Beberapa Politikus Mempertanyakan Kredibilitas Jaksa Agung

oleh didi
09:06 AM on Nov 23, 2014

Jakarta — Politikus Rachmawati mempertanyakan kredibilitas Jaksa Agung Prasetyo yang dipilih Presiden Joko Widodo. Dia menilai penunjukkan Prasetyo tidak tepat.

“Seharusnya Jaksa Agung itu independen dan kredibilitasnya harus diketahui publik. Kalau ini kan tidak,” ujar Rachmawati di Universitas Bung Karno, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/11).

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Beberapa Politikus Mempertanyakan Kredibilitas Jaksa Agung
Beberapa Politikus Mempertanyakan Kredibilitas Jaksa Agung

Dia menyayangkan sikap Presiden Joko Widodo yang tidak menghiraukan rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan malah menentukan Jaksa Agung secara tiba-tiba.

“Setidaknya ada lima calon yang diusulkan KPK. Memang ini hak prerogatif Presiden tapi itu melanggar kredibilitas. Sudah seharusnya publik mengetahui,” terangnya.

Rachmawati juga tidak mengenal Prasetyo selama berada di Partai Nasdem. Dia mengaku mengenal Prasetyo sebagai mantan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum pada tahun 2006 lalu. Dia juga mengatakan bahwa Prasetyo harus mampu menjaga profesionalitas sebagai Jaksa Agung.

Hal serupa juga disampaikan oleh Politikus Trimedya Panjaitan. Dia juga mempertanyakan pengangkatan Jaksa Agung Prasetyo oleh Presiden Joko Widodo.

“Kita hormati pilihan Presiden Joko Widodo yang mengangkat Prasetyo sebagai Jaksa Agung. Namun, Prasetyo tidak punya prestasi cemerlang saat menjadi Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum 2005-2006,” kata Trimedya, Kamis (20/11).

Selain mempertanyakan prestasi Prasetyo, Trimedya juga memper masalahkan usia Prasetyo yang sudah menginjak 67 tahun. Menurut dia, jaksa agung harus memiliki mobilitas tinggi untuk membenahi korupsi. Dengan kondisi seperti itu, sulit diharapkan untuk membenahi korupsi. Dia mempertanyakan siapa yang menyarankan untuk menunjuk Prasetyo.

“Penunjukan Prasetyo, tentu yang paling mengerti adalah Jokowi. Kita tidak tahu siapa yang memberi saran ke Jokowi. Kita tidak tahu,” ucapnya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA