Selain Minuman Keras, 7 Benda ini Juga Bisa Bikin Orang Mabuk

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Oct 30, 2015

Salah satu dampak buruk mengkonsumsi minuman keras adalah kecanduan. Efeknya mirip sekali dengan pecandu narkoba atau pun seorang perokok. Tanpa adanya minuman keras, mereka jadi tidak semangat melakukan apa-apa, kadang nyaris kehilangan akal sehat hingga berbuat tidak baik. Akhirnya mereka menggunakan berbagai cara untuk memperoleh efek yang sama, yaitu mabuk.

Artikel ini bukan bermaksud mengajari sesuatu yang tidak benar. Tapi memberikan pengetahuan jika beberapa hal yang akan anda baca di bawah mampu membuat seseorang jadi mabuk. Bahkan berbahaya bagi kesehatannya. Inilah tujuh hal yang mampu membuat orang jadi mabuk kepayang!

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Obat Batuk atau Obat Flu

Beberapa obat batuk mengandung komponen yang membuat kita jadi mengantuk, atau merasa nyaman. Itulah mengapa setelah minum obat batuk kita jadi merasa lebih baik. Beberapa orang terutama remaja banyak yang mengkonsumsi obat ini secara sembrono. Artinya tidak sesuai takaran yang berlaku.

obat batuk dan obat flu [image source]
obat batuk dan obat flu [image source]
Banyak dari mereka yang tidak memiliki uang banyak untuk membeli minuman keras. Akhirnya ada alternatif lain yang dianggap murah. Menenggak obat batuk sebanyak-banyaknya hingga teler. Kejadian seperti ini harus diperhatikan dan diketahui oleh banyak orang. Siapa tahu di sekitar kita ada anak yang juga melakukannya. Kita bisa menasihatinya agar tidak mengulanginya lagi.

2. Cairan Pencuci Mulut (Mouthwash)

Cairan pencuci mulut atau mouthwash adalah benda kedua yang mampu membuat orang mabuk. Kandungan alkohol yang cukup banyak bisa membuat orang yang menelannya jadi mabuk. Cairan ini memiliki rasa yang tidak enak, bahkan cenderung panas dan membakar. Itulah mengapa penggunaannya hanya dikumur, tidak ditelan.

cairan pencuci mulut [image source]
cairan pencuci mulut [image source]
Hampir sebagian besar alkohol yang terkandung dalam mouthwash berupa metyl alkohol yang sangat berbahaya bagi tubuh. Cairan ini sangat beracun dan mampu merusak banyak organ di dalam tubuh manusia.

3. Cairan Cuci Tangan (Hand Sanitizer)

Meski fungsinya untuk membersihkan tangan, ternyata hand sanitizer juga mampu membuat seorang jadi mabuk. Hal ini terjadi di Amerika di mana beberapa anak dilaporkan masuk rumah sakit karena mendadak mabuk. Mereka mencuci tangan dan tak sengaja menjilat tangan yang tak bersih sempurna dengan air.

Cairan Cuci Tangan (Hand Sanitizer) [image source]
Cairan Cuci Tangan (Hand Sanitizer) [image source]
Dampaknya banyak anak yang jalannya jadi sempoyongan dan ambruk di jalan. Well, seharusnya hand sanitizier dibuat dengan kandungan lebih aman. Jangan sampai satu sekolah atau kantor jadi mabuk hanya gara-gara mencuci tangan.

4. Menghirup Aroma Lem

Kejadian ini banyak terjadi di Indonesia. Bahkan pelakunya sebagian besar adalah anak-anak. Mereka menghirup aroma yang keluar dari kaleng lem kayu. Setelah menghirupnya mereka jadi mabuk hingga tak jarang kehilangan kesadarannya.

Menghirup Aroma Lem [image source]
Menghirup Aroma Lem [image source]
Ternyata aroma lem yang berupa zat kimia itu mampu menurunkan fungsi saraf. Aroma yang dihirup perlahan-lahan mengalir di darah dan membuat tubuh jadi merasa senang, kadang pusing, dan kehilangan koordinasi tubuh. Kebiasaan ini tidaklah baik bagi kesehatan karena membuat tubuh jadi lemas setiap saat.

5. Menghirup Aroma Minyak Tanah

Menghirup aroma minyak tanah atau bahan bakar lainnya sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu. Cara ini dilakukan karena murah, dan efeknya dengan cepat dirasakan. Banyak kaum miskin di masa lalu yang terobsesi ingin mabuk hingga akhirnya menghirup aroma minyak tanah.

Menghirup Aroma Minyak Tanah [image source]
Menghirup Aroma Minyak Tanah [image source]
Aroma yang ditimbulkan minyak tanah sangat adiktif. Begitu aroma masuk dalam hidung, tubuh akan mendadak masuk ke fase rileks. Lambat laun tubuh juga akan merasakan gejala mabuk seperti pusing, sedikit sakit pada tubuh, halusinasi hingga meningkatnya gairah untuk berhubungan badan.

6. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang Difermentasi

Beberapa makanan dan minuman yang difermentasi ternyata banyak membuat orang jadi mabuk. Sebut saja tape. Makanan ini ternyata memiliki kandungan alkohol yang cukup banyak. Jenis tape seperti tape ketan jika fermentasi berlangsung sangat lama bisa menghasilkan cairan beralkohol.

Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang Difermentasi [image source]
Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang Difermentasi [image source]
Cairan inilah yang mampu membuat orang jadi mabuk. Meski efeknya tak begitu hebat jika dibandingkan dengan menghirup aroma lem dan minyak tanah. Jika makanan dan minuman ini diberikan pada hewan, reaksinya akan cepat dan hebat. Hewan jadi mabuk dan tidak bisa berjalan dengan baik.

7. Penghilang Kutek yang Terminum

Wanita atau anak-anak yang hobi memberi warna pada kuku harus ekstra hati-hati. Pasalnya cairan untuk menghilangkan kutek ini bisa membuat orang jadi mabuk. Jika sampai terminum, anak-anak akan mengalami pusing dan gejala mabuk yang parah.

Penghilang Kutek yang Terminum [image source]
Penghilang Kutek yang Terminum [image source]
Efek mabuk tak begitu dirasakan pada orang dewasa karena daya tahannya tubuhnya yang cukup kuat. Cairan ini tak hanya membuat mabuk saja, tapi juga berbahaya bagi kesehatan. Kandungan zat kimia yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat orang mengalami kegagalan fungsi organ tubuh.

Tujuh benda di atas sangat berbahaya bagi siapa saja. Mari kita sama-sama sayangi tubuh dan saling mengingatkan jika ada orang yang menggunakan tujuh benda pembuat mabuk di atas. Tubuh kita terlalu berharga untuk dirusak dengan hal-hal tak berguna seperti di atas.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA