in

Awas, Benda-Benda Paling Familiar Ini Ternyata Lebih Kotor Dari Toilet Lho!

Ilustrasi Pria Menggunakan Smartphone

Sejak perkembangan sains yang makin maju tiap saat, maka sebanyak itu pula hal-hal yang dulu cuma mitos dan ‘masa sih’ akhirnya terbukti secara ilmiah. Salah satunya adalah fakta kalau benda-benda paling familiar yang ternyata menyimpan kuman lebih banyak dari dudukan toilet tempat kamu biasa mencari insipirasi.

Bagai musuh dalam selimut, benda-benda ini diam-diam juga jadi penyebab kesehatan seseorang menurun lantaran kuman dan bakteri yang berpesta di sana. Nah, biar kamu lebih aware, simak nih deretan benda-benda yang ternyata menyimpan potensi buruk untukmu.

1. Smartphone

Kebanyakan orang saat ini lebih memilih ketinggalan dompet daripada smartphone. Hal ini membuktikan kalau benda ini sangat penting. Games, hiburan, sosial media juga jadi banyak alasan kenapa gadget ini seperti tidak boleh terlepas dari pemiliknya. Tapi, di balik fungsinya yang banyak itu, smartphone ternyata menyimpan potensi berbahaya.

Pria Menggunakan Smartphone [Image Source]
Pria Menggunakan Smartphone [Image Source]
Bukan, bukan lantaran baterainya yang bisa meledak ketika overcharge atau ketika digunakan menelepon sambil di-charge, tapi potensi kumannya yang luar biasa banyak. Utamanya di bagian screen yang sering dipegang itu. Bayangkan berapa kali kamu menempelkan ribuan bahkan mungkin jutaan kuman di pipi tiap harinya? That’s why, sangat dianjurkan untuk melakukan cleaning menyeluruh terhadap smartphone dengan intens.

2. Handuk

Rajin mencuci handuk? Kalau masih belum mending kamu lakukan hal itu segera. Pasalnya, benda penting setelah mandi ini ibarat rumah bagi jutaan kuman. Lembab, serta kadang diletakkan di sembarang tempat membuatnya jadi tempat yang oke untuk para musuh kita beranak pinak.

Ilustrasi Handuk [Image Source]
Ilustrasi Handuk [Image Source]
Agar tidak disalahgunakan oleh kuman, sarannya adalah mencuci minimal seminggu sekali. Jika udah waktunya ganti, jangan ragu untuk membeli yang baru. Ini demi kesehatan lho!

3. Keran

Alat ini juga jadi musuh yang tidak terlihat. Di balik fungsinya mengucurkan air untuk membersihkan tangan, ia sendiri juga jadi spot favorit kuman dan bakteri untuk bikin hunian di sana. Faktanya, keran ternyata mengandung lebih banyak bakteria sebanyak 21 kali lipat dibandingkan dudukan toliet.

Ilustrasi Keran [Image Source]
Ilustrasi Keran [Image Source]
Peran keran tidak tergantikan, maka kamu yang harus menyiasatinya dengan cara lain. Misalnya aja menggunakan tisu atau lap ketika selesai mencuci tangan. Terlihat aneh sih, tapi daripada kamu sakit nih.

4. Uang

Kecuali kamu mencetak uang sendiri, maka kamu akan terbebas dari kuman. Bagaimana tidak, uang adalah benda mati yang bergerak dari satu pemilik ke pemilik lainnya. Jadi, mustahil kalau simbol kekayaan ini tidak mengandung kuman.

Ilustrasi Uang [Image Source]
Ilustrasi Uang [Image Source]
Menghindari kuman yang tertular dari uang gampang-gampang susah sih. Tapi, bisa disiasati dengan mencuci tangan. Mungkin kamu juga bisa menggunakan tisu ketika melakukan transaksi yang ada hubungannya dengan uang. Tapi, siap-siap dianggap orang aneh ya?

5. Saklar Lampu

Benda apa pun itu ketika digunakan orang banyak maka potensi kumannya juga besar. Termasuk salah satunya adalah yang mungkin kamu gunakan hanya 5 detik ini. Yup, saklar lampu! Ada sekitar 200an bakteria per centimeter yang tertempel anggun di tempat ini. Maka sudah sewajarnya kalau kamu lebih aware.

Ilustrasi Saklar Lampu [Image Source]
Ilustrasi Saklar Lampu [Image Source]
Cara mengatasinya juga agak tricky. Mulai dengan menggunakan tisu atau cuci tangan setelah menyalakan lampu. Tapi, kemungkinan besar kamu akan menyalakan lampu lagi ketika selesai mencuci tangan.

Pakai handsanitizer juga bisa jadi solusi ampuh nih untuk mengusir kuman. Kemasannya juga praktis sehingga kamu tidak perlu bawa sabun kemana-mana. Hidup yang sehat dimulai dari diri sendiri. Kalau bukan kamu yang peduli lalu siapa lagi?

Yuk, terapkan hidup bersih dengan memperhatikan hal-hal kecil seperti berinteraksi dengan deretan benda sarang kuman di atas!

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

10 Makanan Dengan Bau Menjijikkan yang Bikin Pingsan Sebelum Memakannya

head

10 Foto Yang Membuktikan Jika Simpanse Memiliki Kehidupan Layaknya Manusia