6 Benda Paling Gila yang Pernah Dibuat Versi KW-nya Oleh China

oleh Rizal
15:00 PM on Nov 10, 2015

Amati, tiru, dan modifikasi, prinsip ini sudah jadi konsep bisnis China sejak lama. Dan metode tersebut memang sudah terbukti ampuh membuat negara terbesar saingan Amerika tersebut menjadi raksasa dunia bidang perekonomian. Sekarang, apa sih yang tidak ditiru China? Hampir semua benda dibikin versi KW-nya oleh negara satu ini.

Namun mereka tak hanya meniru saja. Tapi juga melakukan memodifikasi, entah label atau juga material yang dipakai. Hingga akhirnya mereka bisa bikin copy identik dari benda bermerek yang dibanderol dengan harga super murah. Setidaknya selisihnya teramat jauh jika dibandingkan barang aslinya. Hal ini pun jadi alternatif pilihan bagi mereka yang berdompet tipis tapi ingin barang branded.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Nah, membicarakan benda-benda yang dibikin versi KW-nya oleh China, hal tersebut tak hanya mencakup barang-barang biasa saja. Tapi, juga yang luar biasa dan bikin geleng kepala. Apa saja benda hebat yang berhasil dibuat versi copy-nya oleh negara satu ini? Berikut ulasannya.

1. Rolls Royce Phantom

Rolls Royce jadi mobil kebanggaan para miliuner dunia lantaran modelnya yang klasik serta balutan kemewahan yang memang selalu lekat dengan merek ini. Pabrikan Inggris ini makin menunjukkan geliatnya dengan merilis varian Phantom yang mantap dari berbagai sisi. Harganya sendiri bisa mencapai Rp 9 miliar.

Selisih hampir Rp 8,5 miliar dari versi aslinya, Emgrand adalah solusi yang ingin tampil kece tapi minim dana [Image Source]
Selisih hampir Rp 8,5 miliar dari versi aslinya, Emgrand adalah solusi yang ingin tampil kece tapi minim dana [Image Source]
Tak punya uang sebanyak itu tapi ngebet ingin memiliki mobil para seleb ini? China menghadirkan copy dari Phantom yang mungkin bisa jadi pilihan. Berlabel Emgrand GE, mobil ini hanya dibanderol Rp 500 jutaan saja. Mobil ini benar-benar identik dengan versi aslinya. Perbedaannya mungkin hanya di bagian label saja. Tertarik?

2. Microchip Rudal

Mobil mewah bisa di-copy dengan sempurna, bagaimana dengan chip super canggih? Ya, mereka melakukan tugas jiplaknya dengan sangat baik. Bahkan produk microchip ini sudah pernah dibeli oleh negara besar seperti Amerika. Tahun 2010 lalu, Negeri Paman Sam memboyong sekitar 59 ribu microchip. Harganya? Tentu saja grosir.

Microchip China ini pernah dipesan Amerika lantaran murah. Tapi akhirnya tidak benar-benar digunakan [Image Source]
Microchip China ini pernah dipesan Amerika lantaran murah. Tapi akhirnya tidak benar-benar digunakan [Image Source]
Amerika sedianya bakal memasang microchip ini di deretan alutsistanya, misalnya sistem rudal, radar dan sebagainya. Sayangnya, pemerintah sana menganggap produk China tak bisa dipercaya. Akhirnya diputuskan untuk tidak menggunakan microchip ini. Ditakutkan jika nantinya ini bakal jadi bumerang. Ya, mereka khawatir jika produsen mungkin saja memasukkan semacam virus-virus.

3. Fosil Hewan Purba

Okelah untuk benda-benda buatan manusia mereka bisa bikin versi copy-nya. Tapi , selain itu mereka pasti angkat tangan. Secara logika sih memang begitu, namun pada kenyataannya ternyata tidak. Perlu diketahui, pada tahun 70an dulu China banyak mengekspor fosil binatang purba. Setelah diselidiki mereka dibuat secara handmade. Luar biasa bukan?

Tak cuma mobil dan microchip, orang China juga bisa bikin fosil [Image Source]
Tak cuma mobil dan microchip, orang China juga bisa bikin fosil [Image Source]
Ya, ternyata mereka menciptakan fosil-fosil dengan keahlian memanipulasi. Dalam proses pembuatannya, para pengrajin menggunakan semacam tulang ayam dan katak lalu diberi efek khusus sehingga terlihat sangat meyakinkan. Aktivitas ini pun akhirnya ketahuan dan membuat banyak orang meragukan keaslian benda-benda bersejarah yang ada di museum Negeri Tiongkok.

4. Jet Tempur F-35

Jika mereka saja sudah bisa membuat microchip dan fosil binatang purba, maka bukan hal yang mustahil pula jika para pengrajin di sana membuat sesuatu yang lebih menantang. Misalnya saja jet tempur F-35 Lightning kebanggaan Amerika itu. Ya, untuk yang satu itu memang mereka lakukan beberapa tahun lalu.

Bagaimana dengan pesawat tempur F35? Ya, mereka juga bisa bikin versi KW-nya [Image Source]
Bagaimana dengan pesawat tempur F35? Ya, mereka juga bisa bikin versi KW-nya [Image Source]
Sama seperti Emgrand yang identik dengan Rolls Royce Phantom, pesawat tempur berlabel J-31 ini benar-benar mirip dengan pesawat mematikan tersebut. Tak hanya tampilan, dikatakan pula jika teknologi yang dipakai juga sama persis. Keunggulan J-31 tentu saja lewat harganya yang murah meriah. Ibaratnya kita bisa membeli selusin J-31 untuk satu buah F-35.

5. Disney World

Sebuah taman hiburan bernama Beijing Shijingshan punya tagline unik di depan gerbang masuknya. “Disney terlalu jauh, datang saja ke Beijing Shijingshan,” tanpa dijelaskan mungkin kamu sudah membaca maksud dari tagline tersebut. Ya, apalagi kalau bukan karena Beijing Shijingshan bentuknya tak jauh-jauh dari Disney World.

Disneyland pun bisa mereka jiplak dengan sangat mirip [Image Source]
Disneyland pun bisa mereka jiplak dengan sangat mirip [Image Source]
Ya, Beijing Shijingshan ini apa pun memang Disney sekali. Tak hanya dilihat dari kastil-kastilnya, tapi juga karakter-karakter yang memang familiar sebagai milik Disney. Mulai Mickey Mouse, Donald Duck, sampai Snow White. Ketika ditanya mengenai perizinan,  salah satu pengurus Beijing Shijingshan mengatakan jika mereka tidak memiliki izin dari Disney. Ia mengatakan jika desainnya memang mirip Disney, namun mereka sama sekali berbeda. Berbeda dari mananya? Mungkin nama Mickey yang berubah Mandarin.

6. Landmark Terkenal Dunia

Ingin keliling dunia dengan budget mini? Tak perlu susah-susah karena di China tepatnya di Shanghai kamu bisa menemukan apa yang negara lain miliki. Ya, di kota ini kamu bisa menemui menara Eiffel, Arc de Triomphe, bahkan kanalnya Venesia. Setidaknya ada 10 landmark dunia yang ada di kota ini.

Tak perlu keliling dunia kalau semua landmark terkenal juga bisa didapatkan di China [Image Source]
Tak perlu keliling dunia kalau semua landmark terkenal juga bisa didapatkan di China [Image Source]
Semua landmark yang namanya sudah mendunia ini benar-benar dibangun oleh orang China sendiri. Uniknya lagi, mereka tidak dibangun untuk dijadikan pariwisata. Tapi, benar-benar ditinggali seperti di kota aslinya. Solusi yang cerdas bagi yang budgetnya minim tapi sok gaya seperti di Eropa.

Entah harus salut atau prihatin, tapi kenyataannya memang mereka hebat dalam hal meniru. Bukan untuk kita contoh sih, tapi harus kita akui mereka cepat sekali belajar. Alhasil, dulu China selalu diremehkan, namun kini mereka mendunia. Masih soal barang KW, kira-kira benda gila apalagi yang bakal mereka buat setelah ini? Pesawat ulang alik? UFO? Semuanya mungkin bagi mereka.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA