Harga BBM, Elpiji, Dan Semen Turun

oleh Adys Disty
08:37 AM on Jan 20, 2015

Pemerintah resmi menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, solar, dan pertamax, Senin (19/1). Hal yang sama juga terjadi untuk elpiji 12 kilogram (kg) dan semen yang diproduksi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Semen Indonesia.

Harga premium seperti diumumkan Presiden Joko Widodo, Jumat (16/1) ditetapkan menjadi Rp 6.600 per liter atau turun Rp 1.100 per liter dari yang sebelumnya Rp 7.600 per liter. Sementara solar turun Rp 850 per liter menjadi Rp 6.400 per liter dari sebelumnya Rp 7.250 per liter. Sementara itu, Pertamax yang bukan BBM bersubsidi juga turun harga menjadi Rp 8.000 per liter. Pertamax plus pun ikut turun menjadi Rp 9.050 per liter.

Baca Juga
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan
Ditilang karena Melanggar, Pejabat Ini Berdalih Seribu Alasan Serta Bawa Nama Kekuasaan

Harga BBM, Elpiji, Dan Semen Turun
Harga BBM, Elpiji, Dan Semen Turun

Selain BBM, harga elpiji 12 kg kini dipatok seharga Rp 129.000 per tabung dari sebelumnya harga elpiji sempat mengalami kenaikan sebesar Rp 1.500 menjadi Rp 134.700 per tabung. Sedangkan untuk harga semen yang diproduksi oleh BUMN (Semen Indonesia) juga turun Rp 3.000 per sak menjadi Rp 51.000 di tingkat distributor.

Pemerintah menurunkan harga tiga komoditas tersebut sekaligus untuk mengendalikan harga barang kebutuhan pokok yang melonjak setelah pengurangan subsidi BBM. Oleh karena pemerintah daerah diminta untuk ditindaklanjutinya.

Kebijakan pemerintah itu disambut gembira oleh masyarakat. Namun, bagi pengelola SPBU penurunan tersebut berarti mereka harus merugi untuk kedua kalinya. Pengawas SPBU Goze Bantul, Didik Kusnahadi mengatakan kerugian terbesar saat pemerintah menurunkan BBM pada 2 Januari 2015. Saat itu, stok BBM sangat banyak karena ada imbauan agar SPBU memenuhi kebutuhan BBM untuk tahun baru.

Seperti diketahui, penurunan harga ini disebabkan harga minyak dunia yang terus turun secara drastis. “Saya tidak menyangka harga minyak dunia turun drastis. Maka pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga BBM dua minggu sekali supaya tidak terlalu drastis penurunannya,” ujar Menteri ESDM Sudirman di Kementerian ESDM, pekan lalu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA