang membutuhkan kenyamanan di toilet. Perusahaan spesialis toilet, TOTO, membuatnya khusus bagi mereka yang rela merogoh kocek dalam-dalam. Toilet ini dibuat dengan desain yang sangat unik. Terdapat pewangi, tempat duduk super nyaman, dan lampu malam. Pihak perusahaan menjamin jika anda akan betah berlama-lama di toilet karena kenyamanannya melebihi yang anda bayangkan. Well!

5. Kursi Kantor Ergonomik ($ 2.495)

Kursi yang nyaman akan mendukung kita bekerja dengan sangat baik. Kenyamanan kursi yang kita gunakan di kantor akan menghilangkan segala penat dan mencegah serangan capek seperti nyeri di punggung. Karena kita duduk tidak hanya sejam dua jam, bisa delapan jam lebih dari pagi hingga sore, bahkan malam jika lembur.

Kursi Kantor Ergonomik ($ 2.495) [image source]
Kursi Kantor Ergonomik ($ 2.495) [image source]

Sebuah perusahaan bernama Xten Ergonomic menjawab permasalahan ini. Mereka membuat sebuah kursi dengan desain yang ergonomik. Orang yang memakai kursi ini akan dijamin kenyamanannya. Perusahaan ini mengatakan jika kursi ini nyaris sama dengan kursi yang ada di mobil Ferrari. Hal ini menyebabkan harganya melambung hingga nyaris mencapai 30 juta rupiah.

6. Sabun dari Minyak Zaitun ($ 817)

Berapa harga sabun paling mahal yang pernah anda beli selam ini? Seratus ribu? Satu juta? Jika anda ditawari sabun seharga 11 juta satu wadah apa anda akan membelinya? Hmm, sepertinya tidak. Uang sebanyak itu terlalu sayang jika hanya digunakan untuk membeli hal-hal yang tak terlalu darurat. (Dengan 100 ribu kita bisa beli banyak sabun di mall).

Sabun dari Minyak Zaitun ($ 817) [image source]
Sabun dari Minyak Zaitun ($ 817) [image source]
Kembali ke sabun seharga 11 juta tadi. Seorang perusahaan di Jepang membuat sabun ini dengan sangat “ribet”. Selama 6 bulan mereka meracik sabun dengan bahan utama minyak zaitun ini agar bisa memberikan manfaat ekstra. Hmm, mungkin harus berpikir berpuluh kali jika ingin membeli benda yang akan habis setelah kita pakai untuk mengusap badan ini.

7. Kopi Luwak Asli Indonesia ($ 660 per 500 gram)

Kopi luwak adalah kopi yang sangat terkenal di dunia. Selain rasanya yang sangat enak, kopi ini juga dikenal sangat mahal. Setengah kilo kopi yang dibuat dengan proses panjang ini dihargai 9 juta rupiah. Satu cangkir kopi mungkin bisa seharga 100 ribu bahkan lebih. Saking mahalnya, tidak semua orang Indonesia pernah mengkonsumsinya.

Kopi Luwak Asli Indonesia ($ 660 per 500 gram) [image source]
Kopi Luwak Asli Indonesia ($ 660 per 500 gram) [image source]
Kopi ini dibuat dari kopi yang telah terfermentasi di dalam perut luwak. Setelah itu kopi diolah setelah keluar bersama kotoran luwak. Beberapa organisasi pencinta satwa menentang kopi luwak karena beberapa pabrik menggunakan luwak secara sembarangan. Kopi yang dulunya diperoleh secara alami kini menggunakan luwak tangkapan untuk mesin penghasil biji super mahal!

Mahal atau pun murah hal penting dari sebuah benda adalah manfaatnya. Tak perlu kita beli kasur super mahal jika kasur biasa saja bisa membuat kita cepat tidur. Tak perlu beli kopi mahal jika kopi sachet di warung bisa membuat kita senang!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA