7 Barang yang Harus Dibawa Dalam Perjalanan Mudik

oleh Rahma Muliani
13:22 PM on Jul 23, 2015

Mingggu ini, para pemudik sudah mulai memadati arus mudik nih. Kamu sendiri punya rencana untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman tidak nih? Jika iya, rasanya mulai dari sekarang kamu sudah harus mempersiapkan segala sesuatunya agar perjalanan nanti berjalan lancar.

Begitu banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum kita akan berangkat mudik. Hal-hal itu menyangkut kendaraan yang akan kita pakai, kapan kita akan berangkat dan barang apa saja yang akan kita bawa nantinya. Lalu, apa saja yaa benda-benda yang wajib kita bawa dalam perjalanan mudik ini? Cek di bawah ini yuk.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Uang dan Kartu ATM

Uang merupakan benda yang paling wajib dibawa saat akan melakukan mudik. Seperti yang kita tahu, segala sesuatu tidak ada yang gratis saat ini. Uang ini juga berguna untuk jaga-jaga kalau bekal makanan habis, atau ban mobil tiba-tiba saja pecah.

Jangan Membawa Uang Terlalu Banyak
Jangan Membawa Uang Terlalu Banyak [ImageSource]
Tapi, jangan terlalu banyak membawa uang dalam dompet. Seperti yang sering kita dengar, begitu banyak pemudik yang kecopetan dalam perjalanannya. Akan lebih baik simpan uang mu di bank dan buatlah kartu ATM, yang bisa kamu pakai untuk menarik uang tunai dimana saja.

2. Dompet Beserta Isinya

Uang dan kartu ATM tadi bisa kamu simpan dalam sebuah dompet. Kalau perlu, pilihlah dompet yang ada kantung untuk menaruh handphone kita agar terkesan lebih ringkas. Selain itu, jangan lupa untuk menyelipkan kartu pengenal dan jaminan kesehatan.

ATM Dan Tanda Pengena Juga Wajib Dibawa
ATM Dan Tanda Pengena Juga Wajib Dibawa [ImageSource]
Kartu pengenal memang sangat wajib dibawa kemanapun kita pergi. Kartu itu bisa menjadi identitas diri kita kalaupun sampai terjadi kecelakaan saat dalam perjalanan. Tapi semoga saja tidak sampai kejadian yaa, serem juga kalau memang sampai terjadi.

3. Alat Komunikasi

Benda ketiga yang juga wajib dibawa dalam perjalanan mudik adalah alat komunikasi. Alat komunikasi itu sangat berguna untuk memberi kabar kepada keluarga kita, sudah sejauh mana perjalanan kita. Jadi keluarga yang sedang menunggu kedatangan kita tetap bisa memantau dari jauh.

Pasang Aplikasi Penunjang Kelancaran Mudik Di Smartphone
Pasang Aplikasi Penunjang Kelancaran Mudik Di Smartphone [ImageSource]
Alat komunikasi jaman sekarang juga sudah canggih nih. Pada handphone ada aplikasi GPS, yang dapat membantu menunjukkan jalan para pemudik dengan kendaraan pribadi. Jadi tidak usah takut akan kesasar lagi. Selain itu, lewat social media yang ada di handphone, kita bisa memantau arus mudik yang lancar dan bebas macet.

4. Obat-Obatan

Diantara kita, pasti ada yang sering mengalami mabuk perjalanan nih saat mudik. Rasanya itu seperti mual dan pusing. Maka dari itu, kita juga harus membawa obat-obatan P3K dalam tas kita. Kotak P3K juga sangat berguna jika terjadi kecelakaan kecil saat perjalanan mudik nanti.

Kotak P3K Jangan Sampai Tertinggal
Kotak P3K Jangan Sampai Tertinggal [ImageSource]
Khusus kamu yang mempunyai penyakit khusus, jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan sendiri. Karena akan sangat merepotkan untuk mencari apotik atau rumah sakit jika penyakit itu kambuh saat dalam perjalanan mudik. Apalagi, kalau penyakitmu termasuk penyakit yang sangat jarang.

5. Baju Hangat

Rata-rata kendaraan mudik saat ini, pasti ada AC nya. Mulai dari mobil pribadi, bus, kereta ataupun pesawat, semua pasti terdapat fasilitas AC di dalamnya. Nah, buat kamu yang tidak kuat akan hawa dingin, jangan lupa untuk membawa baju hangat.

Supaya Tidak Kedinginan
Supaya Tidak Kedinginan [ImageSource]
Jika kamu mudik dengan mobil pribadi, kamu juga bisa menambakan untuk membawa selimut dan bantal. Jadi, saat sudah lelah duduk, kamu bisa tiduran dengan nyaman, senyaman di kamarmu sendiri. Perjalanan mudikmu terasa sangat menyenangkan bukan.

6. Cemilan

Salah satu cara agar kita tidak mabuk perjalanan, usahakan agar perut tidak pernah kosong. Persiapkan perbekalan yang cukup, cemilan namun cukup mengenyangkan. Cemilan itu contohnya seperti biskuit gandum atau roti sobek. Jangan lupa juga untuk membawa air minum, agar terhindar dari dehidrasi.

Cemilan Penunda Lapar
Cemilan Penunda Lapar [ImageSource]
Cemilan seperti kripik-kripik juga boleh kamu bawa loh. Jika jenuh diperjalanan mudik, kamu bisa ngobrol-ngobrol santai dengan keluarga sambil ngemil. Permen dengan rasa manis dan sedikit asam juga bisa membantumu untuk menghilangkan mual, efek dari mabuk perjalanan.

7. Hiburan

Kita tidak tahu akan berapa lama dalam perjalanan mudik. Semua tergantung macet atau tidaknya jalur yang kita tempuh nantinya. Tapi kalau macet, pasti akan terasa jenuh dan sangat membosankan bukan. Maka dari itu, kamu juga harus membawa hiburan yang kamu suka.

Siapkan Hiburan Agar Tidak Jenuh
Siapkan Hiburan Agar Tidak Jenuh [ImageSource]
Gadget yang dapat memutar musik contohnya. Mendengarkan musik dengan earphone dalam menunggu macet merupakan aktifitas yang menyenangkan. Untuk kamu yang suka membaca, kamu bisa membawa beberapa buku favorit mu, atau kalau perlu kamu bisa membelinya terlebih dahulu sebelum akan berangkat mudik.

Itulah tadi beberapa barang yang wajib dibawa saat akan melakukan perjalanan mudik. Jika semua sudah lengkap dibawa, dijamin deh perjalanan mu akan terasa sangat menyenangkan. Bahkan bisa-bisa, saking menyenangkannya tidak terasa sudah sampai di kampung halaman tuh. 🙂

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA