Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

oleh Rahma Muliani
03:00 AM on Jul 12, 2015

Bau mulut yang tak sedap sering sekali terjadi pada orang yang sedang berpuasa. Bau mulut tersebut ini bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari, terlebih lagi saat kita akan berinteraksi dengan orang lain. Bisa-bisa, lawan bicara kita akan terganggu kenyamanannya karena aroma yang tak sedap dari mulut kita.

Lalu bagaimana ya caranya agar mulut kita terbebas dari aroma menyengat dan tidak enak. Nah, kali ini Team Boombastis punya beberapa siasat agar mulut kita tidak mengeluarkan aroma yang tidak saat berpuasa di siang hari. Apa sajakah itu? Mari kita simak pemaparannya di bawah ini.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

1. Air Putih

Salah satu penyebab mulut kita bau adalah karena kurangnya mengkonsumsi air putih. Saat berbuka puasa, perut kita sudah terlalu kenyang dengan minuman manis dan segar. Saat sahurpun kita sering terburu-buru, jadi lupa minum air putih.

Perbanyak Minum Air Putih
Perbanyak Minum Air Putih [ImageSource]
Padahal, air putih sendiri dapat meningkatkan produksi saliva (air liur) dalam mulut kita. Jadi mulut kita tetap terjaga kebersihannya. Mulai dari sekarang, sempatkanlah untuk minum air putih saat sahur dan berbuka puasa. Hitungan yang baik, adalah sekitar 8 – 10 gelas perhari.

2. Hindari Makanan Beraroma Tajam

Hindari makanan yang aromanya terlau tajam, seperti durian, petai dan jengkol. Makanan yang mengandung bawang merah dan putih terlalu banyak juga bisa menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Aroma ini juga cukup bertahan lama loh.

Pete, Salah Satu Makanan Beraroma Tajam
Pete, Salah Satu Makanan Beraroma Tajam [ImageSource]
Agar tidak bau mulut, kita bisa mensiasatinya dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. Zat-zat yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat membersihkan gigi secara alami, plak-plak yang terdapat dalam gigi kita akan hilang dengan sendirinya.

3. Minum Teh Hijau

Selain sayur dan buah, minuman teh hijau juga dapat mencegah bau mulut tidak sedap saat berpuasa disiang hari. Pada teh hijau terkandung zat polyphenol, sangat berguna untuk membersihkan bakteri dalam mulut sampai ke saluran pernafasan.

Ganti Kopi Dengan Teh Hijau
Ganti Kopi Dengan Teh Hijau [ImageSource]
Tapi ingat, jangan mengkonsumsi teh ini dengan campuran gula. Karena gula merupakan salah satu sumber makanan bagi bakteri. Cobalah untuk merutinkan minum teh hijau ini setiap hari, selain terhindar dari bau mulut tak sedap, tubuh kita juga akan sehat.

4. Menggosok Gigi

Jangan lupa juga untuk selalu rajin menggosok gigi setiap kali habis makan. Menggosok gigi bertujuan untuk membersihan mulut dari partikel makanan yang membusuk. Makanan yang membusuk itulah yang bisa menyebabkan aroma tidak sedap pada mulut kita.

Menggosok Gigi Dengan Baik Dan Benar
Menggosok Gigi Dengan Baik Dan Benar [ImageSource]
Pilihlah sikat gigi yang mampu membersihkan sampai ke sela-sela gigi. Jika dirasa belum cukup, gunakan Dental Floss (benang gigi) untuk membersihkan bagian sela-sela gigi. Terakhir, setelah berkumur dengan air bening, tambahkan berkumur dengan Mouthwash (obat kumur), agar gigi bersih secara maksimal.

5. Hindari Merokok

Terakhir, hindarilah untuk merokok. Selain dapat merusak kesehatan tubuh, merokok sendiri dapat memicu pertumbuhan bakteri dan menimbulkan aroma yang tak sedap pada mulut. Dari bakteri tersebut, gigi kita dapat rusak atau berlubang.

Merokok Tidak Baik Untuk Kesehatan
Merokok Tidak Baik Untuk Kesehatan [ImageSource]
Cobalah untuk mengurangi mengkonsumsi rokok saat sahur atau berbuka puasa. Kalau perlu, tidak usah merokok sama sekali. Selain sehat bagi tubuh dan menghindari bau mulut tidak sedap, ini juga bisa menjadi cara melatih diri agar bisa berhenti merokok juga.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya agar mulut kita tidak mengeluarkan aroma yang tidak sedap saat berpuasa. Jadi, kita tidak perlu khawatir lagi jika akan berbicara dengan orang lain nantinya. Selamat mencoba readers… 🙂

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA