Berukuran Super Besar, 7 Benda-benda Ini Masih Saja Bisa Dicuri

oleh Tetalogi
07:00 AM on May 21, 2016

Bicara soal pencurian, umumnya yang ada di pikiran adalah benda-benda kecil atau yang mudah dibawa kabur dengan cepat. Tapi nyatanya, bukan cuma benda seperti itu saja yang sering jadi sasaran pencuri, lho.

Nah, beberapa orang pencuri ternyata memilih barang yang jauh lebih besar. Padahal kan benda-benda seperti ini sulit dibawa kabur dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa benda terbesar yang pernah dicuri.

Baca Juga
Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!
Merasakan Sensasi Jaringan 4G Ngebut Ala Smartfren Lewat Serunya Acara #Amazingfren

1. Lonceng Seberat 1360 Kilogram

Pada tahun 2005, sebuah lonceng raksasa seberat 1360 kilogram dicuri dari kuil Budha di Tacoma, Washington. Pihak berwajib menduga bahwa para pencuri akan membutuhkan banyak peralatan berat untuk bisa memindahkan lonceng raksasa tersebut.

Lonceng di Tacoma yang dicuri [Image Source]
Lonceng di Tacoma yang dicuri [Image Source]
Dalam prosesnya, seharusnya pencurian tersebut akan sangat berisik dan menarik perhatian di kuil yang sepi. Tapi ternyata tidak ada seorangpun yang mendengar atau melihat apapun. Parahnya lagi, lonceng tersebut sangat bernilai tapi si pencuri hanya ingin menjualnya seharga 500 dolar.

2. 300 Buah Penutup Selokan

Pada tahun 1990 di Los Angeles, 2 orang pria mencuri 300 penutup selokan dengan berat masing-masing mencapai 136 kilogram! Mereka ketahuan menjual barang berat tersebut hanya dengan harga 6 dollar per buahnya.

Penutup selokan yang dicuri [Image Source]
Penutup selokan yang dicuri [Image Source]
Bayangkan saja, semua penutup selokan yang mereka curi mencapai berat total 40 ribu kilogram lebih! Keduanya juga pasti akan memerlukan peralatan berat, menghabiskan banyak waktu, dan yang jelas harus menyiapkan tempat khusus untuk menyimpannya!

3. Sebuah Jembatan

Pada tahun 2007, jembatan besi sepanjang 11 meter dan dengan berat 200 ton dicuri di daerah Rusia Timur. Hanya dalam semalam, pencuri tersebut membongkar keseluruhan jembatan dan pihak berwajib percaya mereka menjualnya ke besi rongsokan.

Jembatan yang hilang dicuri [Image Source]
Jembatan yang hilang dicuri [Image Source]
Menariknya lagi, 2 jembatan lainnya juga dicuri di tahun yang sama. Kemungkinan juga dilakukan oleh orang-orang yang sama untuk alasan yang sama.

4. Puncak Gunung

Di daerah India Timur, penduduk lokal dari desa Mahatma mencuri puncak gunung Humta Pahad. Gunung yang puncaknya sekarang berbentuk rata itu ternyata digali dan dijual oleh penduduk ke para developer properti.

Puncak Humta Pahad [Image Source]
Puncak Humta Pahad [Image Source]
Penduduk desa menghabiskan 11 jam per hari memotong batu. Bahkan sepertiga bagian gunung sudah menghilang. Dengan tak adanya lapangan pekerjaan di desa tersebut, sepertinya pencurian gunung tersebut juga tidak akan berhenti dalam waktu dekat ini.

5. Sebuah Gereja

Pada tahun 2008, beberapa pencuri berhasil menggasak gereja berusia 200 tahun di Rusia. Mereka melakukannya dengan mengambil batu-bata gereja tersebut satu demi satu. Hilangnya gereja tersebut tidak langsung diketahui orang karena tempat peribadatan tersebut memang tidak digunakan.

Gereja pun dicuri [Image Source]
Gereja pun dicuri [Image Source]
Ternyata, yang mencuri gereja tersebut juga penduduk lokal sendiri. Mereka menjualnya kepada para pebisnis lokal yang menggunakannya sebagai material bangunan.

6. Pesawat Tempur Mustang dari Perang Dunia II

Pada tahun 1992, seorang Mayor dari Pasukan Tempur Udara Israel mencuri sebuah pesawat tempur Perang Dunia II, Mustang. Ia mengatakan kepada museum yang menyimpannya bahwa pesawat itu perlu dicat ulang dan ia akan melakukannya sendiri.

Pesawat Mustang [Image Source]
Pesawat Mustang [Image Source]
Namun, sang mayor kemudian malah menerbangkannya ke Swedia. Di sana, ia menjual pesawat tersebut seharga 331 ribu dolar. Pesawat tersebut masih digunakan oleh perusahaan Swedia dan baru ditemukan setelah Interpol menyelidikinya.

7. Sebuah Tank

Pada 17 Mei 1995, Shawn Nelson mencuri sebuah tank di San Diego dan mengendarainya di tengah kota. Pria pengangguran ini mencuri tank M60 tersebut dari gudang tentara National Guard Amerika Serikat.

Tank yang dicuri [Image Source]
Tank yang dicuri [Image Source]
Selama 23 menit, ia mengendarai tank tersebut di jalanan dan menghancurkan mobil, jembatan, dan apapun yang ada di depannya. Kejadian tersebut berakhir tragis karena si pencuri akhirnya ditembak mati oleh polisi.

Tidak selamanya benda yang dicuri itu kecil dan gampang disembunyikan. Beberapa orang malah nekat mengambil barang-barang besar dengan harapan dapat uang yang lebih banyak. Anehnya, bagaimana bisa ya mereka mencuri benda sebesar itu dan tidak ketahuan aksinya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA