10 Seri Boneka Barbie yang Ternyata Justru Kebanjiran Kritik

oleh Tetalogi
11:00 AM on Sep 18, 2015

Sebelum ada permainan yang bisa dimainkan di iPad, tablet, smartphone atau sejenisnya, anak-anak perempuan pada jaman dulu begitu senang bermain dengan boneka Barbie. Selama lebih dari 50 tahun, produk mainan yang diciptakan oleh Mattel ini berhasil mendominasi pasar mainan. Pengaruhnya bahkan sampai mendunia.

Baca Juga : 7 Rahasia Mencengangkan Para Tokoh Kontroversial Dunia

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Setiap seri boneka Barbie yang dirilis selalu memiliki keunikan tersendiri. Keunikan inilah yang diburu oleh para kolektor boneka barbie. Namun, setiap seri yang dikeluarkan ternyata tidak selalu diterima dengan baik. Ada juga yang justru kebanjiran kritikan seperti berikut ini.

1. Oreo Barbie

Pada tahun 1997, Mattel bekerja sama dengan Nabisco Oreo Cookies dan memperkenalkan Oreo Fun Barbie. Sebenarnya tujuannya sih untuk lebih bisa mencapai masyarakat yang memiliki keberagaman ras. Untuk itu Mattel kemudian mengeluarkan boneka putih dan hitam. Namun niat ini justru menjadi masalah bagi Mattel.

Barbie Oreo
Barbie Oreo

Versi boneka hitam ternyata menimbulkan kontroversi diantara para kritikus. Mereka mengatakan bahwa istilah “Oreo” adalah istilah yang menghina untuk gadis berkulit hitam. Menurut mereka istilah tersebut berarti hitam di luar, tapi putih di dalam, sama seperti biskuit Oreo. Tentu saja boneka ini tidak berhasil terjual seperti yang diharapkan sehingga ditarik dari toko. Namun para kolektor tetap mencari boneka ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA