5 ‘Drama’ Bayi Tertukar di Dunia Nyata Yang Sangat Emosional

oleh Guntur Aria
15:07 PM on Apr 29, 2015

Insiden bayi tertukar adalah hal yang sangat rentan terjadi. Ketika beberapa bayi yang baru lahir ditempatkan di satu ruangan, pastinya akan sangat sulit untuk mengenali masing-masing karena wajah dan bentuk tubuh mereka  masih mirip satu sama lain.

Di antara banyaknya insiden bayi tertukar di dunia nyata, ada beberapa yang berakhir dengan kisah mengharukan nan sulit dipercaya.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Pangeran Yang Tertukar Dengan si Miskin

Di usia ke-60, seorang kakek-kakek asal Jepang baru diketahui sebagai anak tertua dari sebuah keluarga kaya raya. Sayangnya, kekayaan itu malah dirasakan oleh orang lain karena ketika bayi dulu ia tertukar tanpa sengaja di rumah sakit bersalin. Ironisnya, pria yang seharusnya hidup makmur itu malah dirawat oleh orang tua miskin dan sempat menjalani hidup berat dalam hidupnya.

Di usia 2 tahun, ia sudah harus ditinggal ayah yang mengadopsinya, sehingga sang ibu harus merawatnya seorang diri bersama 4 saudara lainnya. Mereka tinggal serba minim di rumah kecil nan sempit dan kotor. Setelah lulus SMP, pria itu sempat bekerja di sebuah pabrik hingga jadi supir truk sambil tetap mengenyang bangku pendidikan SMA.

Pangeran Yang Tertukar Dengan si Miskin (c) listverse
Pangeran Yang Tertukar Dengan si Miskin (c) listverse

Di sisi lain, pria yang menempati posisinya hidup mewah bergelimang kekayaan. Namun meski hidup serba mudah, seiring berjalannya waktu ia tersadar jika wajahnya sama sekali tak mirip dengan siapapun di keluarga kaya tersebut. Walhasil sebuah tes DNA dilakukan yang membuat semua cerita ini akhirnya jadi jelas.

2. Pengakuan Sebelum Nafas Terakhir

Di usia 80 tahunan, Jim Morgan dirawat di RS dalam keadaan kritis dan hampir meninggal. Jim selama hidupnya sendiri selalu dibuat ragu dan bingung dengan sosok salah satu putrinya yang bernama Shirley. Menurutnya, Shirley sama sekali tak punya kemiripan dengan putri-putrinya yang lain, baik sifat maupun wajahnya. Tepat sebelum meninggal, Jim sempat meminta anaknya, Kathie untuk mengajak Shirley tes DNA tuk membuktikan kebenaran. Hasilnya? Ia memang bukan anak dari Jim dan istrinya.

Pengakuan Sebelum Nafas Terakhir (c) listverse
Pengakuan Sebelum Nafas Terakhir (c) listverse

Setelah Jim meninggal, Kathie memutuskan tuk menyelidiki hal ini sendirian guna menemukan adiknya yang asli. Setelah beberapa bulan mencari, ahirnya Kathie dipertemukan dengan adik aslinya yang diberi nama Debra DeLay di Phoenix dan mengajaknya pulang ke rumah. Shirley sendiri juga merasa sangat lega karena bisa bertemu dengan keluarga aslinya. Drama tukar-menukar hidup mereka pun kini sudah berakhir, meski mereka masih saling berteman baik satu sama lain..

3. Perjuangan Mencari Anak Asli

Tahun 1951 di sebuah rumah sakit bersalin Wisconsin, Mary Miller sadar jika ia pulang dengan membawa bayi yang salah karena berat bayinya lebih ringan ketika ia gendong di perjalanan pulang. Setibanya di rumah, Mary memberi tahu suaminya, Reverend Norbert Miller mengenai bayi yang tertukar itu, namun sang suami tak peduli apakah bayi itu tertukar atau tidak. Meski ingin menguak misteri anaknya itu, namun Mary sendiri tak bisa berbuat banyak karena takut suaminya marah dan merusak rumah tangganya.

Mary lalu memutuskan untuk diam-diam menyelidiki masalah ini, sebelum akhirnya ia mengetahui jika putri aslinya diasuh oleh keluarga McDonalds yang sering ia jumpai di gereja tiap Minggu. Mary mencoba menjelaskan pada keluarga McDonalds jika putri mereka telah tertukar ketika di RS ketika masih bayi dulu, namun tak dipercaya dan malah dianggap gila.

Perjuangan Mencari Anak Asli (c) listverse
Perjuangan Mencari Anak Asli (c) listverse

Setelah terus memaksa untuk melakukan tes DNA, akhirnya keluarga McDonalds menyetujuinya dan hasilnya memang benar jika anak mereka tertukar. Meski keluarga McDonalds masih sulit menerima kenyataan, namun akhirnya mereka mau menukar kembali putri masing-masing ke tangan yang benar. Hmmm… Apa tidak awkward ya punya orang tua baru di usia yang sudah terlanjur dewasa?

4. Dilema Berat Badan

Dua orang bayi tak sengaja tertukar di sebuah klinik private San Juan, Argentina, tahun 2013 silam. Maria Lorena, salah satu ibu yang melahirkan awalnya dikabari jika berat bayi perempuannya adalah 3 kg. Anehnya, ketika akan dibawa pulang, berat putri Maria tiba-tiba berubah, yakni jadi 3.75 kg. Tentu saja hal itu membuat Maria kebingungan tak percaya, namun dokter bersikeras jika semuanya normal dan tak ada kesalahan di pihak mereka.

Dilema Berat Badan (c) listverse
Dilema Berat Badan (c) listverse

Setelah beberapa minggu berlalu, Maria tak bisa tenang di rumah memikirkan insiden berat badan bayi-nya tersebut. Ia pun kembali ke RS dan di sana bertemu seorang wanita bernama Veronica Tejada (yang putrinya tertukar dengan Maria). Awalnya mereka berbincang-bincang biasa, sebelum Maria akhirnya curhat mengenai kasus berat bayi anaknya, yang ternyata juga dirasakan oleh Veronica. Setelah dikonfirmasi lebih jauh, ternyata memang benar putri mereka telah tertukar. Untungnya, di akhir mereka mau mengembalikan putri masing-masing dengan baik-baik.

Kisah-kisah di atas sulit dipercaya memang karena terdengar seperti film-film atau sinetron di layar kaca. Namun bayangkan jika kalian mengalami hal serupa dan tahu jika kamu melahirkan ada di kondisi di atas, akankah kalian diam saja dan menerima kenyataan palsu jika kalian selama ini hidup dengan keluarga yang tak seharusnya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA