4 Negara Maju Ini Ternyata Nggak Luput Dari Terjangan Banjir

oleh Sastranagari
12:15 PM on Jun 4, 2016

Saat musim hujan, Indonesia selalu jadi langganan banjir. Hampir tiap hari isi berita di TV tentang banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia. Jakarta adalah salah satu wilayah yang jadi langganan terjangan banjir.
Padatnya penduduk yang nggak didukung dengan rapinya infrastruktur bikin ibukota kita jadi langganan banjir.

Nyesek deh kalau udah gitu! Mau ke mana-mana jadi males kalau di Amerika sana pasti nggak bakal deh kayak gini. Eits, kata siapa? Mereka yang hidup di negara maju pun ternyata nggak luput dari terjangan banjir lho. Ini Boombastis kumpulin negara-negara maju yang pernah diterjang banjir.

Baca Juga
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun

1. Negara Bagian Missouri

Tau dong kalau Amerika adalah benua yang kebanyakan negara bagiannya sudah maju. Nggak mungkin kayaknya negara bagian di Benua Amerika ini kena bencana banjir.

Akses jalan putus karena banjir bandang [image source]
Akses jalan putus karena banjir bandang [image source]
Tapi nyatanya, banjir pernah melanda negara bagian Missouri pada tahun 2015 lalu. Banjir yang terjadi musim dingin ini telah menewaskan sekitar 20 orang dan mengancam hampir 20 tanggul di sana dan di Illinois. Bencana tersebut disebabkan oleh hujan tropis terbesar dalam sejarah. Hujan tropis kali ini lebih dahsyat daripada yang terjadi di tahun 1993. Ketinggian air di beberapa sungai meningkat, sehingga menyebabkan penutupan di banyak bagian jalan raya serta sekitar 350 sampai 450 penduduk dievakuasi.

2. Inggris

Perubahan cuaca ekstrim menjadi kambing hitam atas banjir bandang yang melanda Inggris dan Swedia tahun 2015 lalu. Hal tersebut menyebabkan curah hujan yang meningkat dan adanya angin topan Desmond.

Evakuasi penduduk [image source]
Evakuasi penduduk [image source]
Fenomena angin topan Desmond ini telah membawa hujan yang sangat deras. Akibatnya penahan banjir pun jebol, sehingga 60 ribu rumah di wilayah Cumbria, Lancashire, Inggris terendam. Sementara di Swedia, air sungai meluap di dekat Gotheborg yang merupakan kota kedua terbesar di sana. Lembaga cuaca Swedia mengatakan bahwa banjir saat itu nampaknya akan menjadi banjir terburuk yang terjadi satu kali setiap 50 tahun.

3. Negara Bagian Queensland, Australia

Sekitar tiga perempat negara bagian Queensland terendam air akibat banjir dahsyat yang terjadi tahun 2011 silam. Banjir ini disebut-sebut sebagai banjir terburuk selama 37 tahun terakhir.

Banjir bandang Queensland [image source]
Banjir bandang Queensland [image source]
Bencana tersebut menelan korban jiwa sebanyak 10 orang dan 78 orang dinyatakan hilang. Banjir yang melanda negara bagian Queensland ini telah memutuskan beberapa akses jalan, sehingga mempersulit proses evakuasi. Sekitar 30 daerah pinggiran dan 6.500 rumah terancam dalam bencana banjir tersebut.

4. Ibukota Negara Prancis

Paris yang merupakan pusat fashion dunia mengalami kerugian fatal akibat banjir bandang yang beberapa hari ini melanda. Di negara ini banjir sudah menelan 2 korban jiwa.

Kondisi banjir di Paris [image source]
Kondisi banjir di Paris [image source]
Ketinggian Sungai Seine berada di atas 5 meter dan mengakibatkan penutupan jalur kereta komuter yang biasa digunakan untuk mencapai Menara Eiffel, Notre-Dame, dan Istana Versailles. Karena bencana tersebut, Museum Louvre sampai ditutup untuk menghindari kerusakan karya seni di sana. Sedangkan di wilayah Nemours 75 kilometer dari Paris, sebanyak 3 ribu orang dievakuasi.

Yang namanya bencana alam tuh bisa datang kapan aja. Korbannya pun nggak pandang bulu, mau negara miskin, berkembang, dan bahkan negara maju. Kita doain aja deh, agar nggak ada korban jatuh lagi dan banjir yang melanda Paris tersebut cepat surut.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA