15 Hal Aneh Tapi Harganya Paling Mahal yang Pernah Dilelang di eBay

oleh Rizal
15:41 PM on Jul 13, 2015

Nggak hanya sebagai media berkomunikasi, internet juga digunakan untuk berbagai hal salah satunya jual beli dan pelelangan. Nah, ngomongin soal jual beli dan lelang, rasanya kurang lengkap tanpa menyebutkan salah satu situs online trade terbesar di dunia. Yup, eBay.

Situs jual beli online ini bertanggung jawab atas miliaran dollar transaksi tiap tahunnya. Baik lewat barang-barang kebutuhan hingga koleksi-koleksi langka yang berharga sangat mahal. Well, dalam sejarahnya, eBay juga sering bikin kontroversial nih. Misalnya aja dengan melelang barang-barang aneh dengan harga yang bisa bikin seseorang miskin 7 turunan.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Apa aja sih barang paling mahal dan aneh yang pernah dilelang di situs ini? Berikut daftarnya.

1. Honus Wagner – $1,265 Juta

Bagi fans berat olahraga baseball mungkin pernah mendengar nama Honus Wagner. Yup, pria ini salah satu pemain yang punya skill komplit banget, mulai dari kemampuan pukul sampai fielding-nya. Sehingga nggak heran kalau pada tahun 1909 sebuah perusahaan rokok memakai gambarnya untuk dipajang di kotak rokok produksi mereka.

Honus Wagner [Image Source]
Honus Wagner [Image Source]
Siapa yang menyangka kalau gambarnya tersebut menarik perhatian banyak orang, dan mulai banyak yang mengoleksi gambarnya. Ketenaran tersebut berlanjut sampai tahun 2000an. Bahkan di tahun yang sama ada seorang kolektor yang rela merogoh kocek $1,265 juta untuk memiliki sebuah kartu bergambar Wagner yang dibuat tahun 1909.

2. Koleksi Kotak Makan Siang Terbesar – $1,7 Juta

Sekarang ini cukup susah untuk menciptakan sebuah rekor. Apalagi yang levelnya udah dunia. Tapi, kamu bisa lho mendapatkan sebuah rekor langsung tanpa melakukan usaha apa pun. Cukup punya uang sebanyak $ 1,7 kamu resmi menjadi pemilik rekor kolektor kotak makan siang terbanyak di dunia.

Koleksi lunchbox terbanyak di dunia [Image Source]
Koleksi lunchbox terbanyak di dunia [Image Source]
Yup, Guiness pernah mencatat raihan ini beberapa waktu lampau. Ada sekitar 675 koleksi kotak makan siang spesial termasuk buatan tahun 1950 yang lengkap dengan tanda tangan para selebriti. Tertarik menjadi pemilik rekor?

3. Pangkalan Misil F Atlas – $2,1 Juta

Cold War emang masih menyisakan kengerian hingga saat ini. Ini adalah perang dimana dua negara adidaya saling unjuk kekuatan dengan Amerika Serikat yang akhirnya memenangkan persaingan. Ada banyak bukti sejarah tentang peristiwa ini salah satunya adalah Pangkalan Misil F Atlas yang ada di New York. Siapa yang nyangka kalau tempat ini dulu pernah dilelang di eBay.

Pangkalan Misil F Atlas [Image Source]
Pangkalan Misil F Atlas [Image Source]
Bentuk tempatnya sendiri cukup unik. Di bagian atas mirip rumah biasa, namun ada bagian bawah tanah untuk shelter dan kandang misilnya. Pangkalan ini laku dengan harga $2,1 juta pada tahun 2002.

4. The Farm – $2,4 Juta

Nggak ada yang lebih menyenangkan dari pada menghabiskan hari tua di tempat yang nyaman dan damai. Kalau kamu juga berpikir demikian maka spot satu ini bisa jadi tempat paling keren yang bisa kamu beli. Namanya The Farm. Tempat ini ada Ithaca, New York.

The Farm [Image Source]
The Farm [Image Source]
Seperti namanya, The Farm tentu aja punya luas yang nggak karuan. Tempat ini terdiri dari sebuah lahan dengan luas sekitar 6 hektar dan juga sebuah rumah dengan luas kurang lebih 3048 meter. Cukup luas untuk punya lapangan bola atau golf sendiri. Kalau berminat kamu harus punya tabungan sebesar $2,4 juta.

5. Albert, Texas – $2,5

Kalau The Farm masih belum terlalu besar untukmu, mungkin kamu bisa membeli kota kecil bernama Albert yang ada di Texas ini. Begitu kecilnya, kota ini hanya dihuni oleh 5 orang aja. Dulunya, Albert dijual seharga $216,000 aja dan berhasil diboyong oleh seorang pria bernama Bobby Cave.

Kota Albert, Texas [Image Source]
Kota Albert, Texas [Image Source]
Beberapa tahun kemudian, Cave melakukan berbagai perbaikan dan akhirnya menjualnya lagi di eBay. Uniknya, harga yang berhasil didapatkannya adalah $2,5 juta. Wih, untung banyak nih!

6. Makan Siang Sama Warren Buffet – $2,63 Juta

Pasti pernah dong mendengar nama Warren Buffet? Yup, pria tua ini adalah orang paling kaya sejagad. Seperti kebiasaan orang super kaya pada umumnya, Buffet juga sering bikin kontroversi. Salah satunya adalah menjual dirinya di eBay untuk makan siang eksklusif di Smith & Wollensky Steakhouse.

Warren Buffet [Image Source]
Warren Buffet [Image Source]
Terdengar aneh dan nggak banget sih, tapi siapa sangka penawaran untuk makan siang ini gencar banget. Hingga akhirnya lelang pun berhenti di angka $2,63 yang dimenangkan oleh seorang pria. Entah apa yang dipikirkan si pembeli ini, mungkin seorang fans fanatik atau orang yang pengen tahu tips jadi jutawan langsung dari sumbernya.

7. Surat Kepada Tuhan Albert Einstein – $3 Juta

Albert Einstein adalah salah seorang ilmuwan paling dibanggakan di dunia. Alasannya tentu aja karena si nyentrik ini telah mengubah dunia ke arah yang lebih modern berkat penemuan-penemuannya. Sehingga jadi hal yang masuk akal ketika benda apa pun yang berkorelasi dengannya jadi buruan banyak orang.

Surat 'religi' Einstein [Image Source]
Surat ‘religi’ Einstein [Image Source]
Salah satunya adalah sebuah surat yang isinya adalah tentang pendapat Einstein tentang konsep ketuhanan. Sangat jarang nih sang scientist bahas hal-hal religius. Sehingga nggak heran kalau akhirnya surat ini terjual hingga $3 juta pada tahun 2008.

8. Action Comics #1 – $3,2 Juta

Meskipun art-nya acak-acakan, bagi penggemar comic book, seri lama adalah masterpiece. Sehingga nggak heran kalau banyak kolektor yang memburunya meskipun dibanderol dengan harga nggak masuk akal. Salah satunya adalah buku Action Comics jilid pertama ini. Buku terbitan tahun 1938 ini terjual seharga $3,2 juta!

Action Comics [Image Source]
Action Comics [Image Source]
Isinya sih cuma tentang cerita pendek, namun debut Superman untuk pertama kali ada di dalamnya pula. Saat ini cuma ada sekitar 100 buah aja di dunia. Meskipun harganya selangit, ternyata opening price-nya hanya 99 sen aja.

9. Hidup Shane Butcher – $3,5 Juta

eBay pernah dibikin heboh sama pria satu ini. Gimana nggak, ketika kebanyakan orang menjual barang antik, ia malah melelang dirinya. Nggak cuma itu, ia juga menyertakan sebuah rumah, kantor, mobil dan sebuah toko game.

Shane Butcher [Image Source]
Shane Butcher [Image Source]
Sayangnya, masih belum ada yang berminat dengan tawaran yang diajukan Shane Butcher. Mungkin pria ini harus sedikit menurunkan harganya biar bisa laku lebih cepat.

10. Makam di Atas Marilyn Monroe – $4,6 Juta

Kalau menjual diri sendiri beserta tempat tinggal kurang aneh untukmu, ada juga nih yang jual kuburan. Tapi bukan yang biasa lho, tapi versi spesial karena dekat dengan milik Marilyn Monroe yang super terkenal itu.

Makam Marilyn Monroe [Image Source]
Makam Marilyn Monroe [Image Source]
Entah apa yang merasuki wanita bernama Elsie Poncher ini sehingga ia pun nggak ragu membelinya. Starting bid dimulai dari angka $ 500 ribu, kemudian makin naik hingga menyentuh $4,6 juta. Banyak orang yang menyayangkan kelakuan Poncher. Padahal dengan jumlah uang yang sama ia bisa membeli sebuah rumah mewah plus semua perabotannya sekalian.

11. Gulfstream II Private Jet – $4,9 Juta

Butuh tumpangan super nyaman untuk keliling dunia? Mungkin kendaraan satu ini bisa jadi alternatif paling istimewa. Yup, Gulfstream II Private Jet lengkap dengan fasilitas super duper mewah di dalamnya. Tentunya kamu membutuhkan uang yang banyak sekali untuk bisa mendaratkan si jet mewah di belakang rumahmu.

Gulfstream II Private Jet [Image Source]
Gulfstream II Private Jet [Image Source]
Jet ini berharga $4,9 juta dan sayangnya udah dibeli oleh orang iseng bernama Tyler Jet pada tahun 2001 lalu. Entah apa alasan pria asal Texas ini membeli pesawat tersebut. Tapi, besar kemungkinan karena ia juga memiliki nama Jet.

12. Foto Sam Si Astronot – $5 Juta

Satu lagi benda paling aneh yang pernah dilelang di eBay. Sebuah foto seorang monyet astronot bernama Sam. Buat kamu yang belum tahu, si primata kecil ini adalah monyet pertama yang terbang keluar angkasa. Uniknya, ia berhasil kembali dengan selamat tanpa mengalami keanehan apa pun.

Monyet astonot Sam [Image Source]
Monyet astonot Sam [Image Source]
Fotonya sendiri dilelang dengan harga $5 juta. Tentu aja nggak ada seorang pun yang membeli foto langka tersebut. Berminat untuk memilikinya, guys?

13. Lukisan Elvis dan James Dean – $7 Juta

Dua orang ini adalah selebritis yang paling dipuja dan jadi icon pada tahun 1950 dan 1960an. Kiprahnya di dunia entertainment menginspirasi banyak orang hingga saat ini. Seorang bernama Gerarld Sabatini pun memutuskan untuk membuat lukisan dua orang terkenal ini.

Lukisan James Dean dan Elvis Presley [Image Source]
Lukisan James Dean dan Elvis Presley [Image Source]
Nampak gambar yang sangat detail dari dua orang ini dengan Elvis yang dilukis berwarna dan Dean dalam coretan hitam putih. Lukisan ini pun pernah menghiasi eBay dengan kisaran harga mencapai $7 juta. Sayangnya, keduanya masih belum mendapatkan tuan baru hingga sampai saat ini.

14. Navy F/A-18A Hornet – $10.05 Juta

Kalau hidup seseorang aja pernah dilelang di eBay, mungkin nggak terlalu mengejutkan kalau sampai ada sebuah pesawat tempur yang juga dijual di sini. Yup, kamu pernah ada sebuah pesawat jet bertipe Navy F/A-18A Hornet dilelang di situs ini.

Navy F/A-18A Hornet [Image Source]
Navy F/A-18A Hornet [Image Source]
Kalau dilihat dari sejarahnya, pesawat ini salah satu yang terbaik di dunia lho. Kemampuan manuvernya udah nggak perlu diragukan lagi. Pesawat ini pun dijual dengan harga yang bikin kening berkerut. Yup, hanya $ 10.05 aja kok, termasuk misil dan deretan bonus lain. Orang iseng yang menjual mainan mengerikan ini bernama Mike Landa.

15. Gigayacht – $168 Juta

Dilihat dari namanya aja udah ketahuan benda ini adalah yacht dengan ukuran yang nggak normal. Bener banget, Gigayacht ini luasnya mencapai 123 meter. Cukup tangguh untuk membelah kerasnya ombak di tujus samudera. Namun bukan hanya ukuran aja yang ditawarkan Gigayacht. Yup, ada banyak fasilitas mewah yang tersemat di dalamnya.

Gigayacht [Image Source]
Gigayacht [Image Source]
Sebut aja deretan kamar mewah, sebuah ruang bioskop sampai helipad. Harganya sendiri cukup untuk bikin kamu hidup bahagia 8 turunan. Gigayacht pernah dilelang dengan harga $ 168 juta. Kabarnya perahu super mewah ini berhasil terjual kepada miliuner pemilik Chelsea, Roman Abramovic.

Hanya di eBay kamu bakal menemukan deretan benda di atas. Hal ini membuat situs jual beli terbesar tersebut makin jadi andalan banyak orang dalam melakukan transaksi. Pasalnya, apa pun bisa dijual di sini bahkan benda paling aneh sekali pun dengan banderol harga yang fantastis.

Kamu juga bisa nih memanfaatkan keunggulan ini untuk menjual apa pun yang menurutmu bakal laku keras. Asiknya lagi, harganya bakal sangat mahal serta dilihat hampir oleh seluruh netizen dunia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA