7 Benda Yang Menjadi Sangat Berbahaya Jika Kita Tidak Tahu “Expired-nya”

oleh Adi Nugroho
07:20 AM on Jun 5, 2015

Saat berbelanja ke toko biasanya kita akan memilih barang yang jauh tanggal kadaluarsanya. Hal ini dimaksudkan agar kita masih bisa menggunakannya jauh-jauh hari. Barang-barang itu biasanya berupa makanan seperti mi, minyak goreng atau makanan ringan. Hal semacam ini telah menjadi kebiasaan, dan dianggap biasa.

Namun beberapa barang tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa. Kalaupun ada kita tidak memedulikannya, karena kita beranggapan jika barang itu tidak kita makan. Maka kecil risiko untuk sampai keracunan. Namun tahukah Anda jika beberapa barang yang akan disebut di bawah sangat berbahaya jika kita tidak tahu tanggal kadaluwarsanya? Bahkan bisa menyebabkan kematian. Ingin tahu seperti apa barang yang kerap kita sepelekan itu? Mari kita simak bersama-sama.

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Sindrom Kleine-Levin, Kelainan yang Bikin Pengidapnya Jadi Tidur Berbulan-Bulan
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung

1. Kentang

Kentang tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Namun kita bisa tahu wujud kentang yang sebenarnya masih layak konsumsi dan tidak. Hal pertama yang harus kita lihat adalah warnanya. Kentang yang masih baik untuk dikonsumsi memiliki warna kuning. Sedangkan kentang yang dianggap kadaluarsa adalah yang memiliki beberapa warna hijau. Atau yang mulai tumbuh tunas.

Kentang [imagse source]
Kentang [imagse source]
Kenapa yang telah tumbuh tunas sangat berbahaya. Kandungan zat kimia yang bernama solanine dapat menyebabkan keracunan dan kematian. Kandungan racun ini terus meningkat jika kentang mulai tumbuh tunas. Untuk menjaga keamanan, usahakan kentang disimpan dalam tempat yang gelap dan maksimal 3 bulan saja. Lebih dari itu lebih baik dibuang untuk menghindari keracunan.

2. Body Lotion

Sebagian besar produk kecantikan memiliki bentuk lotion. Selain lebih praktis, lotion biasanya anti tumpah. Beberapa lotion dapat bertahan hingga dua tahun setelah wadahnya di buka. Lebih dari itu lotion akan sangat berbahaya bagi penggunanya.

Body Lotion [imagse source]
Body Lotion [imagse source]
Saat memakai lotion, tangan kita akan memegang ujung botol atau tube. Perlahan-lahan bakteri akan menumpuk di sana. Jika lotion terus dipakai hingga tanggal kadaluarsa, maka kemungkinan besar kulit akan mengalami gangguan. Bakteri yang bercampur dengan lotion kadaluarsa akan membuat iritasi, jika parah kulit bisa memerah hingga melepuh.

Sebuah kasus yang menggegerkan di Singapura tahun 2013, seorang wanita yang menjalani facial di sebuah salon, harus mengalami bruntusan hebat di seluruh wajahnya, karena ternyata salon tersebut menggunakan krim kadaluwarsa. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda.

3. Lipstik

Para wanita harus berhati-hati dengan lipstiknya. Benda yang membuatnya menjadi lebih cantik ini bisa jadi malah merusak bibirnya. Lipstik yang kadaluarsa mengandung zat yang berbahaya bagi kulit. Hal ini dikarenakan lipstik mengandung pewarna, dan aroma dari zat kimia.

Lipstik [image source]
Lipstik [image source]
Untuk menghindari ini semua, usahakan mengganti lipstik setiap setahun atau setengah tahun sekali. Jangan pedulikan jika lipstik masih banyak. Pilih juga lipstik yang tidak memberikan bekas warna pada bibir usai dibersihkan. Dengan begitu, anda dapat lebih cantik tanpa mempertaruhkan kulit di bibir anda.

4. Sepatu Lari

Sepatu adalah benda yang tidak kita konsumsi. Asal masih bisa dipakai dan tidak rusak atau bolong maka dapat terus dipakai. Kita bahkan cenderung senang jika sepatu yang kita pakai awet. Bahkan setelah bertahun-tahun tidak ada tanda-tanda kerusakan.

Sepatu Lari [imagse source]
Sepatu Lari [imagse source]
Setiap sepatu memiliki tingkat kekuatan yang berbeda. Rata-rata kita harus menggantinya jika telah digunakan berjalan atau berlari hingga 400 km. Setelah melewati itu, performa sepatu akan menurun. Jika terus digunakan akan membuat kaki kita sakit, bahkan jika parah akan membuat kita jatuh saat berlari.

5. Kursi Mobil

Kursi pada mobil pun memiliki tanggal kadaluarsa. Biasanya sekitar 10 tahun setelah mobil diproduksi. Kursi dirancang menggunakan bahan yang awet. Tahan dengan suhu yang berubah-ubah juga dalam mobil. Namun jika lebih dari 10 tahun ketahannya akan berkurang. Bahkan bisa menyebabkan kecelakaan bagi pengguna jika sewaktu-waktu bisa copot.

Kursi Mobil [image source]
Kursi Mobil [image source]
Saat pertama menggunakan mobil, hendaknya kita memberi tanda. Atau selalu mengecek bagian kursi setiap tahun. Jangan sampai hal sepele malah menjadi berbahaya dan tidak nyaman di mobil sendiri.

6. Semprotan Serangga

Semprotan serangga juga memiliki tanggal kadaluwarsa. Kita cenderung tidak memedulikannya. Asal masih banyak artinya bisa dipakai. Lagian hanya untuk membunuh serangga, tidak lebih.

Semprotan Serangga [image source]
Semprotan Serangga [image source]
Tapi justru itu yang berbahaya. Pada dasarnya semprotan serangga juga merupakan racun. Kita dapat menghirupnya. Jika benda itu kadaluwarsa, dan kita menghirupnya juga saat ingin membunuh nyamuk? Maka kemungkinan besar kita juga ikut terkena racun dua kali lipat dari seharusnya.

7. Baterai

Baterai yang biasanya kita pakai juga memiliki tanggal kadaluwarsa. Entah itu baterai untuk benda seperti senter atau baterai yang ada dalam ponsel. Baterai konvensional biasanya mengandung zat kimia seperti karbon. Lambat laut zat ini akan kadaluarsa dan berbahaya bagi kesehatan kita. Terutama jika baterai ini jadi basah.

Baterai [image source]
Baterai [image source]
Baterai yang basah biasanya akan berkarat. Lalu baterai pada ponsel biasanya akan menggembung jika tangga kadaluarsanya datang. Hal ini juga berbahaya dan dikhawatirkan akan meledak. Disarankan untuk mengganti secara berkala baterai untuk menghindari risiko kesehatan dan kematian.

Setiap benda pada dasarnya memiliki waktu terbaik dalam pemakaian. Tugas kita adalah memerhatikan hal semacam itu. Jangan sampai hal-hal kecil mala membuat nyawa kita terancam.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA