5 Bencana Alam Mematikan yang Terekam Kamera

oleh Rizal
15:00 PM on Jul 28, 2015

Menakjubkan, indah, spektakuler, bikin decak kagum adalah serangkaian kata-kata yang sering diungkapkan seseorang ketika menatap keindahan Bumi ini. Namun tempat tinggal kita ini tak selalu menunjukkan keanggunannya. Ketika sedang marah, Bumi akan berubah jahat, bengis dan kadang meninggalkan luka yang dalam bagi kita.

Tidak hanya indah sempurna, Bumi adalah silent killer yang siap merenggut nyawa para penghuninya dengan cara yang kejam. Deretan video berikut akan mengingatkanmu untuk tidak hanya kagum tapi juga berhati-hati terhadap Bumi kita.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Gelombang Tsunami

Jepang merupakan negara yang berada di jalur sirkum pasifik yang paling sering kena tsunami. Bahkan nama ‘Tsunami’ sendiri berasal dari Jepang yang kalau diartikan secara harfiah maknanya adalah ‘gelombang besar di pelabuhan’. Soal dampaknya sendiri mungkin kamu masih ingat dengan kejadian yang mengguncang Negeri Sakura tahun 2011 lalu. Sebanyak 12 ribuan orang meninggal dunia dan 15 ribu lain lenyap tak berbekas.

Lantaran terjadi dengan intensitas yang lumayan sering, sehingga tidak heran kalau beberapa orang pernah mengabadikan bencana ini dalam sebuah kamera video. Salah satunya adalah video yang diunggah oleh akun World’s Most Five. Nampak pada cuplikan berdurasi 3 menit 33 detik tersebut air laut yang perlahan-lahan masuk ke jalan raya dan akhirnya membawa kerusakan yang besar.

Berikut adalah cuplikan video tersebut.

2. Fire Tornado

Seperti namanya, fire tornado adalah gabungan antara tornado dan api. Kejadian ini sebenarnya jarang terjadi, namun sangat mungkin tercipta jika kondisi dan syaratnya terpenuhi. Menurut sains sendiri peristiwa ini terjadi ketika sebuah kobaran api terjebak dalam pusaran angin. Api yang tidak bisa keluar kemudian ini kemudian terperangkap dan terjadinya fenomena alam yang keren namun mematikan ini.

Bentuk fire tornado sendiri cenderung memanjang dan juga berlangsung dalam waktu yang tidak lama. Tidak ada laporan korban yang meninggal atau terluka lantaran terkena hembusan fire tornado. Namun fenomena ini bisa jadi sangat destruktif ketika api besar terjebak dalam media angin yang besar pula. Beberapa orang sempat mengabadikan video tentang fire tornado. Salah satunya adalah yang ada di Australia seperti ditunjukkan dalam video berikut.

3. Erupsi Gunung Berapi

Menjadi berkah tersendiri bagi negara-negara yang terletak di atas lempeng-lempeng gunung berapi. Mulai dari tanahnya yang subur dengan vegetasi yang sangat beragam hingga kaya akan mineral dan tambang. Tapi risikonya juga sangat mematikan, apalagi kalau bukan bencana gunung berapi.

Menangkap momen gunung meletus sangat susah mengingat bahayanya yang tidak tanggung-tanggung. Namun kamu bisa menyaksikan ngerinya proses tersebut lewat video unggahan akun bacobjee. Kejadian diambil ketika salah satu gunung di Papua Nugini meletus. Rasakan sendiri bagaimana ngerinya lewat video berikut.

4. Serangan Meteor

Bencana tidak hanya bersumber dari Bumi sendiri melainkan juga dari luar angkasa. Jika kamu beranggapan serangan meteor adalah omong besar belaka, video di bawah ini akan menunjukkanmu kengerian yang cukup untuk membuat seseorang tidak bisa tidur nyenyak.

Meteor yang terjadi di Rusia berikut sangat mirip dengan apa yang kita lihat di film-film. Si benda luar angkasa tersebut berjalan perlahan saat memasuki atmosfir kemudian menciptakan kilatan cahaya yang menyilaukan mata.

Dilaporkan tidak pernah ada korban meninggal lantaran kejatuhan meteor, namun benda asing ini bertanggung jawab atas kerusakan skala besar yang terjadi di sekitar tempat jatuhnya. Berikut adalah video kompilasi meteor attack yang mungkin akan mengingatkanmu tentang bagaimana dinosaurus punah.

5. Gempa Bumi

Bencana terakhir yang cukup sering tertangkap kamera adalah gempa bumi atau earthquake. Paling mencengangkan tentu saja yang baru-baru ini menimpa Nepal pada bulan April dan Mei lalu. Gempa dahsyat dengan kekuatan 7,5 Skala Richter tersebut memakan korban tewas hingga 8.200an orang dan belasan ribu lain luka-luka.

Gempa bumi memang salah satu yang memakan banyak sekali korban sepanjang sejarah manusia. Early warning system hanya sebagai alarm agar tidak jatuh banyak korban dan tidak akan bisa menghentikan aktivitas rutin Bumi tersebut. Berikut adalah video yang diambil dari kamera CCTV di sudut kota Kathmandu yang akan menunjukkan banyak gambar mengejutkan untukmu.

Hampir tidak ada tempat yang benar-benar aman di Bumi. Sehingga sudah sewajarnya kita melakukan antisipasi dengan membekali diri dengan kewaspadaan dan juga tips dan trik ketika terjadi bencana.

Namun hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah tetap menjaga Bumi. Beberapa bencana dengan jatuhnya korban besar terjadi lantaran ulah manusia sendiri. Banjir, tanah longsor hingga global warming. Respect the Earth, kalimat ini bermakna sangat banyak bagi mereka yang memahaminya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA