Miliki Batu Ini Sekilo Saja Kamu Akan Mampu Membeli Apa pun

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 23, 2016

Jadi kaya tanpa kerja memang omong kosong, tapi bukan sesuatu yang mustahil terjadi. Ya, kaya hanya dengan ongkang-ongkang kaki istilahnya, bisa terjadi dalam kondisi khusus. Salah satunya misalkan dengan menemukan benda-benda mahal. Entah emas, perak, atau sesuatu yang disebut Taaffeite. Untuk yang ketiga itu, kalau kamu benar-benar menemukannya maka dijamin bakal hidup bergelimang uang.

Taaffeite bisa dikatakan sebagai salah satu material paling bernilai dan langka di bumi. Soal harga, diketahui satu gram dari Taaffeite akan membuatmu mendapatkan uang yang jumlahnya tak karuan. Ini hanya satu gram lho, bayangkan kalau tak sengaja menemukan sekilo. Wuih, bisa-bisa kamu bakal jadi jutawan.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Taaffeite sendiri selalu masuk dalam daftar benda paling mahal di muka bumi. Bahkan nuklir pun kalah kalau urusan harga, padahal zat satu itu sangat mahal dan berharga. Lalu, seperti apa sih Taaffeite ini? Simak ulasan menariknya berikut.

Fisik Taaffeite yang Luar Biasa Indah

Sekilas, Taaffeite ini memiliki bentuk yang kurang lebih sama seperti batu-batu mulia lainnya. Namun, jika diamati lebih dekat, ia memiliki sejumlah ciri. Pertama adalah warnanya yang selalu ungu dan agak kemerahan. Tidak pernah ditemukan Taaffeite dengan warna yang lain.

Bentuk Taaffeite
Bentuk Taaffeite

Ciri khas selanjutnya adalah ia bisa membiaskan cahaya menuju dua arah di mana yang seperti ini tak didapatkan pada batu lain. Taaffeite sendiri juga lebih sering ditemukan dalam bentuk yang sudah jadi, entah persegi, segi enam dan sebagainya. Kesannya seperti sudah dibentuk sendiri oleh alam.

Harga Taaffeite yang Bikin Pingsan

Setelah mengetahui fisik Taaffeite, sekarang kita akan berbicara harga dari batu mulia satu ini. Jadi, menurutmu kira-kira berapa mahal benda ini? Kalau ada yang menjawab miliaran maka ia nyaris benar. Ya, batu ini memang kurang lebih seharga itu.

Harga Taaffeite super mahal [Image Source]
Harga Taaffeite super mahal [Image Source]
Taaffeite dihargai per gram dengan banderol segramnya adalah sekitar Rp 220an juta. Itu harga lama belum dikonversi ke nilai dolar sekarang. Seumpama sudah diubah ke value uang hari ini, mungkin nilainya lebih dari setengah miliar Rupiah. Itu satu gram lho, biasanya batu ini bisa memiliki berat lebih dari 5 gram. Jadi, silakan hitung sendiri.

Sejarah Batu Taaffeite

Segala hal yang berharga itu pasti ada sejarahnya, termasuk batuan mahal satu ini. Menurut cerita, Taaffeite ditemukan oleh pria berkebangsaan Austria bernama Richard Taaffe. Label Taaffeite sendiri diambil dari penggalan namanya. Pertama kali Richard menemukan ini adalah di tahun 1945.

Ditemukan oleh Richard Taaffe [Image Source]
Ditemukan oleh Richard Taaffe [Image Source]
Richard adalah orang yang pertama menemukan Taaffeite serta mengolahnya menjadi batu berharga. Berkat jasanya, kemudian batu ini dinilai sangat tinggi. Tidak diketahui di mana ia pertama kali menemukan Taaffeite, namun kuat dugaan kalau ia mendapatkannya di Asia atau Afrika.

Taaffeite Sangat Susah untuk Ditemukan

Tak seperti emas, perak, atau bahkan berlian, Taaffeite cukup susah untuk ditemukan. Bahkan bisa dibilang susah. Di dunia ini sangat jarang orang-orang menemukannya meskipun ada satu dua yang berhasil. Kebanyakan orang juga sering terkecoh karena fisik Taaffeite yang cukup mirip dengan beberapa jenis batu mulia lainnya.

Taaffeite sangat susah untuk ditemukan [Image Source]
Taaffeite sangat susah untuk ditemukan [Image Source]
Berbicara soal tempat, Taaffeite diketahui hanya ada di Sri Lanka. Meskipun begitu, tidak mudah juga untuk menemukan Taaffeite di sana. Belakangan diketahui pula kalau batu mulia ini juga ditemukan di Tanzania. Nah, jadi kalau kamu mungkin ingin kaya mendadak gara-gara batu ini, maka rekomendasi menambangnya adalah di dua negara itu.

Inilah Taaffeite, salah satu benda paling mahal di muka Bumi. Bagaimana tidak, harganya per gram bisa mencapai lebih dari dua ratus juta Rupiah. Maka bisa dibayangkan seumpama kita tanpa sengaja menemukan Taaffeite dengan berat sekilo. Benar-benar akan jadi miliuner. Sayangnya, batu ini tak terdapat di Indonesia melainkan hanya di Sri Lanka dan kabarnya juga Tanzania.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA