5 Barang Selundupan Yang Paling Banyak Ditemui di Indonesia

oleh titi
10:55 AM on May 25, 2015

Maraknya beras plastik yang banyak disebutkan berasal dari China ini menyiratkan sedikit kecerobohan kita dalam menangani keluar masuknya barang di dalam negeri. Dengan adanya pasar bebas, semakin banyak barang bersirkulasi baik dari dalam maupun luar negeri. Bukannya resmi, banyaknya barang ini merupakan barang ilegal.

Beberapa sumber juga menyebutkan, sekitar ratusan kasus selundupan hanya untuk satu item barang. Bagaimana jika barang selundupan lebih dari 10? Berikut ini adalah barang-barang yang sering ditemui menjadi barang selundupan baik dari luar maupun dalam negeri.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Barang Elektronik

Sering lihat barang elektronik seperti handphone dan laptop dengan harga murah? Jangan tertipu, bisa jadi barang yang Anda beli adalah salah satu barang selundupan yang ilegal. Bukan hanya itu para penjual barang ini menjual kartu garansi dan buku manual palsu dan tentunya tidak terdaftar.

Barang Elektronik
Barang Elektronik [imagesource]
Kualitas barang ilegal jangan harap akan sama dengan versi originalnya. Banyak dari konsumen tertipu, dari bentuk yang hanya menyerupai aslinya, cacat barang dan bisa jadi kartu garansi Anda akan ditolak. Seringnya orang tergiur dengan harga yang lebih murah, pada akhirnya hanya bisa gigit jari karena barang tersebut hasil selundupan,

2. Sabu-sabu dan Narkoba

Salah satu barang selundupan paling populer adalah sabu-sabu dan narkoba. Selain haram, barang selundupan satu ini juga menuai kontroversi beberapa waktu. Seperti kasus Bali Nine dan Mary Jane menunjukkan betapa keroposnya pertahanan di dunia perdagangan.

Sabu-sabu dan Narkoba
Sabu-sabu dan Narkoba [imagesource]
Bukan hanya itu saja, jumlah pasokan barang haram di Indonesia ini semakin meningkat tahunnya. Miris bukan, jika banyak anak muda masa kini yang harus tersandung dengan barang haram satu ini? Dan yang lebih perlu diwaspadai, jaman sekarang yang tidak ada hubungan dengan narkoba pun bisa jadi korban. Semoga negara kita punya pertahanan yang lebih kuat untuk mengantisipasi hal ini.

3. Manusia

Bukan hanya barang, manusia juga bisa diselundupkan. Entah dari mana ide satu ini, para penyelundup ini benar-benar nekat dan tak takut mati. Banyak kasus penyelendupan manusia yang terjadi beberapa tahun terakhir.

Penyelundupan Manusia
Penyelundupan Manusia [imagesource]
Kronologinya, para penyelundup ini biasanya menawari sesuatu yang menggiurkan seperti ke Australia dengan kapal baja besar dan kesempatan bekerja yang cerah. Namun kenyataannya mereka yang tergiur akan dijadikan imigram gelap di negara lain. Bukan hanya warga Indonesia yang menjadi korban, tapi beberapa warga negara tetangga juga menjadi korban penyelundupan manusia. Mengerikan sekali.

4. Baju Bekas

Indonesia memang menjadi jalur penyelundupan paling mulus. Pasalnya bukan hanya penyelundup yang menyukai perdagangan dengan jalur ini, para konsumenpun juga lebih memilih barang murah meskipun KW daripada barang mahal. Salah satunya baju bekas yang laku keras.

Baju Bekas
Baju Bekas [imagesource]
Penyelundupan baju ini biasanya berasal dari China, Singapura dan Malaysia. Bahkan kapal pengangkut barang tekstil ini hampir setiap hari ada. Lalu bagaimana dengan harga dari industri pakaian Indonesia jika konsumennya masih menyukai produk selundupan?

5. Hewan Langka

Yang terakhir barang selundupan yang sering ditemukan di Indonesia adalah hewan langka. Bukan hanya hewannya saja bahkan daging, bulu, kulit dan lain sebagainya juga menjadi barang selundupan.

Hewan Langka
Hewan Langka [imagesource]
Seperti burung kakatua, gading gajah, kulit buaya dan harimau dijual di pasar gelap oleh penyelundup ini. Tak segan mereka menjual dengan harga yang murah agar banyak pembeli yang datang. Demi keuntungan semata mereka tidak sampai berfikir bagaimana nasib hewan-hewan ini. Tidak hanya miris, tapi juga memalukan nama negara kita.

Besarnya keuntungan yang ditawarkan inilah membuat penyeludupan marak terjadi. Meskipun telah banyak cara yang dilakukan pemerinta untuk mengurangi penyelundupan barang. Namun dampaknya tetap sama karena penegakan hukum yang masih lemah dan mudah diterobos oknum tertentu untuk keuntungannya sendiri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA