8 Barang yang Dibatik, Tapi Bukan Pakaian

oleh Tetalogi
14:03 PM on Oct 2, 2015

Seperti yang sudah kita ketahui, tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Penetapan hari Batik ini berdasarkan keputusan UNESCO yang merupakan badan PBB di bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan. UNESCO ini mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Jika umumnya kita mengenal produk dengan batik berupa kain, ternyata di Indonesia ada banyak tangan-tangan kreatif yang membuat batik dengan media lain yang cukup unik, lho. Berikut ini beberapa barang unik yang dibatik, tapi bukan pakaian.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Bolu Batik

Swiss roll atau bolu gulung adalah satu camilan yang digemari di Indonesia. Jika biasanya kita melihat bolu dengan satu warna polos saja, ternyata ada juga bolu gulung yang diciptakan dengan motif batik. Nama kue unik ini adalah bolu gulung batik.

Bolu gulung batik [Image Source]
Bolu gulung batik [Image Source]
Retno Dyah adalah sosok dibalik menyebarnya bolu batik. Ia berhasil membuat bolu gulung batik ini populer hingga beberapa waktu lalu karyanya ini menghebohkan banyak orang. Penampilannya yang unik membuat kue ini banyak diburu. Motif yang disediakan juga beragam, mulai dari batik parang, sidomukti, hingga batik kreasi yang warna-warni.

Membuat kue batik ini juga bukan perkara mudah bagi Retno Dyah. Ia harus mencoba hingga gagal sebanyak 14 kali. Barulah di percobaan ke 15 bolu gulung batiknya sukses.

2. Gitar Batik

Media lain yang bisa digunakan untuk membuat batik adalah gitar. Hal inilah yang dilakukan oleh Guruh Sabdo Nugroho yang memadukan batik dan gitar. Pria yang hobi bermain gitar ini mulai membuat gitar batik sejak tahun 2009. Siapa sangka, karyanya ternyata sangat diminati hingga mancanegara.

Gitar batik [Image Source]
Gitar Batik [Image Source]
Menurut Guruh, ia mendapatkan inspirasi tersebut karena tempat tinggalnya di Solo dikelilingi oleh para pengrajin batik. Karyanya juga dibuat dengan murni menggunakan tangan. Karena itu ia hanya mampu menyelesaikan 5 gitar setiap bulannya. Meski begitu, hasilnya karyanya ternyata sangat indah.

Selain Guruh, ada juga seniman lain yang membuat gitar dengan motif batik, yaitu Haryo Sasongko atau yang biasa disapa dengan Kongko. Pria ini bahkan mendirikan brand G&B Guitars yang merupakan singkatan dari Great Sound and Beautiful Batik.

3. Gelas Batik

Hiasan dengan motif batik kini juga bisa ditemukan di peralatan makan. Salah satu contohnya adalah gelas dan cangkir dengan motif batik. Sebuah produsen keramik dan kaca asal Semarang, Jawa Tengah menyajikan seni batik yang cantik dalam bentuk barang-barang perlengkapan makan seperti gelas, cangkir, piring, mangkuk, dan banyak lagi.

Gelas batik [Image Source]
Gelas Batik [Image Source]
Ada berbagai macam pola batik yang dihadirkan di sini, mulai dari batik parang, flora dan fauna, hingga motif wayang. Nah, motif ini didapatkan dari batik yang ditulis pada kertas kemudian ditempelkan pada keramik. Selanjutnya, keramik kembali dibakar agar menempel dengan baik. Hasilnya, peralatan keramik dan kaca yang cantik.

4. Mobil Batik

Piyu, gitaris grup band PADI memiliki koleksi batik dalam bentuk mobil seharga 1,5 miliar. Mobil Mercedez Benz ini dibuat dalam rangka merayakan ulang tahun keberadaannya di Indonesia yang sudah 50 tahun.

Mobil batik [Image Source]
Mobil Batik [Image Source]
Yang membuat mobil ini lebih unik lagi bukan hanya motifnya saja, tapi juga kerena Mercedes Benz hanya memproduksi satu mobil ini saja dengan motif batik. Mobil ini didapatkan Piyu dalam acara lelang yang diadakan. Setelah berhasil mendapatkannya, ia mengabadikan namanya dalam plat kendaraan P 1 YU.

5. Tembok Batik

Di desa Kepek Wonosari, terdapat pemandangan yang berbeda dari wilayah perkampungan penduduk pada umumnya. Pasalnya, terdapat goresan warna dan motif batik cantik yang memenuhi dinding desa tersebut.

Tembok Batik [Image Source]
Tembok Batik [Image Source]
Guntur Susilo, salah satu warga Kepek 1, Kepek, Wonosari adalah sosok yang menggerakan puluhan pemuda setempat untuk menghiasi dinding desa dengan motif batik. Tindakan ini dilakukannya karena merasa prihatin dengan banyaknya vandalisme. Jadi, daripada mencorat-coret dengan tulisan atau gambar yang tidak baik, menghiasi tembok dengan mural motif batik tentu akan menjadi lebih cantik.

6. Pesawat Batik

Batik Air merupakan maskapai penerbangan baru milik swasta di Indonesia. Didirakan tahun 2013, maskapai penerbangan ini adalah anak perusahaan dari Lion Air. Penerbangan pertamanya dilaksanakan pada Jumat, 3 Mei 2013 dari Jakarta ke Manado.

Batik Air [Image Source]
Batik Air [Image Source]
Tidak hanya namanya saja, pesawat milik maskapai ini juga memiliki motif batik yang menghiasi bagian belakang dan ekor pesawat. Meski tidak seluruh badan pesawat yang berhias batik, namun pesawat maskapai ini tetap mampu menunjukkan cantiknya batik Indonesia.

Nah, itulah tadi beberapa benda bukan pakaian yang memiliki motif batik. Ternyata, ada banyak cara ya untuk melestarikan keindahan motif batik di Indonesia. Mana menurutmu yang paling menarik?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA