5 Cara Unik Anak 90-an Belajar Bahasa Inggris

oleh Tetalogi
15:00 PM on Dec 5, 2015

Bahasa Inggris sekarang ini sudah seperti bahasa sehari-hari. Banyak orang di Indonesia sudah bisa cas cis cus pakai bahasa Inggris. Tapi dulu, pelajaran yang satu ini sempat ditakuti gara-gara sulit belajarnya. Kita harus rajin-rajin menghafal, bukan cuma arti saja, tapi juga cara tulis dan membacanya yang beda-beda.

Nah, anak 90-an dulu punya cara unik untuk belajar bahasa Inggris. Beberapa dari mereka jadi banyak tahu tentang bahasa Inggris karena teknik unik berikut ini.

Baca Juga
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia
Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

1. Main Game

Permainan Play Station sempat booming di tahun 90an. Nah, media ini dulu jadi sarana belajar bahasa Inggris. Yah, meskipun nggak secara langsung sih, tapi game-game PS maupun PC yang kebanyakan menggunakan bahasa Inggris mau tidak mau jadi membiasakan pemainnya dengan tulisan-tulisan bahasa tersebut.

Main Game [Image Source]
Main Game [Image Source]
Agar mengerti jalan cerita dalam permainan atau bisa mengontrol permainan, pemain otomatis harus mencoba satu-satu fungsi kontrol atau opsi yang ada. Dari situ kita memahami beberapa kata dengan sendirinya. Meskipun akhirnya tetap dimarahi karena kebanyakan main game sih. Mungkin seharusnya dulu kita bisa membela diri dan bilang kalau kita lagi belajar Bahasa Inggris.

2. Nonton Film

Kalau anak 90-an hobi nonton film Hollywood, mereka pasti setidaknya mengerti banyak istilah dalam bahasa Inggris. Asalkan mereka nggak nonton film yang sudah di dubbing sih. Nonton film bisa jadi sarana yang baik buat belajar bahasa Inggris.

Nonton film di bioskop [Image Source]
Nonton film di bioskop [Image Source]
Karena telinga mendengar kata-kata bahasa Inggris, dan mata melihat subtitle di bawah layar. Dengan cara ini, anak-anak 90an mengerti beberapa istilah atau kalimat untuk mengungkapkan sesuatu meskipun kalau ditanya artinya per kata atau grammar yang dipakai mereka tetap nggak ngerti.

3. Nyanyi

Tahun 90-an itu zamannya boyband keren semacam Boyzone, Backstreet Boys, Westlife, dan semacamnya. Tapi tidak cuma boyband, banyak juga musisi lain yang nggak kalah keren dan berhasil membuat lagu yang begitu laris di pasaran. Saking sukanya dengan musisi-musisi tersebut, kita jadi sering banget ngapalin lagu mereka.

Mendengarkan walkman [Image Source]
Mendengarkan walkman [Image Source]
Kebiasaan anak 90-an yang keren waktu itu adalah beli kaset musik. Di rumah, kita puas-puasin deh dengerin lagu sambil ikutan nyanyi dengan baca lirik yang sudah disediakan di brosur dalam kaset. Kadang-kadang kita juga penasaran apa artinya, akhirnya buka kamus deh. Nah, dari situ kita bisa ngerti banyak ekspresi dalam bahasa Inggris. Jadi jangan salah, anak 90-an rayuannya maut karena belajar dari musik-musik ini.

4. Pakai Poster Bahasa Inggris

Buat yang masih anak-anak, dulu yang populer adalah poster dengan bahasa Inggris. Ada abjad lengkap dengan ejaannya, nama binatang, atau nama buah-buahan.

Contoh poster belajar bahasa Inggris [Image Source]
Contoh poster belajar bahasa Inggris [Image Source]
Yah, meskipun kadang-kadang anak-anak lebih suka dengan gambarnya daripada konsentrasi buat membaca tulisannya. Tapi buat mereka yang telaten baca satu-satu, mereka pasti ngerti banyak nama-nama benda dalam bahasa Inggris waktu masih kecil.

5. Kamus Bergambar

Selain poster bahasa Inggris, dulu kamus bergambar juga sempat laris. Targetnya sih memang untuk anak-anak yang baru belajar. Dengan berbagai macam kata dalam bahasa Inggris yang sudah ditempatkan sesuai dengan kategori dan dilengkapi dengan gambar, anak-anak jadi lebih mudah belajar bahasa Inggris.

Contoh kamus bergambar [Image Source]
Contoh kamus bergambar [Image Source]
Jadi biasanya, anak kecil dulu akan lebih cepat mengerti nama-nama dalam bahasa Inggris. Tapi, mereka belum terlalu bisa berbicara atau bercakap-cakap dalam bahasa tersebut. Kalau dibandingkan dengan zaman sekarang, sepertinya anak-anak kecil sudah banyak yang mahir cas cis cus dalam bahasa Inggris.

Nah, itulah tadi beberapa cara unik anak 90-an belajar bahasa Inggris. Selain di sekolah, kadang beberapa aktivitas di rumah juga membantu kita lebih memahami bahasa Inggris seperti main game atau nonton film. Asalkan jangan terlalu sering sih, karena kan masih ada hal lain yang perlu dipelajari selain bahasa Inggris.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA