5 Bencana Ini Terjadi Andai Serangga Musnah dari Muka Bumi

oleh Tetalogi
07:00 AM on Nov 26, 2015

Kebanyakan orang biasanya akan merasa jijik atau geli ketika melihat serangga. Sehingga biasanya dengan cepat akan mengambil semprotan anti serangga dan melakukan cara apapun untuk memusnahkan serangga yang ada.

Meski bikin geli dan jijik, kita tetap harus berterima kasih dengan binatang-binatang merayap ini lho. Pasalnya jika mereka tidak ada dan tiba-tiba menghilang dari bumi, bumi justru akan dilanda bencana seperti berikut ini.

Baca Juga
5 Barang yang Terkesan “Remeh” Ini Ternyata Dijual Mahal di Papua, Gaji Besar Pun Terasa Hampa
Mustahil Indonesia Jadi Negara Maju Jika 5 Hal Penting Ini Tak Dibenahi

1. Hanya Dalam Hitungan Hari, Binatang Lain Ikut Mati

Mungkin dalam pikiran orang pada umumnya, tidak ada serangga berarti rumah bersih dan tidak ada gigitan binatang-binatang kecil ini. Tapi ada masalah yang lebih besar dari itu, binatang pemakan serangga seperti burung dan katak justru akan mati karena mereka tidak memiliki sumber makanan lagi.

Burung makan serangga [Image Source]
Burung makan serangga [Image Source]
Tidak berhenti sampai di situ saja, binatang pemakan burung dan katak seperti ular, anjing, serigala, dan sejenisnya juga akan mati kelaparan. Selanjutnya makhluk lain yang ada di rantai makanan paling atas seperti beruang, singa, bahkan manusia juga menghadapi kepunahan karena kekurangan sumber makanan hewani juga hilang.

2. Banyak Tanaman Akan Mati

Serangga memiliki peran penting bagi tanaman karena serangga seperti kupu-kupu, lebah, bahkan lalat membantu penyerbukan. Proses ini membantu perkembangbiakan dan pembuahan tanaman sehingga tumbuh makanan yang bisa dimakan binatang dan manusia.

Lebah membantu penyerbukan bunga [Image Source]
Lebah membantu penyerbukan bunga [Image Source]
Tanpa adanya serangga yang bisa membantu penyerbukan, bahan makanan juga akan berkurang drastis dan bahkan bisa habis. Tanpa adanya sumber makanan yang berasal dari tanaman, maka makhluk pemakan tanaman juga akan terancam mati kelaparan.

3. Bangkai yang Bergelimpangan di Mana-mana

Dengan tidak adanya serangga, proses pembusukan makhluk lainnya yang sudah mati akan makan waktu yang terlalu lama. Pohon biasanya akan dimakan dan dirombak oleh kumbang, rayap, dan serangga lain.

Bangkai binatang [Image Source]
Bangkai binatang [Image Source]
Tidak cuma itu saja, proses penguraian binatang yang mati juga dibantu oleh serangga-serangga ini. Bisa dibayangkan, tanpa mereka akan ada banyak mayat dan bangkai dimana-mana yang mencemari lingkungan karena mereka sulit diurai.

4. Banyak Penyakit yang Menyebar

Serangga yang menghilang dari muka bumi berarti proses pembusukan yang melambat. Dengan banyaknya bangkai yang tidak juga selesai diuraikan, potensi penyebaran penyakit dari sisa-sisa bangkai juga semakin besar.

Sungai yang tercemar [Image Source]
Sungai yang tercemar [Image Source]
Bangkai bergelimpangan dan tidak terurai bisa mencemari air yang juga penting sebagai sumber kehidupan. Akibatnya, penyakit seperti diare, disentri, atau penyakit lainnya akan mengancam kesehatan.

5. Kepunahan Makhluk Hidup di Muka Bumi

Dengan tidak adanya serangga, rantai makanan akan terputus. Mulai dari tanaman, hingga yang berada di puncak rantai makanan, mereka akan merasakan dampak serius karena tidak tersedianya bahan makanan.

Kepunahan makhluk hidup [Image Source]
Kepunahan makhluk hidup [Image Source]
Tanpa bahan makanan, maka makhluk hidup di muka bumi akan terancam mati kelaparan. Dengan demikian, kepunahan tidak akan bisa terhindarkan.

Meski dianggap menjijikkan, serangga ternyata juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan di muka bumi ini. Tanpa serangga, rantai makanan akan terputus dan ini berarti bencana bagi makhluk hidup lainnya. Karena itulah, ada baiknya jika kita tidak melakukan pemusnahan tanpa alasan terhadap makhluk ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA