5 Benda Menakjubkan yang Dibangun dari Lego

oleh Rizal
15:00 PM on Aug 10, 2015

Lego, mainan edukatif satu ini memang tidak akan pernah membosankan untuk dimainkan. Segala jenis bentuk benda mulai dari yang gampang sampai kompleks bisa dibangun dari balok-balok Lego. Ini pula yang jadi alasan kenapa mainan yang sudah dibuat sejak 1949 ini masih populer hingga sekarang. Bahkan Lego punya kolektornya sendiri yang tidak akan pernah absen untuk memiliki set-set baru dari mainan asal Denmark tersebut.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, hanya bermodal Lego kamu bisa membangun apa pun. Termasuk deretan benda dengan bentuk yang paling kompleks. Dalam sejarahnya, ada beberapa benda menakjubkan yang berhasil dari balok-balok kotak lingkaran ini. Apa saja? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

1. X Wing

Tanpa kehadiran X Wing, maka aksi kejar-kejaran di film Star Wars tidak akan pernah seru. Pesawat yang sering dinaiki Jedi ini juga menjadi salah satu koleksi memorable yang harus dimiliki para penggemar film perang bintang. Nah, jika kamu adalah fans Star Wars dan juga Lego, kenapa tidak coba bikin X Wing versimu sendiri? Jika butuh inspirasi, maka yang satu ini bisa kamu gunakan.

Pesawat X Wing versi Lego skala 1:1 [Image Source]
Pesawat X Wing versi Lego skala 1:1 [Image Source]
Pada tahun 2013 lalu seorang Lego fans berhasil membuat replika X Wing dengan skala 1:1 alias sama seperti bentuk aslinya. Kira-kira berapa banyak Lego yang dibutuhkan? Tidak terlalu banyak kok, hanya 5.335.200 buah saja dan menghasilkan bobot seberat 46 ribu pound. Tidak hanya meniru bentuknya saja, pesawat X Wing ini juga mengadopsi mekanisme gerak mulai dari kokpit sampai turbinnya. Sekilas, X Wing Lego ini sama persis seperti yang ada di dalam film.

2. Lego House

Ketika seseorang sangat terobsesi dengan apa yang disenanginya, kadang mereka bisa berbuat hal di luar kewajaran. Nah, jika kamu fans berat Lego, obsesi apa yang akan kamu lakukan? Pastinya adalah membangun tempat tinggal yang tiap jengkalnya dibangun dari blok-blok Lego. Jika kamu berpikir manusia seperti ini tidak ada, coba tengok bangunan gila ini.

James May dan Lego House buatannya [Image Source]
James May dan Lego House buatannya [Image Source]
Yup, rumah bernama Lego House ini memang benar-benar dibikin dari kepingan Lego. Pemiliknya bernama James May, yang katanya sejak umur 4 tahun telah sangat menggemari Lego. Ketika dewasa obsesinya pun makin menjadi dan akhirnya ia mengumpulkan 3,3 juta keping Lego untuk membangun rumah impiannya.

Blok-blok Lego tak hanya digunakan untuk bagian eksterior saja, tapi juga dalamannya berupa furnitur cantik yang sangat artistik. Hampir setiap detail bangunan ini menggunakan Lego sebagai bahannya. Sehingga menimbulkan kesan yang sangat menarik dan langka.

Sukses mewujudkan mimpi, May pun mencoba menawarkan rumah ini kepada fans Lego yang lain atau siapa pun yang menginginkannya. Sayangnya, rumah ini tidak pernah terjual. Hingga akhirnya tahun 2009 lalu, ia pun memutuskan untuk merobohkan rumah Lego keren ini.

3. Menara Lego Paling Tinggi

Jika hanya bermodalkan Lego seseorang bisa membangun rumah, kenapa tidak dengan tower pencakar langit? Ribuan bocah Italia ini pun mencoba melakukan hal tersebut. Bermodalkan 600 ribu keping Lego, anak-anak ini mulai membangun tower tersebut pada acara Milan World Expo beberapa waktu yang lalu.

Lego tower paling tinggi yang pernah dibangun [Image Source]
Lego tower paling tinggi yang pernah dibangun [Image Source]
Dengan dibantu oleh para arsitek untuk memperhitungkan berapa banyak yang harus dipakai untuk base hingga puncak, akhirnya tower ini pun selesai. Coba tebak berapa tingginya? 114 kaki atau 34 meter! Lego Tower ini pun menjadi yang paling tinggi di dunia.

4. Lego Volvo

Bermimpi memiliki sebuah mobil mewah tapi belum punya cukup uang? Sepertinya tidak terlalu buruk kalau kamu bikin dulu replikanya. Yup, tentunya dengan menggunakan Lego, seperti aksi seru untuk mengerjai manajer Legoland California bernama Peter Ronchetti ini.

Lego Volvo [Image Source]
Lego Volvo [Image Source]
Suatu pagi Ronchetti begitu terkejut ketika menemukan Volvo XC60-nya yang terparkir di depan rumah berganti dengan mobil replika yang dibuat dari Lego. Sekilas sangat sulit lho membedakan mana mobil yang asli atau versi replikanya.

Volvo Lego ini dibikin dari sebanyak 201.000 Lego dan mencapai berat hingga satu ton. Sayangnya mobil ini hanya pajangan saja alias tidak bisa dioperasikan seperti kendaraan biasanya. Kamu yang ngidam motornya Valentino Rossi juga bisa lho bikin replikanya.

5. Mesin Pinball Lego

Kecuali rumah, deretan benda yang dibikin dari Lego di atas hanyalah replika alias tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Namun, jika kamu berpikir Lego tidak akan bisa dibuat menjadi sebuah alat yang benar-benar berfungsi layaknya versi asli, sepertinya kamu harus simak yang satu ini.

Mesin pinball Lego buatan Gerrit Bronsveld dan Martijn Boogarts
Mesin pinball Lego buatan Gerrit Bronsveld dan Martijn Boogarts

Dua orang nyentrik asal Belanda bernama Gerrit Bronsveld dan Martijn Boogarts ini berhasil membuat sebuah replika mesin pinball dari Lego. Uniknya, mesin ini juga bisa beroperasi sama seperti versi aslinya. Tidak hanya berbekal tampilan saja, tapi disematkan pula berbagai mekanisme khas pinball, mulai dari bumpers sampai digital display yang ikonik itu. Berapa banyak yang dibutuhkan keduanya untuk membangun mesin ini? 20 ribu keping Lego saja. Tidak terlalu banyak, kan?

Sambil menunggu set-set baru Lego, sepertinya tidak ada salahnya untuk mencoba mengasah otak kreatifmu dengan deretan Lego yang kamu punya. Pikirkan sebuah bentuk yang bagus dan mulai buat deh. Pastikan uangmu cukup untuk membeli beberapa ember Lego karena sepertinya kamu akan membutuhkannya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA