7 Seni Bela Diri Paling ‘Berbahaya’ yang Pernah Diciptakan Manusia

oleh Adi Nugroho
14:00 PM on Oct 24, 2015

Martial art atau bela diri adalah seni bertarung dan bertahan yang diciptakan oleh beberapa kelompok masyarakat. Awalnya, olahraga ini hanya diajarkan dari satu generasi ke generasi, namun lambat laun, hampir semua orang bisa mempelajarinya. Sebut saja pencak silat, judo, taekwondo, dan muay thai. Saat ini, olahraga ini menjadi tenar, bahkan dipertandingkan di beberapa event olahraga besar.

Seni bela diri yang diciptakan ini sebenarnya sangatlah berbahaya. Bahkan jika digunakan dengan sembarangan bisa membunuh manusia. Itulah mengapa setiap ajaran bela diri selalu mengajarkan untuk tidak membunuh meski dalam situasi kan sulit.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

Langsung saja, inilah tujuh seni bela diri yang berbahaya itu!

1. Pencak Silat – Indonesia

Pencak Silat adalah seni bela diri khas Indonesia yang mulai mendunia. Saat ini pencak silat telah dipertandingkan di SEA Games, dan beberapa event dunia lainnya. Secara garis besar olahraga ini membutuhkan yang namanya kegesitan. Hampir semua gerakan menekankan pada pukulan, tendangan dan strategi untuk membuat musuh tak berdaya.

Pencak Silat [image source]
Pencak Silat [image source]
Kehebatan pencak silat terlihat jelas dalam film The Raid yang membuat dunia kagum. Jika digunakan untuk sesuatu yang tak benar, olahraga ini sangatlah berbahaya. Apalagi jika menggunakan senjata. Itulah mengapa olahraga ini juga kerap diajarkan sebagai bagian pertahanan diri TNI dalam berperang.

2. Judo – Jepang

Judo adalah seni bela diri khusus pertarungan yang diciptakan oleh Jepang. Olahraga ini diciptakan untuk pertarungan jarak dekat dengan gerakan utamanya adalah membanting dan mengunci musuh hingga tak berdaya. Judo diajarkan banyak dojo di Jepang hingga ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Judo – Jepang [image source]
Judo – Jepang [image source]
Seni bela diri ini sangat diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Itulah mengapa kejuaraan Judo juga digelar di event olahraga besar dunia. Seni bela diri ini sangatlah berbahaya karena orang yang terkena serangan bisa mengalami patah tulang akibat dibanting ke lantai beberapa kali.

3. Taekwondo – Korea

Taekwondo termasuk seni bela diri yang masih terbilang muda di jagat seni bela diri dunia. Orang di Korea baru mengembangkannya sekitar tahun 50-an. Meski masih terbilang muda, tapi sejak tahun 2000 silam, olahraga yang menekankan pada keseimbangan tubuh ini masuk ke dalam olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade.

Taekwondo – Korea [image source]
Taekwondo – Korea [image source]
Orang yang melakukan seni ini harus mampu meloncat, menendang, dan juga selalu waspada terhadap serangan. Di Korea sendiri olahraga ini banyak diajarkan kepada anak-anak terutama wanita. Dengan bekal ini mereka akan mampu melawan jika ada tindak kejahatan di  jalanan.

4. Muay Thai – Thailand

Muay Thai adalah olahraga seni bela diri yang berkembang sangat pesat sekarang. Tak hanya di negara asalnya saja. Saat ini di seluruh dunia termasuk di Indonesia sudah banyak sasana yang mengajarkan seni bertarung berbahaya ini. Muay Thai bisa dibilang percampuran antara tinju dan juga silat.

Muay Thai – Thailand [image source]
Muay Thai – Thailand [image source]
Seni bela diri ini menuntut pemainnya untuk selalu fokus. Dengan fokus maka mereka akan mampu melakukan gerakan yang cekatan. Serangan yang kuat bisa dengan mudah meruntuhkan lawan. Mempelajari Muay Thai artinya telah membuat diri kita jadi mesin bertarung yang sangat hebat!

5. Lethwei – Myanmar

Lethwei adalah seni bela diri yang menjadi kesukaan warga di Myanmar. Biasanya akan ada pertandingan dengan penonton yang sangat banyak. Seni bela diri ini menekankan pada gerakan kaki, tangan, dan juga sundulan kepala yang bisa sangat mematikan.

Lethwei – Myanmar [image source]
Lethwei – Myanmar [image source]
Orang yang bermain seni bela diri ini akan dihormati karena dianggap orang yang penting. Itulah mengapa banyak orang di Myanmar yang ingin bertanding dan menjadi “hero” dari seni Lethwei. Pertandingan ini tak memiliki waktu tanding, asal lawan K.O maka olahraga bisa dihentikan.

6. Kalaripayattu – India

Kalaripayattu adalah jenis seni bela diri yang berasal dari Kerala, India. Seni ini termasuk seni yang sangat tua di dunia. Bahkan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu untuk digunakan saat perang melawan musuh. Saat ini Kalariyapattu digunakan untuk olahraga biasa dan juga pertunjukan.

Kalaripayattu – India [image source]
Kalaripayattu – India [image source]
Seni bela diri ini sangat berbahaya karena menggunakan senjata untuk bertarung. Biasanya misi utama dari pemain kalaripayattu adalah membuat lawan jadi cacat atau membunuhnya. Olahraga ini adalah seni bela diri paling berbahaya yang tak semua orang bisa mempelajarinya.

7. Kung Fu – China

The last but not least: kung fu! Seni bela diri yang telah ada sejak ribuan tahun ini dipercaya sebagai seni bela diri paling berbahaya. Gerakannya sangat banyak, gesit, dan juga lincah. Seni bela diri ini banyak diajarkan di Shaolin tempat para biksu berada.

Kung Fu – China [image source]
Kung Fu – China [image source]
Jika anda mengamati perfilman dunia. Kung Fu adalah seni bela diri yang paling laris dimainkan. Banyak sekali tokoh film dunia yang mempraktikkan seni bela diri hebat ini. Sebut saja Jacky Chen. Hollywood pun sudah mengakui betapa seni bela diri ini sangat super!

Tujuh seni bela diri di atas memanglah sangat berbahaya dan mematikan. Tapi tetap, esensi seni bela diri adalah untuk membentengi diri. Bukan untuk melakukan tindak kejahatan hingga jika parah bisa membunuh orang tak berdosa. Anyway, dari tujuh seni bela diri di atas mana yang ingin anda pelajari?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA