Bencana Longsor Banjarnegara Diawali Dengan Jalan Ambles

oleh didi
09:00 AM on Dec 14, 2014

Bencana tanah longsor hebat yang terjadi pada Jumat malam (12/12) di Dusun Jemblungan, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah diawali dengan amblesnya beberapa jalan desa.

Menurut Muhamad Sukarjo, tokoh masyarakat Desa Gumelar, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, longsor kecil terjadi di jalan desa sejak pukul 17.00 WIB. “Malah pas kejadian longsor besar, hujan belum deras,” katanya Sabtu (13/12). Desa Gumelar berjarak sekitar empat kilometer dari Desa Sampang, lokasi longsor besar.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Bencana Longsor Banjarnegara Diawali Dengan Jalan Ambles
Bencana Longsor Banjarnegara Diawali Dengan Jalan Ambles

Sukarjo menduga, longsor besar itu terjadi karena goncangan badan jalan di sisi tebing yang ambles akibat dilintasi banyak kendaraan besar. Jalan di sisi tebing itu sempat ditutup pada pagi hari. Namun dibuka kembali karena dinilai sudah aman.

Muhammad Najib, salah satu petugas di posko Kecamatan Karangkobar mengatakan data korban yang masih hilang sulit ditentukan dengan pasti karena data jumlah penduduk yang belum jelas. Namun dipastikan lebih dari 100 orang yang masih tertimbun longsoran.

“Kalau jumlahnya pastinya dari beberapa sumber belum bisa memastikan, tetapi kurang lebih yang tertimbun sekitar 100, ada 35 rumah, terdiri dari sekitar 82 kepala keluarga. Lokasinya, karena itu ada di jurang, kendaraan sulit masuk kesana. Dari jalan, lokasi longsornya sekitar 50 meter di bawah jalan utama. Jadi memang jalan desanya juga tertimbun, sehingga kendaraan tidak bisa masuk kesana,” katanya.

Korban yang dinyatakan hilang sampai saat ini masih dalam upaya pencarian oleh para tim gabungan dari TNI, Polri, Badan Sar, PMI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan sejumlah organisasi masyarakat di bidang kebencanaan. Pencarian terkendala oleh cuaca dan medan berat, karena akses jalan terputus oleh longsoran tanah.

Banjarnegara adalah kabupaten yang memiliki kawasan pegunungan dengan resiko tanah longsor cukup tinggi. Pada hari Kamis (11/12) dan Jumat (12/12) kemarin, setidaknya terjadi tanah longsor di 25 lokasi meski dalam skala kecil.

Longsor di dusun Jemblung adalah yang terbesar. Korban dikhawatirkan jauh lebih besar dari perkiraan karena tidak hanya berasal dari warga setempat, tetapi juga pemakai jalan lintas antar kabupaten yang melewati kawasan itu. Setidaknya, dua korban meninggal ditemuan dari sebuah mobil yang saat itu sedang melintas disana.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA