in

5 Barang Tak Biasa yang Jadi Ekspor Andalan Korea Utara

3. Ekspor Pekerja

Korea Utara sama sekali bukan negara yang berkelebihan dalam hal apa pun, kecuali pekerja. Alhasil, agar bisa berguna untuk negara dan mengurangi pengangguran, maka pemerintah Korut mengirim para penduduknya untuk bekerja. Ya, karena yang kita bahas adalah ekspor, maka tujuan bekerja para penduduknya adalah luar negeri.

Para pekerja ini tercatat memberi sumbangan paling besar bagi pemasukan negara [Image Source]
Para pekerja ini tercatat memberi sumbangan paling besar bagi pemasukan negara [Image Source]
Dari sini Korea Utara mendapatkan income yang sangat besar. Setiap tahunnya, negara mampu mendapatkan pundi-pundi hampir $ 2 miliar. Lalu, bagaimana dengan nasib para pekerjanya? Ya, sudah bisa kamu kira sendiri. Benar sekali, alih-alih mendapatkan kesejahteraan dan hak, para pekerja yang dikirim Korea Utara keluar negeri justru mengalami perbudakan. Mereka bekerja dalam durasi yang lama serta dibayar sangat rendah.

Ada sekitar 40 negara yang seringkali menerima para pekerja Korea Utara. Misalnya Timur Tengah, Afrika, China dan Rusia. Konon di Rusia sendiri ada sekitar 20 ribuan pekerja Korea Utara yang memeras keringat demi negara.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Pasukan Asing yang Pernah Berhadapan dengan TNI

7 Pasukan Tentara yang Mengirim Anak-Anak ke Medan Perang!